Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    Tips & TrikFuel Pump Motor Bermasalah, Kenali Ciri-Cirinya dan Segera Cari Solusinya

    Fuel Pump Motor Bermasalah, Kenali Ciri-Cirinya dan Segera Cari Solusinya

    Fuel pump bermasalah harus segera diatasi!

    News.OLX – Fuel pump atau yang dikenal dengan pompa bahan bakar adalah komponen yang mendistribusikan bensin sesuai dengan porsinya ke injektor. Selain itu fuel pump juga berfungsi untuk menjaga tekanan dari bensin agar tetap tinggi.

    Fuel pump juga bisa melemah dan bermasalah sehingga menyebabkan tekanan bensin menjadi lemah. Akhirnya bensin tidak bisa terdistribusi secara maksimal dan pembakaran tidak bisa optimal sehingga mempengaruhi kinerja motor itu sendiri.

    Oleh karena itu, kenali ciri-ciri fuel pump motor yang bermasalah

    1. Fuel pump bermasalah, motor susah untuk dinyalakan

    Jika kamu menemui motor yang susah dinyalakan, bisa jadi fuel pump tidak bekerja secara semestinya hingga kamu harus memencet starter berkali – kali.

    Baca juga: Lampu Motor Tiba-tiba Redup, Apa Penyebabnya?

    Karena, jika kondisi normal injeksi akan langsung nyala ketika starternya ditekan. Hal ini didukung oleh fuel pump yang memompa bensin secara otomatis saat kontak motor menyala. 

    2. Suara motor menjadi pelan

    Saat menyalakan motor, suara yang dikeluarkan pasti terasa kencang dan enak didengar. Tetapi jika saat menyalakan motor suara dengungan yang dikeluarkan terasa pelan atau lemah, ini salah satunya juga ciri dari fuel pump yang bermasalah.

    fuel pump

    3. Lampu indikator berkedip tanda fuel pump bermasalah

    Pertanda yang paling jelas adalah adanya kedipan pada check engine lamp yang ada di speedometer. Sudah jelas kalau ada masalah yang terjadi pada motormu jika check engine lamp berkedip.

    4. Motor tiba-tiba mogok

    Fuel pump yang rusak juga dapat menyebabkan kendaraan mogok secara tiba-tiba. Ciri ini terbilang cukup sering ditemui karena biasanya motor mogok bisa disebabkan oleh beberapa hal dan salah satunya adalah melemahnya kinerja fuel pump.

    5. Menurunnya performa pada motor

    Fuel pump yang rusak seringkali mengalami kerusakan secara bertahap. Awalnya, Anda mungkin hanya mengalami beberapa gejala yang ringan, seperti kendaraan sulit menyala, atau sedikit kehilangan daya. 

    Baca juga: Jangan Coba-Coba Pakai Oli Mobil untuk Motor, Ini Akibatnya!

    Seiring dengan waktu, jika kerusakan fuel pump terus dibiarkan, keadaannya akan semakin memburuk hingga membuat tarikan gas menjadi slip atau sulit ditarik.

    Hal ini disebabkan karena mesin mengalami fluktuasi dalam respons terhadap peningkatan atau penurunan tekanan gas, sehingga akan mempengaruhi kestabilan gas motor kamu.

    6. Menurunnya Kecepatan

    Fuel pump motor yang mulai melemah juga bisa dirasakan dari tingkat akselerasi motor yang semakin menurun. Fuel pump yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan penurunan pasokan bahan bakar yang diperlukan untuk menjaga mesin berjalan dengan optimal. 

    Jika fuel pump tidak dapat menyediakan jumlah bahan bakar yang cukup ke sistem injeksi, mesin akan kesulitan untuk mempertahankan kecepatan normal. Sehingga saat sudah menarik gas, kecepatan motor terasa masih lambat atau tidak normal seperti biasanya.

    Jika kamu menemukan salah satu dari ciri-ciri diatas, sebaiknya motor kamu segera dibawa ke bengkel atau teknisi terdekat agar kerusakan fuel pump tidak mempengaruhi kinerja dari komponen-komponen di sekitarnya.

    Cari motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait