Rabu, Juli 24, 2024
Lainnya
    ProdukGoogle Pixel 8 Vs iPhone 15, Mana yang Paling Unggul?

    Google Pixel 8 Vs iPhone 15, Mana yang Paling Unggul?

    Harga beda tipis, mending Google Pixel 8 atau iPhone 15, ya?

    News.OLX – Google Pixel baru-baru ini merilis lini produk gawai terbaru mereka yakni Pixel 8 Pro. Sementara itu, Apple merilis lini produk iPhone terbaru, termasuk iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max.

    Keduanya bersaing sengit. Terlebih kedua smartphone ini memiliki ukuran layar sebanding. Google Pixel 8 Pro dan iPhone 15 Pro Max sama-sama memiliki layar sebesar 6,7 inci.

    Tapi persaingan sengit ini bukan menyoal layar saja. Melainkan juga tentang desain, fitur, dan ragam teknologi lainnya.

    Lantas, seperti apa perbandingan antara Google Pixel 8 Pro dan iPhone 15 Pro Max? Yuk cari tahu mana yang lebih unggul melalui artikel berikut ini.

    Desain dan tampilan fisik

    Keduanya menampilkan desain yang menawan, tetapi dengan gaya yang berbeda. iPhone 15 Pro Max memiliki tepi datar yang terbuat dari titanium dengan bingkai matte, dan Pulau Dinamis Apple di bagian atas layar datarnya memberikan sentuhan interaktif.

    Sementara itu, Google Pixel 8 Pro memiliki desain yang lebih membulat dengan bingkai aluminium yang dipoles, memberikan kenyamanan ekstra dalam pegangan. Pixel 8 Pro juga menonjolkan kamera belakang yang membentang lebar, sedangkan iPhone 15 Pro Max memiliki tiga kamera di sudut kiri atas belakang.

    Meskipun dimensinya hampir sama, iPhone 15 Pro Max sedikit lebih pendek dan lebih gemuk, sementara Pixel 8 Pro lebih tinggi dan sempit. Meskipun iPhone 15 Pro Max beralih dari baja tahan karat ke titanium, Pixel 8 Pro tetap lebih ringan karena menggunakan aluminium.

    Ini menciptakan perbedaan substansial dalam pengalaman pengguna sehari-hari. Pada akhirnya, keunggulannya terkait desain dan bobot akan ditentukan oleh preferensi individu masing-masing.

    Layar, resolusi dan kecerahan

    Layar kedua perangkat memiliki ukuran yang sama, yaitu 6,7 inci, dengan dukungan HDR dan kecepatan refresh antara 1 Hz dan 120Hz. Namun, terdapat perbedaan dalam resolusi dan kecerahan. 

    iPhone 15 Pro Max menggunakan layar Super Retina XDR dengan resolusi 2796 x 1290 piksel. Sedangkan Pixel 8 Pro menggunakan layar Super Actua dengan resolusi 2992 x 13444 piksel.

    Dengan kecerahan puncak 2400 nits, Pixel 8 Pro mengungguli iPhone 15 Pro Max yang mencapai 2000 nits. Selain itu, Pixel 8 Pro memiliki kecerahan HDR 1600 nits, menawarkan tampilan yang sangat cerah.

    Meskipun iPhone 15 Pro Max memiliki rasio kontras dua kali lipat dari Pixel 8 Pro, perbedaan dalam resolusi dan kecerahan membuat Pixel 8 Pro menjadi pilihan yang lebih baik. Khusunya bagi mereka yang mengutamakan kualitas visual yang tajam dan cerah.

    Performa dan Penyimpanan

    Perbedaan utama dalam performa terletak pada chipset yang digunakan. iPhone 15 Pro Max menggunakan chip A17 Pro Apple, sedangkan Pixel 8 Pro mengandalkan Google Tensor G3.

    Meski Apple tidak merinci kapasitas RAM iPhone 15 Pro Max, diperkirakan memiliki 8GB. Sedangkan Pixel 8 Pro memiliki 12GB RAM, memberikan keunggulan dalam pengolahan data yang lebih besar dan multitasking.

    Opsi penyimpanan juga bervariasi. iPhone 15 Pro Max memiliki kapasitas awal 256GB, dengan opsi 512GB dan 1TB.

    Sementara itu, Pixel 8 Pro hadir dalam pilihan 128GB, 256GB, dan 512GB, dengan tambahan opsi 1TB di Amerika Serikat. Ini memberikan fleksibilitas lebih besar kepada pengguna Pixel 8 Pro dalam menyimpan data dan aplikasi.

    google pixel

    Kamera, kualitas dan fitur

    Keduanya menawarkan sistem kamera belakang tiga lensa, tetapi dengan perbedaan dalam sensor dan fitur. iPhone 15 Pro Max memiliki sensor utama 48MP, sensor ultra lebar 12MP, dan sensor telefoto 12MP.

    Pixel 8 Pro, di sisi lain, memiliki sensor utama 50MP, sensor ultra lebar 48MP, dan sensor telefoto 48MP. Keduanya memiliki kemampuan zoom optik 5x, namun Pixel 8 Pro menonjol dengan zoom digital hingga 30x, sedangkan iPhone 15 Pro Max mencapai 25x.

    Dalam hal fitur kamera, Pixel 8 Pro menggunakan kecerdasan buatan (AI) secara luas, seperti Best Take, Magic Eraser, dan Photo Unblur. Selain itu, fitur-fitur khas Pixel seperti Night Sight dan Astrophotography memberikan keunggulan tambahan dalam fotografi malam dan astrofotografi.

    Di bagian depan, iPhone 15 Pro Max memiliki sensor 12MP, sementara Pixel 8 Pro memiliki sensor 10MP dengan autofokus. Keduanya menyediakan kualitas selfie yang baik, tetapi perbedaan dalam resolusi dapat memengaruhi detail gambar.

    Harga

    Harga menjadi faktor penentu yang signifikan dalam memilih perangkat. iPhone 15 Pro Max dibanderol dengan harga mulai $1.199.

    sedangkan Pixel 8 Pro awalnya lebih terjangkau, yaitu $999. Harga ini dapat berubah tergantung pada opsi penyimpanan yang dipilih.

    Namun, perlu dicatat bahwa iPhone 15 Pro Max memberikan opsi penyimpanan 1TB. Seementara itu, Google Pixel 8 Pro menyediakan opsi tersebut khusus di Amerika Serikat.

    Pilih mana?

    Jadi, pilihan antara Google Pixel 8 Pro dan iPhone 15 Pro Max tergantung pada preferensi pribadi, kebutuhan pengguna, dan anggaran. Jika kamu mengutamakan tampilan yang lebih cerah, performa yang kuat, dan fitur kamera AI yang canggih, Pixel 8 Pro mungkin menjadi pilihan yang lebih menarik. Namun, bagi kamu yang sudah terbiasa dengan ekosistem Apple dan mencari kekuatan komputasi yang optimal, iPhone 15 Pro Max tetap menjadi pilihan yang sangat kompetitif.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya di OLX Member of ASTRA. Download aplikasinya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Fadli Arfi
    Fadli Arfi
    Penikmat dan penggiat otomotif baik roda dua, empat, enam, delapan bahkan yang bersayap
    Berita Terkait