Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    InformasiCara dan Biaya Urus STNK Konversi Motor Listrik

    Cara dan Biaya Urus STNK Konversi Motor Listrik

    Ternyata murah! Segini biaya mengurus STNK konversi motor listrik.

    News.OLX – Saat ini cukup banyak antusiasme masyarakat yang ingin bahkan sudah melakukan konversi motor listrik. Bahkan pemerintah memberikan benefit bagi yang ingin konversi motor listrik yakni subsidi sebesar Rp7 juta.

    Dengan adanya program tersebut, masyarakat bisa memiliki kendaraan listrik tanpa harus membeli dan pengeluaran untuk konversi pun jadi lebih ringan. Jika kamu berminat maka perlu tahu juga cara mengurus STNK konversi motor listrik.

    Subsidi konversi motor listrik untuk 50.000 kuota transaksi telah selesai per tanggal 31 Desember 2023. Masyarakat bisa mengikuti program tersebut untuk mengubah motor bahan bakar fosil (BBM) menjadi motor listrik.

    Setelah melakukan konversi, pemilik kendaraan perlu menyesuaikan STNK. Banyak masyarakat yang bertanya bagaimana cara mengurus STNK konversi motor listrik, persyaratan, dan biaya yang perlu dikeluarkan.

    Tenang saja, hal tersebut sangat mudah dan tentunya murah. Mari kita bahas melalui artikel ini!

    Syarat membuat STNK motor listrik konversi

    Persyaratan untuk membuat STNK motor listrik konversi cukup sederhana. Setelah motor selesai dikonversi, pemilik kendaraan harus mengurus STNK agar kendaraannya kembali menjadi legal dengan melengkapi persyaratan sebagai berikut:

    • Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT)
    • Sertifikat Uji Tipe (SUT)
    • STNK asli
    • BPKB asli
    • Foto motor
    • Cek fisik
    • Sertifikat konversi
    • KTP

    STNK (1) (2)

    Cara Mengurus STNK Konversi Motor Listrik

    Pengurusan surat-surat motor listrik bisa dilakukan dengan cepat, hanya memakan waktu sekitar 2 minggu. Berikut ini langkah-langkah mengurus STNK konversi motor listrik yang perlu kamu ketahui:

    1. Mendaftarkan pengajuan konversi motor listrik melalui platform Kementerian ESDM melalui www.ebtke.esdm.go.id/konversi.
    2. Saat proses pendaftaran, pengaju harus menyiapkan data diri seperti KTP, STNK, dan BPKB kendaraan
    3. Jika sudah terdaftar, pihak bengkel konversi akan menghubungi dan meminta untuk mendatangi tempat konversi.
    4. Bengkel akan memverifikasi KTP, BPKB, dan STNK pengaju konversi
    5. Bengkel akan menyampaikan rincian biaya konversi
    6. Setelah sepakat untuk konversi, proses konversi akan dilakukan dalam hitungan jam
    7. Jika konversi sudah selesai, bengkel akan mengajukan pengujian SUT dan SRUT lewat platform Kementerian ESDM dan diproses oleh Kemenhub dan lembaga sertifikasi
    8. Setelah hasilnya keluar, pemilik kendaraan bisa melakukan registrasi ulang atau perubahan pada dokumen STNK dan TNKB di Samsat. Bengkel akan memberikan surat rekomendasi untuk pembuatan STNK. 
    9. Lengkapi persyaratan yang dibutuhkan untuk pembuatan STNK, seperti KTP, BPKB, dan surat rekomendasi dari bengkel.
    10. Bayar biaya pembuatan dan STNK akan diterbitkan dalam waktu maksimal 14 hari kerja.

    Biaya konversi motor listrik

    Pengubahan atau pengurusan dokumen kendaraan konversi motor listrik biayanya telah ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 76 Tahun 2020 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kepolisian RI.

    Biaya total untuk pengurusan STNK konversi motor listrik yakni sebesar Rp160.000. Jumlah biaya tersebut terdiri dari pencetakan STNK baru dengan perubahan identitas kendaraan konversi dikenakan sebesar Rp100.000 dan pencetakan TNKB baru dengan tanda khusus berwarna biru dikenakan Rp60.000.

    Pembuatan STNK konversi motor listrik jauh lebih murah dibandingkan pengurusan STNK motor konvensional yang dikenakan biaya sebesar Rp385.000. Biaya pengurusan STNK motor konversi bisa lebih murah karena Korlantas membebaskan biaya pengurusan BPKB baru sejumlah Rp225.000. 

    Wah, ternyata cukup banyak yaa keuntungan menggunakan kendaraan listrik selain biaya operasionalnya yang lebih murah dan ramah lingkungan, tapi juga biaya pembuatan STNKnya pun jauh lebih murah dibandingkan kendaraan konvensional. 

    Selain informasi di atas, kamu juga bisa dapatkan informasi menarik lainnya di OLX. Selain itu, kamu juga bisa, lho, mencari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait