Rabu, Mei 29, 2024
Lainnya
    InformasiEmisi Adalah Sumber Pencemaran, Ini Penyebabnya

    Emisi Adalah Sumber Pencemaran, Ini Penyebabnya

    Emisi adalah sumber pencemaran, yuk cek berbagai penyebab dan solusi mengatasinya!

    News.OLX – Salah satu permasalahan lingkungan yang masih cukup besar di Indonesia ataupun global adalah emisi. Emisi adalah isu yang cukup penting, maka kamu sebaiknya tahu sedikit informasi mengenai fenomena ini.

    Nah, dalam artikel ini kita akan membahas beberapa konsep dasar mengenai emisi, seperti pengertian, penyebab, serta solusinya. Yuk, cek penjelasan lengkapnya!

    Definisi Emisi

    Emisi adalah sebuah proses pengeluaran partikel, energi, zat, serta cairan menuju lingkungan. Dalam tahapan tersebut, semua unsur dilepas dari sumber, lalu meluncur menuju air, atmosfer, hingga tanah.

    Sumber emisi banyak sekali, mulai dari proses alamiah dan karena perilaku atau kegiatan manusia.

    Meskipun hal ini termasuk lumrah dan biasa terjadi, namun jika berlangsung dengan jumlah banyak dan terus-terusan, maka lingkungan dan manusia di sekitarnya pun akan mendapatkan efek negatifnya.

    Efek negatif terhadap lingkungan ini, berkaitan dengan semakin banyaknya pelepas zat buruk atau polutan ke air, atmosfer, dan tanah.

    Sejumlah sampel emisi adalah asap pabrik, gas pembuangan motor atau mobil, gas rumah kaca, limbah cair, serta berbagai sampel lainnya.

    Penyebab Terjadinya Emisi

    Ada dua sebab umum yang dapat berpotensi sebagai penyebab terjadinya emisi adalah:

    1. Emisi Alami

    Emisi alami merupakan fenomena alami yang berlangsung pada suatu lingkungan serta tidak dapat dikontrol oleh manusia, seperti:

    a. Proses Alamiah

    Tahapan alami  ini mampu mengeluarkan emisi alamiah adalah emisi gas lautan bebas dan debu yang muncul dari gurun pasir

    b. Proses Biologis

    Proses atau penyebab kedua ini berkaitan dengan perilaku alam yang biologis, Contoh simpelnya adalah pembusukan organik pada tanaman, hewan, hingga manusia. Di mana proses tersebut memproduksi emisi dalam wujud gas, misalnya amonia dan metana.

    c. Proses Geologi

    Faktor utamanya adalah kegiatan geologi pada alam, misalnya pada gunung meletus. Dari letusan gunung tersebut akan terlepas sejumlah gas, seperti karbon dioksida dan sulfur menuju atmosfer.

    2.  Emisi Akibat Perilaku Manusia

    Dibandingkan proses alami, penyebab emisi yang sumber utamanya manusia, kuantitasnya memang lebih banyak lagi, seperti:

    a. Penumpukan Sampah

    Berbagai tumpukan sampah, khususnya anorganik dapat menjadi pemasok emisi terbesar, apalagi mengingat emisi ini berlangsung setiap hari oleh jutaan manusia.

    Dari banyaknya jenis sampah, material plastik menjadi salah satu paling berbahaya, karena susah terurai dan penggunaannya lumayan masif.

    b. Penebangan Hutan

    Penebangan hutan secara besar dapat membuat “benteng” penghasil oksigen sekaligus untuk menyerap karbon dioksida menurun drastis. Hal ini kemudian memunculkan fenomena emisi gas rumah kaca serta berkurangnya pasokan air tanah.

    c. Konsumsi Bahan Bakar Fosil

    Bensin, solar, dan bahan bakar lainnya yang bersumber dari fosil dapat mengeluarkan karbon dioksida dan gas berbahaya lainnya. Perpaduan semuanya ini akan mengakibatkan pemanasan global, lalu merusak lapisan ozon dalam jangka waktu panjang.

    d. Pemakaian Pupuk Kimia

    Saat ini memang banyak orang memilih pupuk kimia untuk membuat tanaman lebih cepat subur dan menghasilkan. Namun, jika jumlahnya berlebihan, maka berbagai zat kimia yang digunakan pada pupuk bisa menjadi perusak lapisan ozon bumi.

    Agar emisi dan penyebabnya bisa dikurangi demi lingkungan yang lebih baik, maka berbagai tindakan harus diambil. Beberapa di antaranya adalah memakai sumber energi terbarukan, hemat listrik, memakai  pupuk organik, mengolah limbah, dan menjalankan usaha dengan standar ISO 14065.

    Sesudah tahu bahwa emisi adalah fenomena berbahaya berbagai informasi lainnya, pastikan kamu singgah ke OLX untuk cek berbagai barang dan kendaraan bekas. Untuk akses lebih mudah, unduh aplikasi OLX melalui  Google Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait