Jumat, Juni 21, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriDaftar Rilis Mobil Terbaru di Tahun 2023, Ini Spesifikasi dan Harganya

    Daftar Rilis Mobil Terbaru di Tahun 2023, Ini Spesifikasi dan Harganya

    Pada tahun 2023, pasar otomotif Tanah Air kedatangan mobil terbaru dari beberapa pabrikan otomotif dunia. Banyak dari para Agen Pemegang Merek (APM) menghadirkan berbagai mobil baru yang sejak awal tahun ini mulai dipamerkan.

    Salah satunya ialah dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 yang diselenggarakan pertengahan Februari lalu. Melalui ajang pameran ini para APM juga melakukan seremonial dalam peluncuran mobil baru. 

    Beberapa mobil terbaru yang hadir di tahun 2023 ini beberapa di antaranya diisi dengan mobil ramah lingkungan yaitu dengan mesin hybrid, serta mobil listrik. Bahkan PT Solo Manufaktur Kreasi selaku produsen mobil Esemka mengejutkan gelaran IIMS 2023.

    Pada gelaran tersebut, Esemka meluncurkan mobil listrik untuk segmen mobil komersial. Mobil ini adalah mobil Esemka Bima EV yang masih berstatus prototipe.

    Baca juga: 6 Rekomendasi Mobil Besar yang Nyaman untuk Keluarga

    Lebih lengkapnya mari simak ulasan mengenai daftar rilis mobil terbaru di tahun 2023 di bawah ini:

    Toyota Corolla Cross GR Sport Hybrid

    Toyota Corolla Cross GR Sport Hybrid
    Toyota Corolla Cross GR Sport Hybrid (Toyota)

    Sejak bulan Februari 2023, dalam gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku APM Toyota di Indonesia meluncurkan mobil baru. 

    Mobil baru yang dirilis oleh Toyota ini adalah Toyota Corolla Cross GR Sport Hybrid. Sekilas dari penampilannya ini sudah sangat jauh berbeda dengan generasi sebelumnya.

    Pada tampilan luar, Corolla Cross GR Sport Hybrid dibekali bumper, gril dan pelek 18 inci terbaru. Sedangkan interior diberi tambahan logo GR di beberapa bagian, kemudian ditambah Toyota Safety Sense (TSS).

    Selain itu mobil ini dibekali dengan mesin bensin berkode 2ZR-FXE dengan kapasitas 1.798 cc, 4 silinder, DOHC, berteknologi VVT-i. Tenaga yang dihasilkan 96 hp dan torsi puncak 142 Nm.

    Mesin tersebut dipadukan dengan motor listrik yang menghasilkan tenaga sebesar 71 hp dan torsi 162 Nm.

    Harga Toyota Corolla Cross GR Sport Hybrid

    Untuk harga dari mobil hybrid dari Toyota Corolla Cross GR Sport Hybrid ini adalah Rp602,1 juta.

    Esemka Bima EV

    Esemka Bima EV
    Esemka Bima EV (Wikipedia)

    Produsen dari mobil merek Esemka, PT Solo Manufaktur Kreasi mengikuti gelaran IIMS 2023. Baru kali ini merek mobil lokal itu ikut pameran berskala internasional.

    Hadirnya Esemka pada gelaran tersebut ternyata tidak hanya memajang mobil buatannya. Namun turut meluncurkan produk baru yaitu mobil listrik untuk segmen mobil komersial. Mobil listrik yang diluncurkan ini adalah Esemka Bima EV.

    Mobil ini masih berstatus prototipe, terlihat dari penampilannya mobil ini memiliki kabin yang luas dan panjang. Memiliki sliding door mobil ini terlihat nyaman bila digunakan sebagai mobil travel.

    Esemka Bima EV memiliki panjang 4.495 mm, lebar 1.680 mm, tinggi 1.990 mm, dan jarak sumbu roda 2.925 mm. Dibekali dengan motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor berkode TM4018 yang dapat menghasilkan tenaga 75 kW dan torsi puncak 165 Nm.

    Sedangkan sumber energi penggeraknya menggunakan baterai Terany Lithium berkapasitas 49,1 kWh dengan 350,4 V. Fitur-fitur standar pada Bima EV, antara lain AC, sistem pengereman ABS+EBD, Hill Start Assist Control, dan digital panel instrumen.

    Harga Esemka Bima EV

    Meski masih menjadi mobil prototipe, harga dari mobil Esemka Bima EV ini sudah dirilis. Selain itu terdapat dua varian pada mobil ini yaitu untuk penumpang dan barang.

    • Bima EV Passenger Van Rp540 juta
    • Bima EV Cargo Van Rp530 juta.

    Baca juga: 5 Mobil Listrik Toyota Terbaru, Desainnya Futuristik dan Berkelas

    Wuling Alvez

    Wuling Alves
    Wuling Alves (Wikipedia)

    Merek mobil asal China, Wuling Motors juga meluncurkan mobil baru pada tahun 2023 ini. Mobil baru yang diluncurkan oleh Wuling ini memiliki nama Wuling Alvez.

    Wuling Alvez memiliki dimensi panjang 4.350 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.610 mm, dan jarak sumbu roda 2.550 mm. Mobil ini terdapat tiga varian yang nanti akan membedakan dari segi fitur dan harganya.

    Mobil ini dibekali dengan mesin bensin, 4 silinder segaris, DVVT, DOHC berkapasitas 1.485 cc. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga 105 hp pada putaran 5.800 rpm dan torsi 143 Nm pada rentang putaran 4.000-4.600 rpm.

    Ada pilihan untuk transmisinya, yaitu manual 6-percepatan atau otomatis dengan CVT. Beberapa fitur keamanan disematkan untuk tipe tertingginya saja seperti Advanced Driver Assistance Systems (ADAS). 

    Adapun fitur standar yang disematkan di Wuling Alvez, antara lain Antilock Braking System (ABS) and Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Emergency Stop Signal (ESS), Dual SRS airbags, Digital AC control, dan 20W USB fast charging.

    Harga Wuling Alvez

    • Alvez SE M/T Rp209 juta
    • Alvez CE CVT Rp255 juta
    • Alvez EX CVT Rp295 juta

    Hyundai Creta Dynamic Black Edition

    Hyundai Creta Black Edition
    Hyundai Creta Black Edition (Hyundai)

    PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) selaku APM Hyundai di Indonesia meluncurkan Creta Dynamic Black Edition di IIMS 2023. Mobil ini merupakan mobil edisi terbatas yang memiliki tampilan serba hitam seperti namanya.

    Creta Dynamic Black Edition dibekali beberapa fitur untuk menunjang kenyamanan dalam berkendara. Selain itu pernak-pernik pada mobil ini juga menggunakan warna hitam. 

    Pada mobil ini menggunakan LED multi focus reflector, dibuat serba hitam. Kemudian ditambahkan LED multi focus reflector, pelek hitam berukuran 17 inci, bumper dan body kit hitam.

    Namun untuk dapur pacunya, mobil ini masih menggunakan spesifikasi mesin seperti sebelumnya dan tidak ada perubahan. Creta Dynamic Black Edition masih mengandalkan mesin bensin Smartstream 1.5L.

    Harga Hyundai Creta Dynamic Black Edition

    • Creta Dynamic Black Edition Rp350 juta.

    Mazda CX-5 dan Mazda6 Anniversary Edition

    Mazda6 Anniversary Edition
    Mazda6 Anniversary Edition (Mazda)

    PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) mendatangkan dua model edisi khusus yakni Mazda CX-5 EMI 6th Anniversary Edition dan Mazda6 20th Anniversary Edition. Kedua mobil tersebut merupakan mobil edisi khusus, atau edisi ulang tahun.

    Mazda CX-5 EMI 6th Anniversary Edition warna tubuh Rhodium White Premium dengan sistem penggerak All Wheel Drive (AWD) dengan teknologi i-Activ. Lalu untuk Mazda6 20th Anniversary Edition hanya mendapat sedikit pembaruan saja.

    Perubahan ini dilakukan pada warna mobil yaitu Artisan Red Premium dan  emboss logo “20th Anniversary” di beberapa sudut mobil. Dari segi spesifikasi lainnya, kedua mobil tersebut tidak memiliki banyak perubahan dengan mobil edisi sebelumnya.

    Harga Mazda CX-5 dan Mazda6 Anniversary Edition

    • Mazda CX-5 EMI 6th Anniversary Edition Rp705,5 juta
    • Mazda6 20th Anniversary Edition Rp706,6 juta.

    Baca juga: SUV Baru Toyota Meluncur, Ini Spesifikasi All New Yaris Cross

    All New Lexus RX

    All New Lexus RX 450h+
    All New Lexus RX 450h+ (Mazda)

    Lexus Indonesia meluncurkan mobil baru yang memiliki nama All New RX. Ada tiga tipe dari All New RX, yaitu  Lexus RX 450h+ Luxury (PHEV), RX 350h Luxury (HEV), dan RX 350 Luxury (gasoline).

    Performa mesin dari setiap mobil ini pun berbeda-beda, All New RX 450h+ Luxury ditenagai mesin 2.5L, 4 silinder Plug-In Hybrid Electric yang mampu menghasilkan daya 304 hp.

    All New RX 350h Luxury punya kesamaan mesin dengan RX PHEV, hanya saja tenaga yang dikeluarkan cuma 247 hp. Sedangkan untuk mesin bensinnya, All New RX 350 Luxury dibekali mesin 2.4L, 4 silinder turbocharged bertenaga tenaga 275 hp.

    Pada semua tipe mobil yang diluncurkan tersebut sudah dibekali dengan 3-LED headlight with Adaptive High-Beam System (AHS), Mark Levinson Sound System 21-speaker, Electric Reclining Rear Seats, Multi-color Ambient Illumination, hingga fitur E-Latch.

    Harga All New Lexus RX

    • All New Lexus RX 450h+ Luxury Rp1,87 miliar
    • All New RX 350h Luxury Rp1,7 miliar
    • All New RX 350 Luxury Rp1,65 miliar

    Nah, itulah ulasan mengenai beberapa mobil yang dirilis pada tahun 2023 yang belakangan ini menarik banyak minat pecinta otomotif Indonesia. Memiliki penampilan baru, beberapa mobil yang dirilis ini tidak memiliki perubahan pada fitur dan spesifikasi mesin dengan edisi sebelumnya.

    Kalau soal menjual mobil, jangan sampai salah pilih untuk membawa mobil Anda ke OLX Autos agar mendapat penawaran terbaik dan pembayaran mudah tanpa ribet.

    Jual mobil dengan mudah, tanpa mengorbankan waktu, tenaga, dan langsung terjual di OLX Autos! Proses jual mobil di OLX sangat mudah, dan kamu bisa langsung mendapatkan pembayaran instan setelah deal. Tanpa biaya tersembunyi alias no hidden fee!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait