Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    Tips & TrikBercak Karat Pada Cakram Mobil Berbahaya? Begini Penjelasannya

    Bercak Karat Pada Cakram Mobil Berbahaya? Begini Penjelasannya

    Lakukan ini untuk cegah bercak karat pada cakram mobil!

    News.OLX – Rem cakram dihiasi oleh bercak hitam dan karat barangkali sering membuat pemilik mobil khawatir. Banyak yang beranggapan bahwa hal ini bisa menjadi pertanda adanya masalah serius pada sistem rem mobil.

    Namun, apakah benar fenomena ini harus kita takuti? Untuk mengetahuinya, yuk simak penjelasan berikut ini.

    Cakram mobil berkarat bukan berarti berbahaya

    Karat pada piringan cakram muncul karena sisa air yang menempel di permukaannya. Saat kamu kembali menggunakan mobil dan sistem pengereman berfungsi, karat ini akan terkikis dengan sendirinya.

    Ini sebenarnya adalah sifat alami dari bahan cakram, yang umumnya terbuat dari besi tuang atau cast iron. Bahan ini cenderung teroksidasi dan menghasilkan karat. Namun, cakram tidak diberi pelapis anti-karat untuk menjaga kinerja pengereman yang optimal.

    Mengapa tidak ada pelapis anti-karat pada cakram?

    Keputusan ini bukanlah semata-mata untuk penghematan biaya produksi. Sebaliknya, pelapis anti-karat dapat mengurangi daya cengkeram antara piringan cakram dan kampas rem, yang memengaruhi performa pengereman secara keseluruhan.

    Dengan tidak adanya pelapis tersebut, piringan cakram lebih efektif dalam menghasilkan gesekan yang diperlukan. Alhasil fungsi rem cakram sebagai komponen yang bertugas menghentikan kendaraan dengan cepat dan aman menjadi lebih efektif.

    rem cakram (3)

    Cara mencegah bercak atau karat di cakram mobil

    Cara terbaik untuk mencegah dan menghilangkan bercak karat adalah dengan menggunakan mobil secara rutin. Meskipun kamu jarang menggunakan mobil, cukup jalankan mobil sejauh 3 hingga 5 meter sekali seminggu, seperti keliling kompleks.

    Ini akan membantu menghilangkan karat karena gesekan antara kampas rem dan piringan cakram saat mobil bergerak. Selain menghilangkan bercak karat, penggunaan rutin kendaraan juga membantu menjaga komponen lain seperti aki dan ban agar tetap dalam kondisi baik.

    • Perawatan berkala

    Selain itu, perawatan berkala oleh mekanik dapat membantu menjaga kualitas pengereman yang optimal. Komponen rem cakram biasanya akan dibersihkan dan diperiksa untuk mencegah terbentuknya karat. Ini akan meningkatkan keselamatan dan kenyamanan saat kamu berkendara.

    • Cuci mobil rutin

    Agar piringan cakram rem tetap dalam kondisi optimal, penting bagi kamu sebagai pemilik mobil untuk menjalankan perawatan berkala pada bagian kaki-kaki kendaraanmu.

    Dalam hal ini, memanfaatkan fasilitas cuci mobil yang dilengkapi dengan sistem hidrolik dapat sangat membantu dalam membersihkan bagian bawah kendaraan.

    Setelah proses mencuci selesai, pastikan untuk menjemput angin dengan mengendarai mobil sejenak. Ini akan membantu menjadikan piringan cakram kering dengan lebih cepat karena paparan udara.

    • Jangan bersihkan dengan cairan kimia

    Namun, penting untuk tidak menggunakan cairan kimia untuk membersihkan cakram. Cairan ini bisa membuat permukaan cakram menjadi licin, mengurangi daya cengkeram kampas rem, dan berpotensi membahayakan pengemudi.

    Jadi, jangan terlalu khawatir saat melihat bercak karat pada cakram mobil. Ini adalah hal yang wajar dan tidak selalu berarti ada masalah serius dengan sistem rem. Dengan perawatan yang tepat, kendaraan kamu akan tetap berjalan dengan baik dan aman.

    Temukan lebih banyak informasi dan tips lainnya di OLX Member of ASTRA untuk menambah wawasan kamu. Download aplikasinya di Play Store atau App Store. (Rek/Z)

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait