Rabu, Juli 24, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriCara Mengemudi Mobil Matic yang Benar untuk Pemula, Lebih Mudah dari Manual

    Cara Mengemudi Mobil Matic yang Benar untuk Pemula, Lebih Mudah dari Manual

    News.OLX – Cara mengemudi mobil matic sebenarnya cukup mudah, bila dibandingkan dengan mobil bertransmisi manual. Pasalnya dengan mengendarai mobil matic tidak perlu mengganti gigi transmisi secara intensif layaknya mobil manual.

    Selain itu, hanya ada dua pedal di bawah kemudi, yaitu gas dan rem,serta tidak ada pedal untuk. Kedua pedal ini biasanya diinjak menggunakan kaki kanan dan kaki kiri cukup santai saja.

    Saat ini sudah banyak sekali pabrikan otomotif yang menawarkan berbagai mobilnya dengan transmisi otomatis. Baik itu mobil segmen kelas menengah maupun mobil Low Cost Green Car (LCGC).

    Selain itu mobil matic ini tidak terlalu memiliki perbedaan yang signifikan mengenai konsumsi bahan bakarnya. Maka dari itu, saat ini cukup banyak pengguna mobil yang memilih mobil matic karena dirasa lebih praktis dan lebih mudah. 

    Dalam mengendarai mobil yang paling utama adalah konsentrasi saat mengendarai mobil. Selain itu dibutuhkan pemahaman akan mobil yang dikendarainya, sehingga bisa mengoperasikannya dengan baik.

    Bagi Anda yang baru saja membeli mobil matic bisa menyimak ulasan di bawah ini mengenai cara mengemudi mobil matic bagi pemula.

    Mengenal pengoperasian mobil matic

    Transmisi mobil matic
    Ilustrasi transmisi matik (olxautos.co.id)

    Sebagai seorang pemula, untuk mengendarai mobil matic alangkah lebih baik untuk mengenali mobil cara pengoperasian mobilnya. Caranya adalah dengan mengetahui penggunaan tuas transmisi matic agar tidak panik saat mengendarainya. 

    Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa mobil matic hanya memiliki dua pedal yaitu pedal gas dan rem. Tidak ada pedal kopling untuk memindah gigi transmisi seperti mobil manual, pengemudi bisa memindah langsung gigi transmisi dengan memindahkan tuasnya.

    Tuas transmisi mobil matic sendiri kebanyakan menggunakan huruf, dan beberapa ada nomornya. Paling banyak ditemui adalah P-D-N-N, huruf ini memiliki makna bahwa setiap posisi akan membedakan kegunaan gigi transmisi tersebut:

    • P (Park)

    Tuas P ini adalah untuk posisi parkir, atau berhenti dalam waktu yang cukup lama. Saat menggunakan posisi P mobil akan berhenti dan tidak akan bergerak. Selalu pastikan tuas persneling berada pada posisi P, saat mobil sedang dalam keadaan berhenti atau akan ditinggalkan.

    • D (Drive)

    Pada posisi D ini digunakan untuk maju.  Drive ini terdiri dari D1, D2 dan D3.  D2 dan D1 digunakan jika kecepatan kendaraan rendah lajunya, selanjutnya untuk kecepatan yang lebih tinggi sesuai kebutuhan.

    • R (Return)

    Tuas R digunakan untuk mundur.

    • N (Neutral)

    Tuas N digunakan jika jalanan macet hingga berhenti sehingga pengemudi tidak capek.  Namun saat berada di posisi N harus menginjak rem agar posisi mobil benar-benar berhenti, tidak bergerak karena jalanan miring. 

    Menyalakan mobil matic

    Pada umumnya, dalam menyalakan mobil matic selalu pastikan bahwa tuas transmisi pada posisi P. Sambil menginjak pedal rem, lalu nyalakan mesin dengan memutar kontak atau memencet tombol start.

    Biarkan mesin mobil menyala sejenak agar mesin mobil cukup panas dan stabil. Setelah itu bisa Anda gunakan dengan memindah tuas transmisi ke posisi D untuk maju dan lepas pedal rem perlahan maka mobil akan maju secara perlahan meski tidak menginjak pedal gas.

    Untuk menambah kecepatan bisa dilakukan dengan menginjak pedal gas. Geser tuas ke D1, D2 atau D3 sesuai dengan kecepatan yang diinginkan. Lain halnya pada tanjakan yang curam, pada mobil matic selain posisi transmisi di atas ada pula L dan S yang diperuntukan untuk melewati tanjakan.

    Untuk mundur, mobil matic menggunakan tuas pada posisi R dan mobil akan berjalan mundur. Setelah sampai tujuan, pastikan parkir kendaraan dan posisikan pada tuas transmisi di huruf P sebelum meninggalkan mobil.

    Cara mengemudi mobil matic

    Mengendarai mobil matic cukup mudah, cukup ikuti beberapa langkah ini dan Anda tinggal melatihnya dengan perlahan untuk membiasakannya di jalanan.

    • Pastikan tuas transmisi pada posisi P

    Sebelum menyalakan mobil matic Anda, pastikan tuas transmisi pada posisi P, selain itu demi keamanan pastikan handrem masih aktif. Selanjutnya bisa Anda masukan kunci ke lubang kontak dalam posisi ON dan tunggu sejenak hingga indikator pada speedometer berputar. Jangan langsung diputar kontaknya secara terburu-buru.

    • Injak pedal rem saat starter mobil matic

    Setelah indikator menyala, Anda bisa memutar kunci kontak untuk menstarter mobil tersebut. Pastikan sebelum melakukannya menginjak pedal rem. 

    Setelah menyala tunggu sejenak hingga suara mesin mobil terasa stabil sembari menunggu cukup panas.

    • Pindahkan tuas transmisi sesuai kebutuhan

    Setelah mobil menyala sejenak, sudah saatnya mobil siap dikendarai. Injak pedal rem sebelum memindah posisi tuas dan pindah sesuai kebutuhan. Untuk maju pindah posisi D dan untuk mundur pindah posisi R.

    Penggunaan tuas ini seperti penjelasan di atas yang bisa Anda pahami sembari belajar langsung. 

    Fakta mengenai mobil matic

    Ada beberapa fakta yang perlu Anda ketahui mengenai mobil matic. Sebelum mengendarainya, fakta ini perlu diketahui agar memiliki pemahaman saat mengendarainya.

    1. Mobil matic tidak dapat dinyalakan bila tuas tidak pada posisi P.
    2. Saat mesin tiba-tiba mati atau mogok, mobil tidak akan terjadi hentakan atau meloncat seperti mobil manual. 
    3. Meski mobil mati di tanjakan, mobil akan tetap berhenti dan tidak akan bergerak sehingga pengemudi dapat tenang tanpa panik.

    Nah, setelah memahami cara mengendarai mobil matic, tentu Anda sudah memiliki sebuah gambaran untuk mengendarai. Pasti terasa lebih mudah bagi pemula untuk mengendarai mobil matic dibandingkan dengan mobil manual.

    Kalau untuk membeli mobil matic bekas, jangan lupa untuk memilih dealer dan showroom mobil bekas terpercaya yang dapat memberikan penawaran terbaik serta garansi pada unit yang Anda beli seperti OLX Autos.

    Membeli mobil bekas yang aman digunakan di jalan tentu harus fokus pada Kualitasnya. #PilihYangPasti untung Di OLX Autos. Kamu bisa pilih ribuan unit mobil dengan kualitas terbaik dan sudah melalui inspeksi. Sehingga bergaransi dan dijamin aman dan nyaman untuk berkendara bersama keluarga tercinta!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait