Senin, Juni 24, 2024
Lainnya
    LainnyaMemahami Bushing Mobil: Manfaat, Ciri Kerusakan, dan Cara Menggantinya

    Memahami Bushing Mobil: Manfaat, Ciri Kerusakan, dan Cara Menggantinya

    Mobil memiliki berbagai komponen yang penting, namun sayang tidak semua komponen mendapat perhatian yang merata dari pemiliknya. Salah satu komponen penting yang jarang diperhatikan adalah bushing mobil.

    Bushing mobil adalah komponen yang terdapat pada suspensi mobil yang berfungsi untuk mengurangi getaran dan suara yang dihasilkan oleh gerakan roda mobil dan juga untuk mempertahankan posisi dan stabilitas suspensi mobil. 

    Komponen ini biasanya terbuat dari bahan karet atau poliuretan dan dipasang pada bagian suspensi seperti peredam, control arm, sway bar, dan shock absorber.

    Bushing mobil bekerja sebagai penghubung antara bagian-bagian suspensi yang bergerak dengan body mobil. Ketika mobil melaju di jalan yang tidak rata, bushing akan menyerap getaran dan mengurangi suara bising yang dihasilkan oleh suspensi mobil, sehingga membuat perjalanan lebih nyaman bagi pengemudi dan penumpang.

    Namun, seiring waktu penggunaan dan paparan terhadap suhu dan lingkungan, bushing dapat mengalami keausan dan kerusakan. Hal ini dapat mengakibatkan getaran dan suara yang lebih besar, serta berdampak pada handling dan stabilitas mobil.

    Baca juga: Ingin Beli Mobil Bekas? Cek Bushing Arm Mobil dengan Cara Mudah Ini 

    Oleh karena itu, penting untuk melakukan perawatan dan penggantian bushing secara berkala untuk memastikan performa suspensi mobil tetap optimal. Sebelum melakukan dua hal tersebut, penting juga untuk mengetahui manfaat, ciri-ciri kerusakan, dan cara merawatnya.

    Manfaat Bushing Mobil

    Manfaat Bushing Mobil
    Manfaat Bushing Mobil (olx.co.id)

    Bushing mobil memiliki beberapa manfaat penting dalam suspensi mobil, yaitu:

    1. Mengurangi Getaran dan Suara

    Bushing berfungsi sebagai peredam getaran dan suara yang dihasilkan oleh gerakan roda dan suspensi mobil. Hal ini membantu menjaga kenyamanan dan keamanan pengemudi dan penumpang saat berkendara.

    2. Menjaga Stabilitas Suspensi

    Bushing juga membantu menjaga posisi dan stabilitas suspensi mobil. Dengan menghubungkan bagian-bagian suspensi yang bergerak dengan body mobil, bushing memastikan suspensi tetap berada pada posisi yang tepat dan menghindari terjadinya gejala oversteer atau understeer.

    3. Memperbaiki Handling Mobil

    Bushing dapat memperbaiki handling mobil dengan mengurangi pergerakan yang tidak diinginkan pada suspensi. Dengan bushing yang sehat, pengemudi dapat lebih mudah mengendalikan mobil dan meningkatkan keamanan saat berkendara.

    4. Meningkatkan Umur Pakai Komponen Suspensi

    Dengan meredam getaran dan mempertahankan stabilitas suspensi, bushing juga membantu meningkatkan umur pakai komponen suspensi lainnya seperti peredam, control arm, sway bar, dan shock absorber. 

    5. Meningkatkan Efisiensi Bahan Bakar

    Dengan mengurangi getaran dan pergerakan yang tidak diinginkan pada suspensi, bushing dapat membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar mobil. Hal ini karena pergerakan yang tidak diinginkan dapat menyebabkan kehilangan energi yang seharusnya digunakan untuk memutar roda mobil.

    Baca juga: Tidak Cuma Ban, Ini Material Karet Pada Mobil yang Harus Diketahui

    Ciri-ciri Kerusakan Bushing Mobil

    Kerusakan Bushing Mobil
    Kerusakan Bushing Mobil (olx.co.id)

    Walau ukurannya kecil, komponen ini bisa mempengaruhi kinerja mobil. Apalagi, jika kondisinya sudah mulai rusak. Ada beberapa tanda yang menunjukkan, kalau bushing pada mobil mulai rusak, yaitu:

    • Terdengar Suara yang Mengganggu

    Ciri pertama yang paling mudah disadari adalah munculnya suara yang mengganggu pada mobil. Suara ini biasanya tercipta karena adanya gesekan. Terutama, saat mobil melewati jalan yang berlubang dan rusak.

    • Mobil Kurang Nyaman DIkendarai

    Ciri berikutnya adalah mobil terasa tidak enak untuk dikendarai. Tanda ini akan terasa saat mobil berada di jalanan berlubang atau bergelombang. Pada mobil dengan bushing yang rusak, mobil akan terasa seperti berubah arah meski tidak sedang memutar kemudi.

    • Karet Bushing Retak

    Karet merupakan bagian penting dalam sebuah bushing. Tanpanya, bushing tidak bisa menjalankan fungsinya sebagai peredam getaran, serta penyeimbang suspensi. Pada bushing yang normal, karet biasanya masih memiliki bentuk yang bagus.

    Hal sebaliknya akn terjadi pada bushing yang rusak. Pada bushing yang rusak, karetnya akan mulai sedikit retak. Keretakan karet bushing sendiri bisa terjadi oleh tiga sebab. Pertama, karena bushing bekerja terlalu berat. Kedua, karena mobil terlalu sering melewati jalanan rusak. Dan ketiga, karena strut bar pada bushing mulai pecah.

    Salah satu ciri karet bushing mulai retak adalah munculnya bunyi decitan, serta bunyi seperti beradu. Bunyi-bunyian itu biasanya bakal muncul di bagian bawah jok depan mobil. Solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengganti karet bushing.

    • Mobil Tidak Seimbang

    Ciri terakhir yang dapat dirasakan adalah mobil akan terasa tidak seimbang. Pada mobil dengan bushing yang rusak, mobil akan melaju tidak seimbang. Seolah-olah mobil hendak melayang ataupun oleng. Ini merupakan tanda bushing mobil rusak yang paling berbahaya.

    Baca juga: Mengenal Stabilizer Mobil dan Cara Kerjanya

    Cara Mengganti Bushing pada Mobil

    Jika Anda telah merasakan salah satu dari ciri-ciri di atas, maka alangkah baiknya untuk segera mengganti bushing mobil. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengganti bushing mobil.

    Hal pertama yang perlu diketahui adalah letak komponen ini cukup tersembunyi. Biasanya ada di balik kaki-kaki mobil. Oleh karena itu Anda perlu membongkar kaki-kaki mobil, untuk bisa mendapatkan bushing mobil. Setelah itu, lepaskan bushing mobil yang lama dari mobil. Kemudian, ganti dengan bushing arm baru. 

    Bila bushing rusak karena bagian karetnya retak, Anda bisa menggunakan alat press, agar karet pada bushing mobil bisa terlepas dengan mudah. Setelah lepas, langkah selanjutnya adalah mengganti karet bushing yang retak dengan karet yang baru. 

    Caranya, ketok karet yang baru ke bushing mobil. Cara tersebut dilakukan agar karet bushing yang baru bisa terpasang dengan lurus. Anda bisa memakai palu, jika ingin mengetok karet bushing-nya. 

    Kalau tidak, Anda bisa memakai alat press sebagai gantinya. Saat karet baru hendak dimasukkan, pastikan karet diberi pelumas berupa oli, agar bisa lebih mudah masuk ke bushing mobil. Pasang kembali bushing ke tempatnya, bila karet bushing berhasil terpasang. Jangan lupa untuk kembali memasang kaki-kaki mobil.

    Nah setelah menyimak penjelasan mengenai bushing pada mobil tentu sedikit banyak Anda menjadi bertambah wawasan. Jangan lupa untuk selalu merawan kondisi kendaraan Anda dalam keadaan prima.

    Kalau soal urusan beli mobil bekas, pastikan untuk memilih di OLX Autos yang dapat memberikan penawaran terbaik dan garansi pada unit yang Anda beli. 

    Pilih mobil bekas berkualitas terbaik, dan harga yang paling reasonable di OLX Autos. Ada ribuan unit mobil bekas berkualitas yang bisa dipilih. Kami menjamin semua unit mobil berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Dengan harga dan biaya perawatan yang rendah, kebutuhanmu bisa terpenuhi!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait