Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriMemahami Fungsi Filter AC Mobil, Cara Membersihkan dan Waktu yang Tepat untuk...

    Memahami Fungsi Filter AC Mobil, Cara Membersihkan dan Waktu yang Tepat untuk Menggantinya

    Pernahkah Anda membayangkan mengendarai mobil di jalan yang padat tanpa menggunakan AC? Jika iya, pasti rasanya tidak menyenangkan. AC adalah elemen pada mobil yang sangat penting untuk kenyamanan Anda dalam berkendara.

    Peranti AC untuk mendinginkan kabin mobil sangat tergantung pada sirkulasi udara yang didapatkan. Sirkulasi udara yang baik dan bersih akan berpengaruh pada hembusan AC, dan ini sangat bergantung pada kerja filter AC mobil.

    Sayangnya, para pemilik mobil sering luput untuk memperhatikan kondisi filter AC. Hal ini dikarenakan AC mobil selama ini bekerja dengan baik dan tanpa masalah, sehingga abai terhadap kebersihan filternya. Apalagi saat melakukan servis rutin, komponen ini juga jarang diperhatikan montir.

    Baca juga: Mengenal AC Mobil: Komponen, Fungsi Beserta Cara Kerjanya

    Fungsi Filter AC Mobil

    Filter AC merupakan piranti yang umumnya terletak di bagian dashboard mobil. Meskipun vital, sayang bagian ini tidak terlihat secara langsung dari luar sehingga jarang diperhatikan. Filter AC mobil terdapat di bagian dalam dashboard, tepat di belakang rangkaian lubang udara dari AC.

    Filter AC adalah piranti yang sangat penting pada AC mobil. Nah, sayangnya tidak semua mobil langsung terpasang filter AC, ada juga yang tidak. Umumnya di mobil keluaran terbaru sudah disediakan slot untuk memasang filter AC. Sehingga Anda tinggal membeli dan memasang sendiri jika mobil belum memiliki filter AC.

    Fungsi dari filter AC adalah menyaring udara supaya yang masuk ke evaporator AC mobil adalah udara yang bersih. Filter AC bertugas untuk mencegah debu, bakteri dan partikel kecil lain masuk ke evaporator. Hal ini akan meminimalisir efek buruk hembusan AC bagi orang-orang yang alergi terhadap debu dan partikel kecil lain.

    Jika tidak ada filter AC, bagian dalam mobil pasti akan menjadi kotor dan berbau tidak sedap pada kabin mobil. Hal yang penting juga untuk diperhatikan adalah bahan filter AC, gunakanlah filter AC berbahan karbon supaya bisa membunuh virus dan bakteri agar kabin mobil tidak menjadi sarang penyakit dan berbau tidak sedap.

    Selain itu, filter yang penuh kotoran atau rusak juga akan mengakibatkan angin dari blower terhambat sehingga kabin mobil tidak terasa sejuk. Lebih parah lagi, hal tersebut akan menyebabkan kerusakan pada evaporator.

    Baca juga: 11 Alasan Kenapa AC Mobil Juga Harus Servis Rutin

    Cara Membersihkan Filter AC

    Setelah mengetahui betapa pentingnya fungsi filter AC, selanjutnya Anda juga perlu mengetahui cara membersihkannya. Membersihkan filter AC tidaklah sulit, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa harus membawa mobil ke bengkel. Meskipun begitu, filter AC tetap perlu diganti secara berkala, umumnya setiap enam bulan sekali.

    Terdapat beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membersihkan filter AC, yaitu:

    1. Membuka Laci Dashboard

    Ini adalah langkah pertama yang harus dilakukan. Anda bisa membuka laci dashboard mobil dengan menarik laci ke atas dari sisi sebelah kiri. Selanjutnya, lakukan juga pada sisi kiri sampai laci dashboard terlepas dengan sempurna. Ingat, lakukan hal tersebut dengan perlahan dan hati-hati, ya.

    2. Cek Kompartment Filter AC

    Setelah berhasil membuka laci dashboard, setelahnya Anda harus mengecek kompartemen filter dan blower yang letaknya bertumpuk. Umumnya filter AC berada atas blower.

    3. Lepaskan Filter AC

    Anda bisa melepaskan filter AC dengan membuka sistem pengunci pada sisi boksnya. Sebelum melakukan hal ini, ada baiknya mengetahui bentuk filter AC supaya tidak salah ketika mengambilnya. Lakukanlah dengan perlahan saat melepas filter kabin AC, karena kemungkinan banyak debu yang menempel. 

    4. Membersihkan Filter AC

    Membersihkan filter AC tidak memerlukan keterampilan khusus. Anda hanya perlu mengetik filter sampai seluruh debu jatuh dan tidak lagi menempel. Gunakanlah kompresor atau vacuum cleaner agar debu bisa hilang dari bawah filter.

    Satu hal yang penting untuk diingat, jangan pernah merendam atau mencuci filter AC menggunakan air dan sabun. Hal ini akan mengakibatkan bulu halus pada bagian filter hilang dan membuatnya tidak dapat lagi bekerja dengan maksimal.

    5. Letakkan Filter AC ke Tempat Semula

    Setelah filter AC mobil dibersihkan, selanjutnya adalah memasang filter ke posisi semula. Anda bisa juga menambahkan pewangi supaya udara di dalam mobil menjadi lebih segar.

    Baca juga: 2 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin, Tapi Terkadang Menggigil di Malam Hari

    Waktu Ideal untuk Mengganti Filter AC

    Umumnya, waktu ideal untuk mengganti filter AC adalah enam bulan sekali atau setelah mobil menempuh jarak 10.00 km. Hal ini tidak berbeda dengan anjuran mengganti oli mesin dan filter oli. Kenapa penting untuk mengganti filter AC secara berkala? Agar debu tidak menempel dan menyumbat sehingga AC menjadi tidak dingin dan segar.

    Alangkah baiknya jika Anda mengecek kondisi filter AC setiap tiga bulan sekali. Jika setelah digunakan sejauh 10.000 km filter AC masih bagus, Anda tetap perlu mengeceknya pada saat melakukan servis AC berikutnya.

    Selain itu, filter AC tetap harus diganti jika terdapat tanda-tanda berikut, yaitu:

    Banyak Debu Menempel pada Interior Mobil

    Jika debu menempel pada interior mobil, artinya fungsi filter AC sudah tidak bisa menampung banyak debu dan kotoran lagi di sela-sela filter. Selain itu, Anda juga bisa melihat warna pada filter AC. Umumnya filter AC berwarna putih, jika warnanya berubah menjadi gelap atau hitam kecoklatan, segeralah mengganti filter AC.

    Udara AC Mobil Berbau Tak Sedap

    Hal ini sering terjadi karena filter AC tersumbat akibat banyaknya kotoran dan debu yang menempel di sela-sela filter, sehingga AC sudah tidak bisa menyerap debu atau udara kotor lagi dan menimbulkan banyak bakteri penyebab bau tidak sedap.

    AC Tidak Dingin

    Hal ini biasanya disebabkan oleh kotoran dan debu yang menempel pada filter AC mengganggu flow angin yang dihembuskan AC, sehingga AC yang berfungsi untuk mendinginkan menjadi tidak optimal.

    Nah, setelah menyimak pembahasan mengenai filter AC Mobil, tentu sedikit banyak Anda sudah paham mengenai pentingnya merawat filter AC mobil untuk kenyamanan berkendara. 

    Kalau untuk urusan mobil, jangan lupa untuk membeli mobil bekas di dealer dan showroom terpercaya seperti OLX Autos yang memberikan penawaran terbaik dan garansi pada unit yang Anda beli.

    Dapatkan mobil bekas berkualitas dengan #PilihYangPasti di OLX Autos! Kami menjamin semua mobil yang bisa anda pilih berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari Petugas berpengalaman. Pilih mobil terbaik untuk menunjang semua kebutuhan harian di OLX Autos!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait