Skuter matic Vespa kini semakin banyak dijumpai di jalanan Indonesia. Meski harga Vespa 2022 tergolong cukup tinggi, namun skuter asal Italia tetap banyak diburu, khususnya untuk kalangan anak muda.
Vespa bukan sekadar kendaraan roda dua yang hanya digunakan untuk mobilitas sehari-hari. Lebih dari itu, memiliki Vespa kini bisa menjadi sebuah hobi dan juga gaya hidup bagi penggunanya.
Tak heran, sebuah skuter Vespa bisa banyak diimpikan dan dimiliki dari berbagai kalangan. Termasuk selebritis.
Nah, OLXers yang ingin punya Vespa, setidaknya harus tahu dulu jenis-jenis Vespa yang ada. Jenis Vespa baru yang di jual yakni tipe LX, Primavera, dan Sprint. Selain itu, Ada juga Vespa yang lebih menonjolkan performa, seperti GTS Super, GTS Super Sport, dan GTS Super Tech.
Baru-baru ini, Vespa juga memanjakan penggemarnya dengan menghadirkan edisi khusus 75th Anniversary yang jadi buruan. Untuk tipe Vespa edisi khusus biasanya ada beberapa part atau penambahan aksesoris sehingga terkesan lebih eksklusif.
Belum sampai disitu, Vespa juga melakukan berbagai kolaborasi dengan perusahaan mode, seperti halnya Christian Dior, dimana mereka akhirnya meluncurkan Vespa 946 Christian Dior.
Daftar Model Vespa Terbaru
Baca juga: Vespa Indonesia Pasarkan Edisi Justin Bieber, Ini Harganya
Vespa LX dan S
Tipe Vespa LX dan S biasanya digemari oleh anak muda yang tentu saja ingin tampil berbeda.
Perbedaan tipe Vespa LX dan S paling ketara yaitu pada bagian batok lampu utama. Dimana tipe LX lampunya dibuat bulat, sedangkan S mengkotak. Selain itu, tipe S terasa lebih sporty dengan menggunakan sticker hitam yang menempel di body.
Untuk jantung pacu, keduanya sama yaitu mengusung sistem Injeksi elektronik, berkapasitas 124,5 cc yang menghasilkan tenaga 7,6 kW pada 7.600 RPM dan torsi 10,2 Nm pada 6.000 rpm.
Baik tipe LX maupun S, sudah menggunakan suspensi depan Lengan tunggal dengan pegas heliks dan peredam kejut hidrolik kerja ganda tunggal dan suspensi belakang peredam kejut dengan preload yang dapat disesuaikan dengan 4 pengaturan.
Untuk kaki-kaki, baik LX dan S menggunakan velg depan dibalut ban tubeless 110/70-11 inch, dan bagian belakang sudah menggunakan ban tubeless 120/70-10 inch.
Vespa Primavera 150 dan Primavera S 150
Vespa Primavera telah menjadi sebuah revolusi dalam berkendara sejak 1968 dan menjadi ikon klasik sepanjang masa. Dengan karakternya yang muda, lincah, inovatif, aman dan ramah lingkungan.
Vespa Primavera terbaru hadir dengan peningkatan pada aspek keamanan, kenyamanan dan gaya, juga dengan berbagai tambahan fitur menarik dan juga beberapa edisi spesial.
Yang membedakan Vespa Primavera dan Primavera S terletak pada tampilannya, seperti keberadaan stiker berwarna biru di kisi-kisi klakson, spakbor, kemudian jok dibalut hitam dengan jahitan biru, serta ada bendera Italia nempel di ujung bodi bawah.
Untuk jantung pacunya, Primavera 150 dan Primavera 150 S, tetap sama, yaitu mesin i-get berkapasitas 154,8 cc, silinder tunggal, 4-tak, 3 katup, sistem Injeksi elektronik yang menghasilkan daya 8,7 kW pada 7.500 rpm dan torsi 12 Nm pada 5.000 rpm.
Untuk memberikan kenyamanan, Primavera 150 dan Primavera 150 S menggunakan suspensi depan lengan tunggal dengan pegas heliks dan peredam kejut hidrolik kerja ganda tunggal, dan suspensi belakang peredam kejut dengan preload yang dapat disesuaikan dengan 4 pengaturan.
Sistem pengereman skuter ini pada bagian depan menggunakan rem cakram 220 ABS dan rem belakang tromol 140 mm.
Kaki-kaki Primavera 150 dan Primavera 150 S pada bagian depan menggunakan velg aluminium die-cast 3.00×12 inch dibalut ban tubeless 110/70-11 inch, dan bagian velg belakang aluminium die-cast 3.00×12 inch dibalut Tubeless 120/70-10 inch.
Vespa Sprint 150 dan Sprint 150 S
Untuk jantung pacu Sprint 150 dan Sprint 150 S pada dasarnya sama dengan Primavera yaitu mesin i-get berkapasitas 154,8 cc, silinder tunggal, 4-tak, 3 katup, sistem Injeksi elektronik yang menghasilkan daya 8,7 kW pada 7.500 rpm dan torsi 12 Nm pada 5.000 rpm.
Demikian juga dengan suspensi depan lengan tunggal dengan pegas heliks dan peredam kejut hidrolik kerja ganda tunggal, dan suspensi belakang peredam kejut dengan preload yang dapat disesuaikan dengan 4 pengaturan.
Sistem pengereman skuter ini ini pada bagian depan menggunakan rem cakram 220 ABS dan rem belakang tromol 140 mm.
Kaki-kaki Sprint 150 dan Sprint 150 S pada bagian depan menggunakan velg aluminium die-cast 3.00×12 inch dibalut ban tubeless 110/70-11 inch, dan bagian velg belakang aluminium die-cast 3.00×12 inch dibalut Tubeless 120/70-10
Baca juga: Vespa Siap Dirakit di Indonesia, Harganya Lebih Murah?
Vespa GTS Super Series
Vespa GTS adalah skuter dengan body yang tergolong lebih besar, ditambah desain yang lebih sporty, paling kuat, serta unggul dalam hal teknologi dari keluarga Vespa.
Untuk Vespa GTS Super dan GTS Super Sport ada beberapa perbedaan, salah satunya terlihat pada penggunaan stiker decal, warna, desain jok, hingga warna velg.
Sementara untuk Vespa GTS Super Tech, tentunya lebih premium dengan berbagai teknologi canggih diterapkan, seperti Vespa MIA Connectivity MIA Connectivity System with Navigator, layar TFT, Dual Channel ABS, Tilt Sensor, dan Anti Slip Regulation.
Untuk jantung pacu, Vespa GTS Super dan GTS Super Sport mengusung mesin i-get, silinder tunggal, 4-tak, 3 katup dengan sistem Start & Stop, dan kapasitas mesinnya 155,1 cc.
Dengan mesin tersebut, tenaga Vespa GTS Super dan GTS Super Sport mencapai 10,8 kW pada 8.250 rpm dan torsi 13,5 Nm pada 6.750 rpm.
Skuter ini sudah menggunakan suspensi depan Lengan tunggal dengan pegas heliks dan peredam kejut hidrolik kerja ganda tunggal, dan suspensi belakang peredam kejut dengan preload yang dapat disesuaikan dengan 4 pengaturan.
Vespa GTS Super dan GTS Super Sport dipasangkan sistem rem saluran ganda ABS, dan ada juga bagian depan menggunakan rem cakram 220 mm dan rem belakang cakram 220 mm.
Kaki-kaki skuter ini sudah menggunakan velg 12 inch yang dibalut ban depan tubeless berukuran 120/70 ban belakang tubeless 130/70.
Vespa GTS Super Tech 300
Adapun untuk Vespa GTS Super Tech 300, jeroan mesin yang dibenamkan HPE (Mesin Performa Tinggi), silinder tunggal, 4 langkah, 4 katup, dan sistem Injeksi elektronik Pemindahan, berkapasitas 278,3 cc.
Dengan mesin tersebut, tenaga yang dipancarkan mencapai 17,5 kW pada 8.250 rpm.
Suspensi depan mobil ini dilengkapi lengan tunggal dengan pegas heliks dan peredam kejut hidrolik kerja ganda tunggal.
Sedangkan suspensi belakang menggunakan peredam kejut dengan preload yang dapat disesuaikan dengan 4 pengaturan.
Sistem pengereman sudah mengadopsi ABS 2 Saluran + ASR – Regulasi Anti Slip Rem depan: Disk baja tahan karat, 220 mm dengan kontrol hidrolik Rem belakang: Disk baja tahan karat, 220 mm dengan kontrol hidrolik Ban depan:
Paduan aluminum die-cast 3,00×12 inch-Tubeless 130/70-12 inch Ban belakang: Paduan aluminum die-cast 3,00x12incha Tubeless 130/70-12 inch.
Daftar Harga Vespa Baru
Harga Vespa LX dan S
Tipe | Harga |
Vespa LX 125 i-Get | Rp 40,5 juta |
Vespa S 125 i-Get | Rp 42 juta |
Harga Vespa Primavera
Vespa Primavera 150 i-Get ABS | Rp 48,2 juta |
Vespa Primavera S 150 i-Get ABS | Rp 50,7 juta |
Vespa Primavera Picnic 150 i-Get ABS | Rp 50 juta |
Vespa Primavera 75th Anniversary | Rp 64 juta |
Harga Vespa Sprint
Vespa Sprint 150 i-Get ABS | Rp 51,2 Juta |
Vespa Sprint 150 S i-Get ABS | Rp 53,7 juta |
Vespa Sprint S i-Get Special Piaggio Indonesia 10th Anniversary | Rp 60 juta |
Harga Vespa GTS
Vespa GTS Super 150 i-Get ABS | Rp 67,9 juta |
Vespa GTS Super Sport 150 i-Get ABS | Rp 70,4 juta |
Vespa GTS Super Tech 300 | Rp 156,3 juta |
Vespa GTS Super Tech 300 75th Anniversary: | Rp 175 juta |
Harga Vespa Christian Dior Special Edition
Vespa 946 Christian Dior | Rp 465 juta |
Baca juga: Beli Vespa Sekarang Bisa Dapat Garansi 6 Bulan
Daftar diatas merupakan harga Vespa yang dirilis secara resmi sesuai OTR Jakarta pada tahun 2022. Demikian artikel mengenai Harga dan model terbaru dari Vespa. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda.
Bila OLXers ingin mencari Vespa bekas dengan kondisi terbaik, banyak tersedia di platform OLX, begitu pula dengan mobil-mobil bekas dari kami dengan harga yang terjangkau namun kondisinya terawat dan masih nyaman di kendarai.
Cek harga-harganya dengan kunjungi halaman ini!