Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriDaihatsu Taft 90an, Mobil Tangguh dan Penuh Nostalgia

    Daihatsu Taft 90an, Mobil Tangguh dan Penuh Nostalgia

    Para pecinta off-road tentu tidak asing lagi dengan mobil berbodi kotak yang satu ini. Daihatsu Taft merupakan salah satu mobil populer pada era 90an. Mobil ini terakhir diproduksi pada tahun 2007 silam. Namun demikian, ketangguhannya masih jadi perbincangan banyak orang di era modern ini.

    TAFT merupakan akronim dari Tough Almighty-Four Wheel Touring Vehicle. Sesuai dengan penamaannya, mobil ini memang dirancang untuk bisa melaju tangguh di berbagai medan, sekalipun berat dan terjal. Kunci ketangguhannya ada pada sistem penggerak 4 roda atau dikenal dengan 4×4 4WD.

    Menarik sedikit ke belakang mengenai sejarah mobil ini, Daihatsu pertama kali meluncurkan Taft pada tahun 1974 di Jepang dan mulai masuk ke Indonesia pada 1976. Keluaran pertamanya dijuluki “Taft Kancil” karena bodinya yang berangka kotak dan mungil. Kapasitas mesinnya 958 cc dengan 4 silinder dan transmisi manual 4 percepatan.

    Kemudian pada 1979 masuklah generasi kedua Daihatsu taft dengan desain bodi yang sama, namun mesinnya menggunakan Diesel dengan kapasitas 2.530 cc dipadukan transmisi manual 4 percepatan. Daihatsu Taft keluaran kali ini dijuluki “Taft Kebo” karena mesin yang digunakan sudah diperbarui menjadi lebih besar.

    Kehadirannya selalu diterima baik oleh masyarakat di Tanah Air, pada tahun 1986 Daihatsu akhirnya merilis Taft berkode F70 dengan dua varian, yaitu Short Wheelbase (SWB) dan Long Wheelbase (LWB). Kemudian, pada 1996 lahirlah Daihatsu Taft F73 sebagai pengganti dari model sebelumnya, Taft F70. Daihatsu Taft 1996 atau F73 ini hadir dengan julukan “Taft Independen”.

    Baca juga: Mobil Daihatsu Taft Reborn, Begini Spesifikasi dan Harganya 

    Daihatsu Taft F73 hadir dengan mode penggerak 4×4 dan mesin diesel andalannya. Tak heran, jika mobil ini populer digunakan di medan-medan ekstrem. Nah, berikut ini kami akan memberikan review mengenai Daihatsu Taft 1996 yang masih diminati hingga kini.

    Spesifikasi Daihatsu Taft

    Daihatsu Taft memiliki dimensi 3.761 mm pada panjangnya dengan lebar 1.754 mm dan tinggi 1.840 mm. Jarak poros rodanya cukup tinggi, yaitu 2.210 mm. Dengan dimensi ini, Daihatsu Taft masih tergolong tidak terlalu besar, juga tidak berbodi mini, melainkan pas dan terlihat proporsional.

    Daihatsu Taft menggunakan mesin DL42 yang diklaim lebih halus dengan kapasitas silinder 2.800 cc 4 silinder segaris. Penambahan camshaft oleh timing belt dan tidak lagi menggunakan timing gear merupakan pilihan yang tepat, karena inilah yang membuatnya lebih halus. Sistem transmisi yang digunakan, yaitu 5 tingkat percepatan manual.

    Dengan dapur pacu tersebut, kecepatan maksimumnya hingga 76 HP pada putaran 3.600 Rpm dan torsi maksimum 245 Nm pada 2.200 Rpm. Sayangnya, mesin dengan kapasitas besar ini, tidak terlalu bertenaga saat berakselerasi. Tetapi, mesin DL42 dengan torsi besarnya ini selaras dengan tema off-road yang diusung Daihatsu Taft F73. Tipe bahan bakar yang digunakan adalah Diesel dengan kapasitas tangki hingga 60 liter.

    Interior Daihatsu Taft
    Interior Daihatsu Taft (olxautos.co.id)

    Interior

    Bagi Anda yang mencari mobil berdasarkan interiornya, Daihatsu Taft mungkin tidak bisa dijadikan pilihan utama. Selain karena minimnya fitur yang dihadirkan, kabin mobil ini tidak terasa lega. Namun, jika Anda mencari mobil yang tangguh dengan harga terjangkau, maka Daihatsu Taft adalah pilihan yang sangat tepat.

    Jika dilihat dari interior bagian depannya, mobil ini jelas tidak bisa dibandingkan dengan mobil-mobil masa kini. Panel audionya bisa dikatakan cukup untuk mengusir rasa bosan berkendara, tidak berlebihan. Namun, penataan kabin dan dashboard sangat memanjakan mata. Karena desainnya begitu rapi dan terkesan ‘klasik’. Hal ini tentu sangat wajar, mengingat mobil ini keluaran 90an.

    Pada bagian jok, seluruhnya masih dibalut kain dengan kualitas khusus dan baik. Pindah ke bagian belakang, jok dibuat berhadapan, berbeda dengan jok bagian depan. Tentu pemandangan ini sangat janggal dilihat pada mobil-mobil masa kini. Desain semacam ini tentu semakin menambah kesan klasik Daihatsu Taft.

    Jok belakang Daihatsu Taft
    Jok belakang Daihatsu Taft (olxautos.co.id)

    Baca juga: Daihatsu Rocky Bekas Bertebaran Dimana-Mana, Cek Harganya dari Termurah Sampai Termahal

    Eksterior

    Eksterior Daihatsu Taft
    Eksterior Daihatsu Taft (olxautos.co.id)

    Meski sudah lebih dari seperempat abad usianya, Daihatsu Taft 1996 masih diminati dari sisi eksterior. Mobil satu ini memiliki tampilan yang begitu maskulin dan terlihat kokoh. Sehingga, dari eksteriornya sangat merepresentasikan performanya yang tangguh.

    Review Eksterior depan

    Wajah depan Daihatsu Taft seakan mampu menjadi magnet setiap pasang mata. Grill depan yang berukuran kotak dengan tiga palang minimalis, menjadi ciri khas tersendiri bagi mobil jadul ini. Emblem Daihatsu pada bagian tengahnya menjadi identitas utama bagi mobil ini. Di sisi kanan kiri grill, terdapat lampu yang juga didesain kotak selaras dengan bentuk grill dan bodinya. Desain ‘serba kotak’ pada bagian depan ini membuat kesan tangguh dan berwibawa semakin menonjol.

    Review Eksterior samping

    Mobil ini menerapkan tiga pintu, yaitu dua pintu di samping dan satu pintu di bagian belakang. Pada eranya, bodi mobil semacam ini memang sedang hits, khususnya pada tipe mobil semacam Daihatsu Taft ini. Tampak samping, fender didesain menonjol dan serba kotak pada keempat roda. Tampilan memberi kesan kokoh, sekaligus seirama dengan bagian bodi keseluruhan.

    Review Eksterior belakang

    Menyusuri bagian belakang, Daihatsu Taft 90an ini sangat khas dengan model mobil pada zamannya. Di mana terdapat ban cadangan yang menggantung pada pintu bagian belakang. Ini menjadi salah satu aksesoris yang menarik. Sebab, selain kesan ‘mobil jadul’ yang kuat, esensi maskulin begitu terasa. Di bagian belakang inilah, identitas mobil diperlihatkan kembali, tepatnya pada bagian bawah handle pintu yang terpampang tulisan “TAFT”.

    Baca juga: Mobil SUV Langka dan Legendaris Berstatus Bekas yang Masih Banyak Dicari

    Fitur

    Fitur daihatsu taft
    (olxautos.co.id)

    Membahas perihal fitur, tentu Daihatsu Taft memiliki fitur yang sesuai pada zamannya. Misalnya saja, fitur penyejuk AC yang hanya dibekali dengan kesejukan seadanya dan tidak memiliki pilihan pengaturan selayaknya fitur AC zaman sekarang. Fitur yang ada pada bagian dashboard juga sederhana, tetapi didesain begitu apik, sehingga enak dilihat dan menimbulkan kesan clean.

    Pada Daihatsu Taft 1996 ini, suspensinya sudah mengalami peningkatan, yaitu menggunakan suspensi IFS. Sehingga, tidak lagi keras seperti model-model sebelumnya. Dengan pergantian suspensi ini, mobil sangat nyaman dibawa melintasi medan terjal, bukan hanya di perkotaan.

    Anda yang gemar off-road sangat cocok memiliki mobil ini. Mengapa? Pertama, penggerak pada mobil ini menerapkan sistem penggerak 4×4. Sistem penggerak ini menggunakan keempat rodanya untuk bergerak selaras, sehingga dapat melaju dengan nyaman di berbatu, berlubang, dan terjal sekalipun. Kedua, mobil ini dirancang memiliki ground clearance yang cukup tinggi, sehingga memiliki kapabilitas yang unggul saat melewati jalan-jalan tidak rata di hilir sungai, bahkan aman digunakan di area banjir. 

    Harga Baru dan Bekas

    Jika tertarik untuk memilikinya, Anda bisa mencari Daihatsu Taft bekas berkualitas. Harga pasaran mobil ini rerata dibanderol sekitar Rp 60 jutaan hingga Rp 190 jutaan. Penetapan harga tergantung dari kondisi fisik dan mesin, serta tahun keluarnya.

    Nah, Daihatsu Taft 90an ini bisa dijadikan pertimbangan Anda, bukan? Jika tergiur akan pesonanya, segera dapatkan mobil bekas berkualitas dengan #PilihYangPasti hanya di OLX Autos. Kami jamin, semua mobil yang bisa Anda pilih sudah berkualitas prima dengan garansi, karena telah melalui pemeriksaan detail dari tim ahli kami. Pilih mobil terbaik untuk menunjang kebutuhan harian? Segera kunjungi OLX Autos!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait