Jumat, Mei 31, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriCompact dan Irit, Ini Review Toyota Etios Valco

    Compact dan Irit, Ini Review Toyota Etios Valco

    Toyota Etios Valco cocok buat kamu yang punya jiwa satset!

    News.OLX – Toyota Etios Valco adalah salah satu varian hatchback dari Toyota Etios yang pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2013. Mobil ini dirancang sebagai salah satu opsi terjangkau dalam segmen kendaraan keluarga kompak. 

    Nama Etios ternyata memiliki latar belakang yang menarik, berasal dari bahasa Yunani, yaitu “Ethos” yang bermakna semangat, karakter, dan ideal. 

    Sedangkan, penamaan “Valco” berasal dari kata “Falcon” yang memiliki arti Elang dalam bahasa Italia yang bermakna  ketangguhan, petualangan, dan jiwa penjelajah.

    Penamaan ini tidak terjadi begitu saja. Dengan menggabungkan “Ethos” dan “Falcon” menjadi “Etios Valco,” Toyota menggambarkan karakteristik mobil ini sebagai city car yang siap menjelajah dan memiliki nilai-nilai fungsional yang kuat.

    Baca juga: Aki Motor Sering Tekor, Apa Sih Penyebabnya?

    Di pasaran Toyota Etios Valco posisinya berada di antara mobil dengan model-model Low Cost Green Car (LCGC) seperti Toyota Agya misalnya yang berada di bawah Etios Valco dan Toyota Yaris yang secara kelas berada di atas Etios Valco.

    Tapi sayangnya, meski berada di antara kedua pasar mobil tersebut Etios valco nyatanya juga kurang digemari saat itu, hingga model ini harus dihentikan produksinya sejak tahun 2017.

    Punya 3 varian

    Di pasaran saat itu Toyota Etios Valco dihadirkan dalam tiga varian, yaitu tipe J, E, dan G. Pada saat itu Etios Valco sudah dibekali dengan beberapa fitur modern yang patut diperhitungkan. 

    Fitur-fitur tersebut antara lain AC, SRS airbag, steel wheel 14 inch, cooler box, front seatbelt dengan pretensioner dan force limiter, seat belt warning, adjustable front headrest, lampu depan halogen, lampu sein/belok di fender, sun visor plus cermin, 7 cup holder, serta tempat untuk koin dan kartu.

    Baca juga: Dampak Buruk Jika Mobil Kekurangan atau Kelebihan Oli

    Versi G dari Etios Valco memiliki fitur paling lengkap, termasuk teknologi rem ABS dan EBD yang meningkatkan keamanan. 

    Fitur lain yang dihadirkan adalah lampu kabut, spion elektrik, kemudi berlapis kulit, tombol di kemudi, audio 2DIN seperti tipe E dengan tampilan yang lebih modern, dan ornamen krom yang menambah kesan mewah.

    Perihal performa, mesin Etios Valco terbilang bertenaga dan tangguh. Ditenagai oleh mesin 1.197cc, 3 NR-FE, 4 silinder, 16 valve DOHC, mobil ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 80 hp pada 5.600 rpm, serta torsi 10.6 kgm pada 3.100 rpm.

    Toyota CHR Hybrid (1)

    Mobil bekas Toyota Etios Valco

    Bagi kamu yang tertarik untuk membeli Etios Valco bekas, di pasaran, mobil bekas Etios Valco keluaran pertama pada tahun 2013 dibanderol dalam kisaran harga Rp 60 hingga 70 jutaan. 

    Sementara itu, harga baru saat pertama kali diluncurkan berkisar antara Rp 175 jutaan. Hal menarik adalah, meskipun sudah berusia sekitar 10 tahunan, harga mobil ini masih cukup stabil di pasar mobil bekas.

    Meskipun Etios Valco tidak mendapatkan respon pasar yang sesuai harapan, mobil ini tetap menjadi salah satu opsi menarik bagi mereka yang mencari kendaraan kompak dengan harga terjangkau, efisiensi bahan bakar, dan performa yang memadai.

    Cari mobil bekas impian lainnya di OLX, download aplikasinya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait