Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    Tips & TrikCara Hilangkan Noda Air pada Plafon Rumah

    Cara Hilangkan Noda Air pada Plafon Rumah

    Hilangkan plafon rumah yang ada noda air mulai dengan cairan pemutih hingga lakukan pengecatan ulang plafon.

    News.OLX – Langit rumah yang bocor memang kerap kali membuat munculnya noda air di plafon rumah. Jelas ini juga membuat tampilan jadi kurang menarik.

    Untungnya, ada beberapa cara menghilangkan noda air di plafon yang ampuh yang bisa kamu lakukan. Agar kembali seperti semula, kamu bisa ikuti beberapa cara di bawah ini!

    1. Gunakan Cairan Pemutih

    Kebanyakan orang mungkin akan menimpa noda air dengan cat baru. Namun, cara ini jelas tidak akan efektif kalau nodanya tidak kamu coba hilangkan lebih dulu. Alih-alih tertutupi, plafon malah tampak lebih buruk.

    Karena itu, kamu bisa atasi lebih dulu dengan menyemprotkan cairan pemutih ke area noda air pada plafon. Biarkan lebih dulu untuk sesaat, lalu ulangi kembali hingga noda memudar.

    2. Semprotkan Cuka Putih

    Bila cara di atas kurang efektif, cara menghilangkan noda air di plafon lainnya yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan cuka putih. Kamu bisa semprotkan ke area yang kotor, lalu diamkan sekitar satu jam.

    Setelah itu, bersihkan plafon kamu dengan lap basah yang bersih. Lakukan ini hingga nodanya memudar atau hilang.

    3. Coba Gunakan Baking Soda

    Apakah kamu mempunyai baking soda di rumah? Baking soda adalah salah satu bahan yang seringkali digunakan untuk merontokkan noda maupun jamur. Termasuk noda air pada plafon rumah kamu.

    Nah, untuk menggunakannya, kamu bisa campurkan baking soda secukupnya dengan sedikit air. Lalu, aduk kedua bahan ini hingga membentuk pasta. Bila sudah, oleskan secara merata ke area noda air.

    Kamu bisa diamkan lebih dulu untuk beberapa saat hingga pastanya kering. Setelah itu, barulah kamu gosok secara perlahan dengan sikat dan bilas dengan air bersih. Jangan lupa keringkan setelahnya, ya.

    plafon 2

    4. Cat Ulang Plafon Rumah

    Apakah noda pada langit-langit rumah kamu sudah hilang atau memudar? Kalau ternyata belum bisa hilang dan hanya memudar, kamu bisa cat ulang area tersebut.

    Namun, sebelum mengecat, pastikan kamu sudah membersihkan dan mengeringkan plafon lebih dulu, ya. Jika sudah, kamu bisa aplikasikan cat primer-nya lebih dulu. Setidaknya, hingga nodanya tertutup dengan baik.

    Bila sudah, barulah kamu cat kembali langit-langit dengan cat yang senada hingga merata dan tidak terlihat belang.

    Nah, itu dia beberapa cara menghilangkan noda air di plafon rumah yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa coba cara yang paling sesuai, ya.

    Jika kamu ingin mencari cat maupun jasa tukang untuk mengatasi plafon, kamu bisa temukan di OLX, ya. Download juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store segera!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait