Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikBegini Cara Pasang Box Motor Sebagai Aksesoris yang Aman

    Begini Cara Pasang Box Motor Sebagai Aksesoris yang Aman

    Box motor bikin ruang penyimpanan makin lega! Tapi sebelum memasangnya, perhatikan dengan seksama aturan serta pilihan box motor tersebut

    News.OLX – Box motor merupakan aksesoris motor yang berbentuk yang biasanya terpasang di bagian samping atau belakang motor. Banyak pengguna sepeda motor yang menggunakan box karena dapat membantu untuk membawa lebih banyak barang ketika bepergian.

    Untuk pemasangannya, biasanya Box motor dipasang dengan bracket sehingga akan tetap kokoh dan stabil ketika motor digunakan.

    Box motor bisa kamu dapatkan dengan mudah, baik itu langsung ke toko resmi aksesoris motor atau lewat online shop, ada banyak box motor dengan berbagai merk dengan kualitas dan kapasitas yang berbeda-beda.

    Baca juga: Filter AC Mobil Harus Rutin Diganti, Ini Waktu Yang Tepat

    Oleh karena itu, perlu kejelian untuk memilih box mana yang paling tepat dengan motor kamu.

    box motor (1)

    Fungsi box motor

    Secara umum, box motor memiliki fungsi di bawah ini:

    1. Sebagai tempat penyimpanan pada motor

    Kamu bisa menyimpan berbagai barang seperti helm, jas hujan hingga tas dengan aman di dalam box motor. Adanya box motor tentu sangat membantu terutama jika kamu sering melakukan perjalanan ke luar kota atau jarak jauh.

    2. Melindungi motor dari benturan

    Letak Box motor yang berada di bagian belakang akan melindungi motor dari benturan. Jika terjadi tabrakan, maka box motor yang akan terkena terlebih dahulu.

    3. Untuk sandaran penumpang

    Jika kamu membawa penumpang di belakang, box motor dapat berfungsi menjadi sandaran. Tapi ingat, tetap utamakan keselamatan, ya.

    4. Sebagai alat kerja 

    Bagi pengendara ojek online, adanya box motor akan sangat membantu untuk membawa bermacam-macam barang terutama untuk pesanan makanan.

    Baca juga: Asuransi Astra Sabet Dua Penghargaan di Ajang PR of The Year 2023

    Commercial Department PT SHAD Indonesia, Syahril Andriansyah mengatakan bahwa pengendara bermotor sudah sering di edukasi mengenai penggunaan box.

    “Edukasi biasanya kita berikan kepada teman-teman komunitas dan juga ke konsumen langsung, kita sering edukasi ke mereka,” ungkap Syahril dikutup Antara Otomotif.

    Menurutnya dengan adanya tambahan box pada sepeda motor dapat memberikan perlindungan terhadap barang-barang yang dibawanya selama perjalanan.

    “Untuk segi keamanan, kalau bawa barang yang menggunakan kantong kresek, kalau motor matik kan enak yah ada kaitannya bisa cantolin. Kalau motor batangan itu pasti ujungnya akan taruh bawaan di stang kan, handling terganggu dan mengendarai motor juga akan enggak concern,” jelas dia.

    Baca juga: Spesifikasi dan Harga Kawasaki Ninja H2R, Motor Tercepat Di Dunia!

    Selain memberikan rasa aman selama dalam perjalanan, penggunaan box pada motor juga diyakini akan dapat menambah rasa yang nyaman ketika membawa barang berharga.

    “Karena kalau di daerah yang padat dengan kendaraan seperti halnya di Jabodetabek, sekali jalan itu kan bisa makan waktu 1 jam lah ya. Dan, misal kalau kerja bawa tas dan isinya laptop juga kan selama perjalanan bisa pegal dan jadi mengurangi rasa kenyamanan saat berkendara,” ucap dia.

    Hal yang perlu diperhatikan sebelum memasang box ke motor

    Nah, sekarang sudah semakin paham kan apa saja fungsi box motor? Jika tertarik untuk menyematkannya pada motor kesayangan, perhatikan hal-hal berikut ini, ya!

    1. Beli box yang bermerk

    Hal yang utama pastikan box motor yang akan kamu beli bermerk atau paling tidak tangguh dalam durability dan kualitas.

    Jangan mudah terpukau oleh harga yang murah, karena box yang berkualitas tinggi tentu akan jauh lebih awet dan lebih aman untuk dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama.

    2. Pastikan bracket box motor sesuai

    Hal yang penting lainnya adalah bracket yang sesuai dengan motor kamu, jika membeli box biasanya kamu juga mendapat bracket-nya sekaligus.

    Penting diketahui, jangan paksakan bracket yang spesifikasinya tidak sesuai dengan box kamu karena bisa berakibat fatal seperti box akan jatuh pada saat terjadi guncangan.

    3. Pastikan motor sesuai dengan spesifikasi box motor

    Saat ini masih banyak dijumpai di jalanan, pengendara yang memasang box motor dan memaksakan boxnya untuk bisa muat ke motor.

    Misalnya penggunaan box puluhan liter pada motor matic kecil yang tentunya tidak sesuai spesifikasi. Untuk itu, pastikan selalu kamu memasang dan menggunakan box motor dengan baik demi kenyamanan berkendara.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Selain itu, kamu juga cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait