Rabu, Juni 19, 2024
Lainnya
    MotorDucati Scrambler Generasi Baru Hadir di Indonesia, Ada Tiga Pilihan Model

    Ducati Scrambler Generasi Baru Hadir di Indonesia, Ada Tiga Pilihan Model

    News.OLX – Siapapun setuju jika Ducati Scrambler bisa disebut sebagai motor ikonik sekaligus legendaris yang didambakan semua orang untuk menjadi tunggangannya. Model serta desainnya tak habis terkikis zaman, selalu membawa rasa percaya diri bagi pemiliknya dari waktu ke waktu.

    Inilah salah satu model tersukses Ducati yang berhasil memenangkan hati lebih dari 100.000 penggemarnya di seluruh dunia.

    Meski demikian bukan berarti Ducati tidak melakukan improvement terhadap model Scrambler, malah kini Ducati Scrambler hadir dengan generasi terbarunya yang lebih kekinian dan memiliki karakter yang semakin kuat.  

    Dengan tema ‘Land of Joy’, the Next-Gen Ducati Scrambler hadir di Indonesia dengan tampilan desain berbeda yang membawa nilai kebebasan, kesenangan, serta wujud ekspresi yang semakin luas dan makin berwarna.

    Hasil racikan ini terwujud dalam tiga model Ducati Scrambler: Icon, Full Throttle dan Nightshift. Masing-masing hadir dengan gaya berbeda, namun tetap menawarkan posisi berkendara yang santai dan bobot yang ringan sesuai ciri khas Scramble yang menawarkan kenikmatan berkendara luar biasa untuk perjalanan perkotaan maupun perjalanan luar kota.

    Tampilan Ikonik Ducati Scramble Generasi Terbaru

    Ducati Scrambler generasi terbaru tetap hadir mempertahankan desain ikoniknya dengan pengembangan elemen khas bergaya kontemporer. 

    Motor ini dibekali DRL (Daytime Running Light) pada bagian depan, sekilas dapat dikenali berkat 4 sektor melingkar yang menjadi trademark Ducati Scrambler, mengecil dan menjadi lebih tajam dengan potongan yang modern dan elegan.

    Lampu depannya sudah full LED, mempertahankan ikon “X”, didesain ulang dan diterapkan pada eksterior untuk gaya yang lebih khas. Begitu juga dengan desain lampu belakang full LED berevolusi dengan mempertahankan bentuk setengah lingkaran klasik dan mudah dikenali. Teknologi lampu LED juga hadir pada bagian sein. 

    Sementara pada bagian tangki berbahan metal sudah didesain ulang dan dilengkapi dengan penutup yang dapat diganti, bersama dengan spatbor dan detail pada lampu depan, memberikan warna baru dan memungkinkan penyesuaian yang mudah, cepat, namun lengkap. 

    Penutup aluminium anodized yang elegan di bawah tangki melengkapi desain bagian depan sepeda motor yang diperbarui.

    Instrument baru dengan cluster TFT warna 4,3 inci dan HMI khusus menjadikan Ducati Scrambler semakin modern, berintegrasi sempurna dengan gaya motor hingga bentuk tampilan informasinya.

    Elemen kunci dari kepribadian Ducati Scrambler, mesin Desmodue dua silinder memiliki penutup kopling dan alternator baru yang menampilkan logo “X”, sedangkan penutup timming belt kini memiliki bentuk yang lebih halus sesuai dengan gaya baru motor tersebut. Bentuk knalpot juga berevolusi, membuat mesin terlihat sepenuhnya.

    Sasis Baru dengan Bobot Lebih Ringan

     Ducati Scrambler generasi terbaru juga mengalami ubahan dari sisi teknis, dimana hal tersebut menjadikan bobotnya lebih ringan 4 kg dibanding generasi sebelumnya. Ini menjadikan Scramble baru jadi lebih mudah dikontrol dan dikendarai.

    Sasis baru juga memberikan kontribusi penting terhadap pengurangan bobot motor secara keseluruhan. Rangka teralis telah diperbarui dan diringankan. Swingarm terbaru kini dipadukan dengan peredam kejut yang diposisikan ulang ke arah bagian tengah motor. Mesinnya juga mengalami beberapa pembaruan yang mengurangi bobotnya. Terakhir, untuk kesan lebih sporty, rangka belakang kini terpisah dari rangka utama.

    Peningkatan berkendara juga datang dari sudut kemudi yang sedikit ditingkatkan sehingga berkontribusi pada kemudahan penggunaan baik dalam bermanuver maupun di lalu lintas kota. Roda berdesain baru mengonfirmasi ukuran masing-masing 18” di depan dan 17” untuk bagian belakang.

    Mesin Desmodue yang selama ini menjadi ciri khas Ducati Scrambler telah dimodernisasi, sehingga bobot lebih ringan sekitar 2,5 kg dibandingkan generasi sebelumnya, dan kini dilengkapi kopling baru delapan cakram dengan tarikan lebih lembut. Koplingnya juga memiliki bentuk yang kompak, hal ini juga membantu mengurangi ruang samping pada penutupnya, sehingga memberikan lebih banyak ruang bagi kaki pengendara.

    Ducati Scrambler baru dilengkapi dengan shift drum yang dipasang pada bantalan, yang memungkinkan perpindahan gigi lebih mulus dan presisi.

    Lebih menyenangkan dan aman dengan diperkenalkannya manajemen throttle Ride by Wire. Solusi ini, membuat respons mesin siap di setiap sudut bukaan throttle, namun tetap progresif dan mudah diatur di semua rpm, di sisi lain memungkinkan penerapan Kontrol Traksi Ducati dengan pilihan tiga Mode Berkendara: Road, Sport dan Wet.

    Mode Wet (basah) dirancang khusus untuk berkendara di permukaan jalan basah, menawarkan respons throttle yang lebih halus dan kalibrasi kontrol traksi yang lebih berorientasi pada stabilitas dan keselamatan. Perlengkapan standar dilengkapi dengan Cornering ABS, yang penting untuk membuat pengendara semakin aman.

    Mesin Desmodue Bertenaga 73 hp

    Ducati Scrambler mengusung mesin L-twin, dua katup, 803 cc berpendingin udara dan oli, dan standar EURO 5. Serta dilengkapi dengan kontrol throttle Ride-by-Wire, untuk menghasilkan akselerasi yang mulus pada kecepatan berapa pun.

    Mesin Scrambler Desmodue memiliki penutup kopling dan alternator berbahan aluminium. Penutup timming belt berbahan plastik memungkinkan pengurangan berat sekitar 400 gram.

    Penerapan sistem Ride-by-Wire juga memungkinkan untuk menentukan tiga Mode Berkendara, Road, Sport dan Wet, untuk menyesuaikan penyaluran tenaga sesuai konteks, dan untuk melengkapi Scrambler® dengan kontrol traksi yang dapat disesuaikan pada 4 tingkat intervensi dan yang mana dapat dinonaktifkan.

    Mesin Scrambler® Desmodue berintegrasi sempurna dengan tangki bahan bakar berbahan metal yang memiliki ciri khas bentuk tetesan air mata dan telah dilengkapi dengan throttle body berdiameter 50 mm yang dikontrol secara elektronik, untuk memastikan kelancaran pengiriman di segala kondisi.

    Kopling basah dengan delapan cakram baru, berasal dari Monster memiliki kontrol hidraulik dan menjamin beban kopling yang sangat ringan serta modulasi yang sangat baik: sangat membantu dalam mengatur pemberhentian dan start yang konstan dalam lalu lintas kota. Desmodue generasi ini juga dilengkapi dengan shift drum yang dipasang pada bantalan untuk menjadikan perpindahan gigi lebih presisi dan mulus. Gearbox enam kecepatan kini dapat dilengkapi dengan quickshifter, ditawarkan sebagai opsi pada Icon dan sebagai gantinya disertakan dalam perlengkapan standar pada Full Throttle dan Nightshift.

    Desmodue silinder ganda Scrambler®, dirancang untuk mengutamakan kelancaran dan akselerasi mulus di semua putaran, memiliki keluaran tenaga sebesar 73 hp pada 8.250 rpm dan torsi 65,2 Nm pada 7.000 rpm.

    Tiga Model Generasi Baru Ducati Scrambler

    Ducati Scrambler Icon

    Ducati Scrambler

    Versi Icon mewakili keunggulan Ducati Scrambler. Tangki baru menjadi elemen yang membentuk konsep kustomisasi Ducati Scrambler Icon baru. Dimana bagian berwarna tersebut merupakan penutup yang bisa diganti, seperti spatbor, label berwarna pada velg, dan penutup kecil lampu depan.

    Tampilan Ducati Scrambler mampu beradaptasi dengan segala selera dengan sangat mudah. Faktanya, tiga warna standar (’62 Kuning, Thrilling Black dan Ducati Red) digabungkan dengan enam warna lainnya, tersedia sebagai perlengkapan aksesori, untuk mendandani Ducati Scrambler Icon dalam sembilan corak berbeda. Warna yang tersedia termasuk Rio Celeste, yang mewakili salah satu warna paling terang dan paling hidup dalam skala warna Ducati Scrambler. Atau Jade Green yang terinspirasi dari batu giok dan dibedakan dengan kilau lembutnya, atau Velvet Red.

    Ducati Scrambler Icon memiliki fitur stang yang direvisi menjadi lebih rendah dan dekat dengan pengendara, sehingga memungkinkan kontrol lebih besar terhadap sepeda motor. Joknya didesain ulang, dengan bentuk yang lebih meruncing dan ramping. Melengkapi desain Icon generasi baru ini adalah panel samping bawah jok berwarna hitam dengan grafis Ducati Scrambler.

    Ducati Scrambler Full Throttle

    Ducati Scrambler

    Ducati Scrambler Full Throttle adalah model paling sporty yang terinspirasi dari US flat track competitions di lintasan tanah oval. Pelat nomor samping memuat nomor 62 (1962 adalah tahun debut Scrambler Ducati pertama) dengan gaya Tracker yang sempurna bersamaan dengan penggunaan pelindung bagian bawah mesin, mendefinisikan estetika yang semakin keren bagi mereka yang tidak ingin luput dari perhatian.

    Karakter sporty Full Throttle ditonjolkan oleh sarung jok berpenampilan sporty, livery khusus dalam GP19 Red/Dark Stealth, dan lapisan hitam pada pelindung knalpot dan penutup samping depan. Spatbor depan yang lebih pendek, ekor tanpa spatbor belakang, warna merah pada velg, knalpot Termignoni yang legal di jalanan, lampu sein LED Ducati Performance*, dan Quick Shift atas/bawah standar melengkapi paket ini.

    Juga tersedia sebagai aksesori adalah sarung jok Rosso GP19, yang memberikan tampilan jok tunggal yang sporty pada motor ini. Bahkan posisi berkendara juga lebih sporty dibandingkan versi Icon.

    Ducati Scrambler Nightshift

    Ducati Scrambler

    Yang paling elegan di antara jajaran Ducati Scrambler 2023 adalah Nightshift, yang dibedakan dengan detail yang lebih klasik dan halus, seperti sadel, bergaya Café Racer, dijahit dan dalam warna kulit gelap, atau pergantian permukaan glossy dan matte.

    Ducati Scrambler Nightshift, seperti Full Throttle, dilengkapi aksen nomor di samping, spatbor depan minimalis, tanpa spatbor belakang, finishing hitam untuk detail estetika aluminium, serta lampu sein LED yang ringkas.

    Pewarnaan Nebula Blue dan velg berjari-jari, kini serba hitam, menjadikan Nightshift tampil sangat canggih, yang dilengkapi – seperti pada model generasi sebelumnya dengan setang datar dan kaca spion, juga dalam gaya café racer.

    Ketiga model dari Ducati Scrambler generasi terbaru ini semuanya sudah bisa dipesan oleh konsumen serta pecinta Ducati Scrambler di Indonesia.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait