Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Tak Berkategori7 Cara Merawat Wiper Mobil Agar Kaca Selalu Bersih

    7 Cara Merawat Wiper Mobil Agar Kaca Selalu Bersih

    Cara merawat wiper mobil banyak dicari pemilik mobil agar kaca mobilnya selalu bersih dan terawat. Wiper mobil tidak bisa dirawat dengan cara seadanya. Ada beberapa cara khusus yang perlu dipahami, terlebih di saat kondisi curah hujan yang tinggi. 

    Curah hujan yang tinggi membuat wiper mobil sangat diperlukan untuk membersihkan kaca dari genangan air. Apabila Anda tidak memahami cara merawat wiper mobil yang benar, maka bisa jadi kaca mobil jadi kurang terawat dan bahkan bisa menyebabkan kerusakan pada kaca maupun wipernya. 

    Pemahaman akan merawat wiper mobil yang benar ini akan membuat mobil kamu terlihat begitu bersih dan keadaan wiper bisa normal tanpa adanya masalah yang berarti.

    Baca juga: Bolehkah Air Wiper Pakai Shampoo?

    Agar cara-cara merawat wiper mobil bisa diketahui banyak orang, berikut dirangkum cara merawat wiper mobil agar kaca selalu bersih.

    1. Pastikan Jaga Elastisitas Karet Wiper

    Wiper tak hanya terbuat dari kerangka besi. Wiper juga mempunyai bagian yang terbuat dari material karet. Bagian karet inilah yang berfungsi sebagai alat untuk menghalau air hujan yang menutupi kaca mobil. 

    Agar bagian karet tetap terjaga, tipsnya jangan sampai Anda membiarkan mobil di tempat yang sangat panas. Tempat yang panas atau terpapar sinar matahari secara langsung akan membuat akan berdampak pada karet wiper dan mengurangi elastisitasnya.

    Pastikan agar mobil kesayangan Anda tidak terus-terusan terkena panas matahari karena akan menyebabkan karet tersebut semakin cepat mengering dan pecah. Dengan begitu, Anda menjadi tahu bahwa menjaga elastisitas karet wiper sangat penting terutama dengan cara menghindari panas berlebihan saat memarkir mobil. 

    Apabila parkir mobil dalam keadaan panas, ada baiknya mengganjal atau mengangkat wiper selama ditinggalkan. Cara seperti ini dilakukan agar dapat mencegah panas dari kaca mengenai karet secara langsung.

    2. Hati-hati Saat Membilas Wiper

    wiper mobil
    Ilustrasi wiper mobil (freepik)

    Mobil kesayangan tentunya dibersihkan secara menyeluruh agar kinclong dan tampak nyaman dipandang. Bagian wiper pun juga dibersihkan agar tak ada debu atau kotoran yang menempel. 

    Namun saat membersihkan wiper, ada yang harus diperhatikan. Ya, Anda harus memperhatikan cara membilas bagian karet wipernya. Berusahalah dengan perlahan dan hati-hati saat Anda membilas karetnya. 

    Hati-hati karena pada permukaan karet wiper ada cairan khusus yang berfungsi sebagai pelindung serta pelembab. Adapun cara mencuci dan merawat wiper yang disarankan adalah cobalah untuk jangan bilas karet wiper dengan sabun cuci mobil. 

    Cukup siram dengan air bersih saja di bagian wiper dan jangan lap permukaan karetnya. Lalu biarkan air mengering dengan sendiri kemudian menegakkan wiper setelah dicuci. Dengan begitu, kondisi karet wiper akan baik-baik saja dan itu membuat wiper menjadi bersih.

    Baca juga: Lakukan 10 Hal Ini Saat Berkendara di Musim Hujan

    3. Cek Kondisi Poros Wiper

    Tak hanya karet wiper yang perlu dicek secara berkala. Namun bagian wiper lainnya yang perlu diperhatikan adalah poros wiper. Poros wiper harus benar-benar diperhatikan dengan cara memberikan pelumas pada bagian poros wiper secara berkala. 

    Pemberian pelumas pada poros wiper ini dilakukan agar mencegah terjadinya kondisi aus. Cara semacam ini dilakukan agar perputaran wiper untuk menyapu air dan kotoran pada kaca saat musim hujan menjadi tidak macet atau terhambat. Kondisi poros wiper yang baik ini akan membuat wiper dapat berfungsi dengan semestinya.

    4. Isi Cairan Wiper

    Hal sepele namun sering dilupakan oleh para pemilik mobil yakni mengisi cairan wiper. Cairan wiper biasanya terdapat di dalam ruang mesin di mana ada satu tangki khusus untuk cairan pembersih kaca mobil. 

    Biasanya cairan pembersih kaca diisi dengan air biasa. Saran saat hendak mengisi cairan pembersih kaca, ada baiknya ditambah dengan cairan pembersih khusus yang dicampur dengan air. Jadi tak hanya air belaka, namun juga ada cairan pembersih khusus.

    Cairan pembersih kaca mobil pada umumnya memiliki kandungan yang bisa bikin kaca mobil menjadi licin. Dengan adanya cairan pembersih kaca yang tercampur dengan air maka potensi terhambatnya kerja wiper akibat permukaan kaca yang kesat pun jadi bisa teratasi.

    Cairan tersebut memiliki fungsi untuk membuat kaca terlindungi dari goresan wiper. Selain itu, dengan cairan pembersih bisa membuat kondisi kaca kian bersih dan mengkilap sehingga menjadi tampak bersih di bagian kaca mobil.

    5. Ganti Wiper Secara Rutin

    Cobalah biasanya untuk lakukan pengecekan menyeluruh kondisi wiper secara rutin berkala. Apabila wiper sudah mulai berdecit saat digunakan maka bisa jadi itu tanda wiper harus diganti. Tak hanya itu, tanda wiper minta diganti lainnya yakni karet wiper mulai terlihat getas.

    Biasanya, karet wiper perlu diganti setiap setahun sekali namun hal itu masih tergantung pada pemakaian. Apabila memakai wiper terus menerus, maka bisa jadi disarankan ganti lebih cepat dari setahun. 

    Selain itu, Anda perlu perhatikan kondisi karet wiper serta dudukan nya juga. Dengan memastikan karet dan dudukan sudah tak layak pakai maka harus diganti keseluruhan wipernya. 

    Apabila Anda ingin memilih wiper yang cocok dengan jenis mobil Anda pastikan terlebih dahulu memiliki ukuran wiper yang dipakai. Setelah itu, pastikan juga gunakan wiper dengan merek yang berkualitas.

    Baca juga: Komponen Mobil Ini Jangan Dianggap Sepele Saat Hujan

    6. Gunakan wiper yang berkualitas

    Seperti sudah disinggung di atas, pastikan mengganti wiper dengan wiper berkualitas. Jangan sampai Anda memakai wiper dengan kualitas di bawah rata-rata. Pastikan wiper yang dipakai benar-benar sangat elastis dan lembut. 

    Perhatikan juga warnanya yang terlihat bold. Wiper berkualitas ini akan menentukan seberapa panjang umur wiper. Semakin berkualitas merek yang digunakan maka akan semakin bertahan lama wiper tersebut.

    7. Letakkan wiper pada posisi yang benar ketika tidak digunakan

    Poin terakhir dalam cara merawat wiper mobil agar kaca selalu bersih yakni usahakan meletakkan wiper pada posisi benar ketika tidak digunakan. Adapun posisi wiper yang tidak benar akan berpengaruh pada wiper itu sendiri. 

    Hal itu akan membuat karet wiper mudah rusak dan tidak bekerja secara optimal. Oleh sebab itu pastikan Anda untuk selalu meletakkan wiper pada posisi yang benar saat tidak digunakan. Dengan begitu, wiper Anda akan lebih panjang umur dan tentunya bisa bekerja optimal dalam menjaga kaca mobil selalu bersih.

    Nah, itulah tadi ulasan mengenai cara merawat wiper mobil agar kaca selalu bersih. Selalu pastikan kondisi mobil Anda dalam keadaan prima agar nyaman digunakan dan memiliki harga jual yang stabil.

    Kalau urusan menjual mobil, pilih yang pasti aja seperti OLX Autos yang dapat memberikan penawaran terbaik serta pembayaran instan tanpa ribet. 

    Jual mobil dengan mudah, tanpa mengorbankan waktu, tenaga, dan langsung terjual di OLX Autos! Proses jual mobil di OLX sangat mudah, dan kamu bisa langsung mendapatkan pembayaran instan setelah deal. Tanpa biaya tersembunyi alias no hidden fee!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait