Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    LainnyaBore Up Motor, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

    Bore Up Motor, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

    JAKARTA – Istilah bore up motor di dunia otomotif tentu sudah tidak asing di kuping para pecinta modifikasi motor. Urusan modifikasi motor memang rasanya kurang lengkap kalau belum bore up agar kapasitas mesin semakin besar.

    Bore up sendiri merupakan salah satu bagian modifikasi yang banyak dilakukan pemilik kendaraan bermotor untuk menaikan kapasitas mesin. Namun tidak selamanya kapasitas mesin yang besar menjadi bagian utama.

    Padahal dalam memodifikasi mesin, ada pula komponen lain yang harus diperhatikan agar kinerja mesin yang saling berkesinambungan ini tetap bekerja maksimal. 

    Namun tidak ada salahnya untuk lebih mengenal bore up agar memiliki pengetahuan lebih dalam sebelum melakukan modifikasi motor. Selain itu, dalam melakukan bore up, terdapat kelebihan dan kekurangan tersendiri yang akan didapatkan.

    Maka dari itu sebelum melakukan modifikasi pada mesin dengan melakukan bore up, harus memperhatikan kelebihan dan kekurangannya sesuai kebutuhan Anda.

    Apa itu bore up?

    Bore up adalah modifikasi yang dilakukan pada mesin motor dengan meningkatkan diameter piston sebelumnya atau bawaan dari pabrikan. Peningkatan dari diameter piston ini nantinya akan mengakibatkan cukup banyak perubahan signifikan. 

    Sebagai contoh, bila sebuah piston bawaan memiliki diameter 71 mm. Pemilik kendaraan merasa kurang bertenaga dengan kondisi mesin motor yang dimilikinya. Maka dari itu ia pun melakukan bore up dan mengubahnya menjadi 75 mm.

    Melakukan perubahan tersebut, tentu akan mempengaruhi dari kapasitas mesin yang dimiliki oleh motor. Misalkan saja tadi saat belum diubah diameter dari pistonnya memiliki kapasitas 150 cc, sesudah diganti kapasitasnya menjadi 200 cc. 

    Proses bore up motor

    Sebelum melakukan bore up motor, ada beberapa bagian yang harus diperhatikan oleh pemilik kendaraan. Karena sesudah melakukan bore up akan ada beberapa perubahan pada performa mesin, kapasitas, hingga konsumsi bahan bakar pada mesin Anda.

    Karena setelah dilakukan modifikasi dengan melakukan bore up tentu tidak bisa dikembalikan lagi seperti semula seperti dari pabrikan. Akan memakan cukup banyak biaya dan bagian pada mesin motor untuk membuatnya kembali seperti semula.

    Selain itu saat melakukan bore up harus memilih bengkel atau orang yang memang sudah ahli dalam melakukan pekerjaan ini. Karena tidak hanya memperbesar diameter piston, namun ada beberapa bagian terkait yang harus turut diubah.

    1. Rasio kompresi motor

    Rasio kompresi motor saat sudah dilakukan bore up tentu akan terjadi perubahan. Rasio kompresi adalah perbandingan dari volume total yang dibagi dengan volume ruang bakar. 

    Volume total sendiri adalah volume ruang bakar ditambah volume silinder. Contohnya saja rasio kompresi kendaraan awal adalah 10:1. Kemudian setelah di bore up mesin berubah menjadi 150cc. Artinya rasio berubah menjadi 16:1 yang sangat tinggi. 

    1. Pelumas mesin

    Penggantian pelumas mesin pada mesin yang sudah dibore up tentu sangat berpengaruh. Karena bila menggunakan pelumas yang biasa saja, mesin akan mudah cepat panas dan waktu penggantiannya lebih cepat dari biasanya.

    1. Bahan bakar

    Setelah dilakukan bore up, konsumsi bahan bakar dan kendaraan Anda tentu memiliki banyak perubahan. Sebelumnya konsumsi bahan bakarnya menjadi irit, namun usai melakukan bore up menjadi boros. 

    1. Filter udara

    Filter udara yang digunakan pada mesin yang sudah di bore up perlu dilakukan penggantian. Karena setelah kapasitas mesinnya menjadi lebih besar, tentu pasokan udara yang dibutuhkan menjadi besar untuk ruang pembakaran.

    Kelebihan bore up motor

    Kelebihan dan Kekurangan bore up motor

    Nah setelah menentukan untuk melakukan bore up pada mesin motor Anda, tentu akan memiliki beberapa kelebihan yang dapat Anda rasakan. Kelebihan dari mesin motor yang di bore up adalah:

    • Kecepatan motor meningkat

    Melakukan bore up pada mesin motor Anda, tentu akan meningkatkan kecepatan yang dapat dihasilkan oleh mesin. Kecepatan dari kendaraan ini didapatkan dengan meningkatkan kapasitas dari mesin.

    Biasanya banyak orang melakukan bore up karena tujuan ini yang ingin dicapai. 

    • Tenaga lebih responsif

    Tenaga dari mesin motor Anda biasanya akan menjadi responsif setelah dilakukan bore up. Akselerasi yang meningkat ini tentu membuat mesin motor lebih sensitif saat tuas gas ditarik.

    • Suaranya lebih kencang dan padat

    Mesin motor yang ditingkatkan kapasitasnya, tentu akan memiliki perubahan pada suara yang dihasilkan oleh mesin. Suara dari mesinnya biasanya lebih kencang dan padat.  Hal ini bisa diketahui dari suara knalpot pada motor Anda.

    Kekurangan bore up motor

    Bila ada kelebihan tentu akan ada kekurangan yang membersamainya. Maka dari itu saat mengeringkan mesin motor Anda, untuk dilakukan bore up harus mempertimbangkan kekurangannya.

    • Boros bahan bakar

    Konsumsi dari bahan bakar yang dibutuhkan oleh mesin motor yang sudah dilakukan bore up tentu akan meningkat. Hal ini dikarenakan kapasitas mesinnya yang sudah meningkat. 

    Selain itu kompresi kendaraan yang meningkat pun turut mempengaruhi kebutuhan bahan bakarnya. Jadi jangan sampai heran kalau lebih sering mengisi bahan bakar daripada biasanya. 

    • Piston cepat jebol

    Salah satu kekurangan yang sangat signifikan usai melakukan bore up adalah piston kendaraan yang lebih cepat jebol. Hal ini dikarenakan sudah dilakukannya perubahan pada diameter yang memang tidak sesuai kualitas pabrikan.

    Maka dari itu biasanya, kendaraan bermotor yang sudah dilakukan bore up hanya digunakan untuk kontes balap dan cukup jarang digunakan untuk penggunaan harian bila bore upnya cukup besar.

    Bila saat menggunakan motor yang sudah di bore up ini jebol di tengah jalan tentu harus mengeluarkan biaya lebih dalam memperbaikinya.

    • Mesin lebih cepat panas

    Salah satu kekurangan dari mesin yang sudah di bore up adalah kondisinya yang lebih cepat panas dari biasanya (sebelum di bore up). Hal ini dikarenakan meningkatnya tenaga dan kecepatannya yang tinggi.

    • Top speed yang menurun

    Top speed atau kecepatan tertinggi pada motor Anda, bisa menjadi turun apabila saat melakukan bore up hanya meningkatkan diameter dari piston saja. Padahal dalam melakukan bore up ada bagian lain dari mesin yang harus diperhatikan dan turut diubah untuk menunjang perubahan tersebut.

    Salah satu yang harus turut diubah adalah besarnya filter udara yang nantinya akan memasok udara dalam ruang pembakaran. Apabila ini tidak turut diubah tentu top speed dari kendaraan Anda malah akan turun.

    Nah, setelah mengetahui apa itu bore up motor, saat ini tentu Anda sedikit banyak sudah paham mengenai istilah tersebut dan beberapa kelebihan dan kekurangannya. Pastikan untuk melakukan bore up yang ditangani oleh teknisi terpercaya agar hasil yang didapatkan maksimal.

    Kalau untuk urusan beli mobil pastikan untuk membeli di dealer dan showroom terpercaya yang dapat memberikan penawaran terbaik serta garansi pada unit yang Anda beli seperti OLX Autos.

    Pilih mobil bekas berkualitas terbaik, dan harga yang paling reasonable di OLX Autos. Ada ribuan unit mobil bekas berkualitas yang bisa dipilih. Kami menjamin semua unit mobil berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Dengan harga dan biaya perawatan yang rendah, kebutuhanmu bisa terpenuhi!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait