Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    LainnyaMasih Bingung Cara Pakai Kunci Ring? Begini Seharusnya!

    Masih Bingung Cara Pakai Kunci Ring? Begini Seharusnya!

    JAKARTA – Sebagai pemilik kendaraan, kita wajib mengetahui beberapa alat standar bengkel, salah satunya adalah kunci ring. Kunci ring atau close-end wrench merupakan alat yang digunakan untuk memperbaiki atau mengecek kondisi komponen di kendaraan, baik mobil ataupun motor.

    Alat ini berbentuk heksagonal di kedua sisinya. Melihat dari bentuknya, kunci ring biasa digunakan untuk menutup bagian luar dari baut dan mur yang ingin kita buka, kencangkan, atau pasang. Umumnya, ukuran metrik untuk kombinasi kunci ring dimulai dari 6, 7, 8, 9, dan seterusnya. Sudut pemutarannya terbagi tiga, yaitu 15 derajat, 30 derajat, dan 45 derajat.

    Baca juga: Panduan Cara Membaca Ukuran Baut Semua Jenis dengan Mudah

    Fungsi Kunci Ring

    Kunci ring memiliki fungsi utama untuk mengencangkan dan mengendurkan baut yang berada di dalam kendaraan. Namun, mur atau baut yang bisa dikencangkan atau dikendorkan harus berbentuk segi enam atau heksagonal.

    Sebagian besar pemilik kendaraan menggunakan kunci ring dibanding kunci lain, karena kunci ini dianggap lebih aman digunakan untuk torsi yang besar. Hal ini dikarenakan kunci ring menutup semua bagian luar dari baut dan mur yang ingin dikencangkan atau dikendorkan.

    Akan tetap, kunci ring memerlukan ruang yang cukup luas untuk digunakan. Ini adalah salah satu kelemahan dari kunci ring. Ruang ini penting agar kita dapat menempatkan kunci ring ke baut atau mur.

    Baca juga: Mengenal Kampas Rem Mobil, Fungsi, Penyebab Cepat Habis dan Cara Menggantinya

    Cara Menggunakan Kunci Ring

    Menggunakan kunci ring cukup mudah untuk setiap pemilik kendaraan, kita hanya perlu menyesuaikan ring dengan bentuk dan ukuran baut atau mur saja. Ingat, jangan sampai salam melihat bentuk dan ukurannya, hal ini akan menyebabkan kunci ring rusak saat digunakan dengan paksa.

    Setelah pas, kita bisa langsung posisikan kunci secara benar dan lurus dengan kepala baut atau mur yang ingin dikencangkan atau dikendorkan. Penting untuk tidak memasang kunci ring dalam posisi miring karena bisa merusakan kepala baut dan mur.

    Kita juga perlu memperhatikan cara memegang kunci ring, pastikan posisinya berupa tarikan dalam posisi yang pas. Tidak disarankan untuk menggunakan alat tersebut dalam gerakan mendorong karena jika tidak hati-hati kita bisa terluka karenanya atau terjadi kerusakan pada komponen.

    Hal lain yang perlu diperhatikan adalah hindari untuk menggunakan kunci dengan cara menyambungnya. Hal ini bisa membuat alat tersebut tidak bisa bekerja secara optimal bahkan cepat rusak karena kurang sesuai dengan teknis penggunaannya.

    Baca juga: Kupas Tuntas Blower AC Mobil: Fungsi, Cara Kerja, dan Cara Merawatnya

    Cara Merawat Kunci Ring

    Sebagai komponen yang sangat penting untuk kita bisa memperbaiki kendaraan secara mandiri, tentu saja menjadi krusial untuk merawat kunci ring. Perawatan yang tepat akan membuat kunci ring dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Terdapat 3 hal bisa kita lakukan untuk merawat kunci ring, yaitu:

    Menggunakan Sesuai Fungsi

    Hal ini sangat penting dan krusial. Gunakan kunci ring sesuai dengan ukuran mur atau kepala baut. Jangan menggunakan kunci ring yang sudah retak atau aus. Hal ini bisa diketahui dengan melihat gerigi yang dalamnya membundar. Kunci ring seperti ini akan mudah untuk merusak baut dan mur.

    Membersihkan Setelah Digunakan

    Selalu bersihkan kunci setelah digunakan. Kunci yang kotor akan mudah menimbulkan karat. Untuk membersihkannya dapat menggunakan kain bersih yang dicelupkan ke sedikit minyak pelumas.

    Gunanya untuk menghilangkan karat pada kunci ring. Setelah dibersihkan kembalikan kunci ke tempat semula. Tempatkan pada wadahnya sehingga terhindar dari benturan benda lain.

    Perhatikan Lokasi Penyimpanan

    Jangan pernah menyimpan kunci ring di tempat yang lembab. Taruh kunci ring di ruangan yang sejuk agar terhindar dari jamur. Kunci yang berjamur akan cepat berkarat dan mudah rusak.

    Baca juga: 6 Jenis Aki Mobil dan Fungsinya yang Perlu Kalian Pahami

    Perbedaan Kunci Pas dan Ring

    Hal terakhir yang perlu kita ketahui adalah perbedaan antara kunci ring dan kunci pas agar tidak salah ketika menggunakannya. Terdapat beberapa perbedaan penting yang perlu kita tahu, yaitu:

    Kunci Pas memiliki bentuk melebar untuk mencakup sebagian kepala baut atau mur. Kelebihan dari kunci pas adalah bisa digunakan untuk melepas dan memasang lebih dari satu bentuk baut karena desainnya yang terbuka. 

    Model rahang kunci pas yang terbuka bisa digunakan secara bolak balik, sehingga bisa menjangkau area lain dari baut. Kita bisa memanfaatkan alat ini untuk mengendurkan pipa bahan bakar agar tidak ada komponen lain yang ikut berputar.

    Sementara itu, kunci ring didesain untuk melepas dan mengencangkan kepala baut dengan memberikan momen tambahan lebih besar. Hal ini karena lengan dari alat tersebut lebih panjang, sehingga bisa lebih optimal untuk mengencangkan.

    Pada kunci ring yang didesain ganda, kita bisa menggunakannya pada kepala baut berbentuk lingkaran dan hexagonal. Alat ini cocok digunakan apabila kita ingin bekerja di ruang yang sempit dan terbatas, sebab bagian dinding ring terbilang cukup tipis.

    Kunci ring bisa menutup seluruh bagian luar dari baut dan mur yang akan dipasang atau dibuka. Hal ini tentu menjadi kelebihan tersendiri, karena bisa meminimalisir terjadinya kerusakan. Alat ini juga bisa menjangkau tempat yang cekung karena didesain dengan bentuk melengkung.

    Mengetahui fungsi dan cara kerja kunci ring akan membuat kita lebih dapat memanfaatkannya, terutama untuk merawat mobil yang kita gunakan sehari-hari. Merawat mobil penting agar kondisinya tetap terjaga kesehatan dan kualitasnya.

    Selain itu, jika suatu saat ingin menjualnya, harga mobil kita akan tetap tinggi. Jika ingin menjual mobil dengan nyaman dan aman, serta mendapat untung yang pasti, maka juallah di OLX Autos. Hindari proses jual mobil yang ribet dan #PilihYangPasti. Kita bisa dapatkan pembayaran instan dan tanpa hidden fee!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait