Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    MobilKomparasi Honda CR-V dan Wuling Almaz, Siapa Pemenangnya?

    Komparasi Honda CR-V dan Wuling Almaz, Siapa Pemenangnya?

    Cek di sini kalau kamu lagi bingung mau pilih Honda CR-V atau Wuling Almaz!

    News.OLX – Mobil CR-V dan Almaz menjadi salah dua SUV yang berhasil memikat hati masyarakat Indonesia dengan spesifikasi yang garang dan harga yang relatif terjangkau.

    Karena keduanya mengisi segmen yang sama, banyak calon konsumen yang kerap dihadapkan dengan kebingungan untuk memilih salah satu dari keduanya. Apakah kamu salah satunya? Nah, agar tidak bingung, yuk cek komparasinya berikut ini!

    1. Perbandingan harga

    Untuk Honda, sekarang mobil CR-V hanya fokus dengan 2 tipe, yaitu All New Honda CR-V Turbo seharga Rp 739.900.000 dan hybrid terbaru mereka All New Honda CR-V RS e:HEV dengan harga Rp 804.900.000. 

    Di sisi lain, Wuling Almaz  mematok harga Rp 398.000.000 untuk varian New Almaz RS Pro. Dan tipe Almaz RS Pro Hybrid yang dibanderol seharga Rp 438.000.000. Cukup jauh ya perbandingannya.

    Baca juga: Mudah, Begini Cara Bawa Mobil Matic Buat yang Baru Belajar Nyetir

    Jadi, dalam segi harga, Wuling Almaz menjadi pemenangnya dengan harga yang lebih terjangkau.

    2. Perbandingan mesin yang paling bertenaga

    Bicara soal performa, untuk All New Honda CR-V Turbo mesinnya menggunakan 1.5L DOHC VTEC Turbo Engine (190 PS dan 240 Nm) dan All New Honda RS e:HEV meningkatkan mesinnya dengan ditambah 2.0L DOHC i-VTEC Engine + Electrical Motor (207 PS dan 335 Nm).

    Sedangkan Wuling New Almaz RS Pro menggunakan 4 cylinders, in-line, DOHC, DVVT, with Turbocharger dengan 1451 cc dan versi hybrid-nya yaitu New Almaz RS Pro Hybrid dengan naturally aspirated, 4 cylinders inline, Atkinson cycle di 1.999 cc. 

    Dengan kata lain, untuk segi performa, All New Honda CR-V yang menjadi pemenangnya dengan mesin yang lebih powerfull.

    Wuling Almaz

    3. Fitur terkini

    Keduanya sama-sama menghadirkan fitur keselamatan yang lengkap, seperti dual SRS airbag + side airbag, rem ABS+EBS+BA, Traction Control System (TCS), Electronic Stability Control (ESC) dan Emergency Stop Signal (ESS) dan ADAS untuk varian tertingginya.

    Adapula Hill Hold Control (HHC), Auto Vehicle Holding (AVH), Electric Parking Brake dan kamera yang memperlihatkan seluruh sudut atau 360 derajat. 

    Hal berbeda juga terlihat pada fitur keselamatan yang ditawarkan oleh masing-masing mobil. Wuling Almaz hanya memiliki 4 airbag yang disematkan dua di depan dan dua di samping. 

    Sementara itu, CR-V  memiliki 8 airbag dan dilengkapi dengan fitur Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Brake Override System (BOS), Emergency Stop Signal (ESS) dan Brake Hold.

    Kedua mobil ini telah menggantikan kunci konvensional menjadi tombol start stop engine untuk menyalakan mesin. Untuk bagian ini, mobil CR-V lebih unggul sedikit, mobil ini memiliki fitur remote engine start. Dengan ini, pengemudi bisa menyalakan mesin dari jarak jauh.

    Meski begitu, Wuling Almaz sudah dilengkapi dengan Wuling Indonesian Command (WIND). Inovasi ini merupakan perintah suara berbahasa Indonesia pertama di Tanah Air. Pengguna dapat mengatur ragam fitur di dalam mobil hanya dengan mengatakan

    ‘Halo Wuling’ dan diikuti perintah yang ingin dilakukan. Maka dari itu, para penggunanya dapat menjaga konsentrasi selama

    Baca juga: Pemilik Mobil Ini Jangan Pakai BBM Jenis Pertalite, Berikut Daftarnya!

    Lebih lanjut, baik CR-V maupun Almaz, keduanya sudah memiliki smart entry yang memudahkan pengemudi masuk ke dalam. Hanya perlu dekatkan smart key ke mobil, maka pintu mobil akan terbuka dengan sendirinya. 

    Dalam hal kenyamanan berkendara, tersedia cruise control untuk membantu menjaga kecepatan stabil tanpa harus menekan pedal gas. 

    Namun, hanya mobil CR-V yang sudah dilengkapi paddle shift, yang dapat menambah keseruan dalam mengemudi. Di sisi lain, Almaz masih mengandalkan mode manual pada tuas transmisinya.

    Bisa dibilang keduanya sama-sama nyaman untuk digunakan mengemudi dalam dan luar kota. Soalnya, konstruksi suspensi pada kedua SUV dilengkapi dengan MacPherson Strut untuk kaki-kaki bagian depan, sedangkan di belakang menggunakan suspensi Multi-link.

    Fitur untuk kedua kendaraan ini memiliki spesifikasi yang sama, sehingga untuk dalam fitur keduanya sama-sama bagus dan canggih.

    4. Eksterior dan Interior

    Kedua mobil ini memiliki desain yang menarik dari segi eksterior dan juga memiliki karakteristik yang sporty, modern, dan tangguh sehingga memberikan kesan tersendiri bagi masyarakat saat melihat kedua kendaraan ini.

    Untuk penerangan,  Almaz terlihat lebih kekinian dengan gaya bertingkat yang mempertegas keunggulannya. LED pada headlamp-nya yang diposisikan secara terpisah di bawah barisan lampu Future Eyes, yang terdiri dari daytime running light dan sein. 

    Namun, fog lamp Almaz terkalahkan oleh Honda CR-V dengan fitur terbarunya rear fog light. Meskipun kurang, namun terobati dengan desain yang terlihat lebih presisi pada bagian belakang Almaz. 

    Baca juga: Sejarah Mitsubishi Pajero, Mobil yang Kerap Dicap Arogan

    Mobil ini menggunakan stoplamp LED yang dipadukan dengan lampu tail yang menjulur hingga bagian bumper belakang. Adapun di pihak lainnya, Honda CR-V mempunyai ciri khas tersendiri dengan fokus karakteristik dia yang simple namun modern.

    Buktinya, mobil ini masih menjaga aura pendahulunya dengan masih menyatukan headlamp, DRL, dan sein. Hal ini membuat mobil CR-V terlihat padat dan membulat. 

    Aura futuristik nan lega justru terlihat pada keduanya yang sudah menggunakan panoramic roof yang dikombinasikan dengan sunroof.

    Untuk urusan interior, keduanya sama-sama bersaing menawarkan interior yang mewah nan canggih. Mobil ini juga sama sama punya kemampuan membawa 7 penumpang.

    Namun, Wuling Almaz memiliki pendekatan yang unik dalam hal desainnya. SUV Wuling ini punya bagian dashboard yang sederhana tanpa banyak fitur yang ditempelkan di bagian tersebut. 

    Untuk Almaz, mereka menyematkan head unit berukuran 10,4 inch di bagian tengah mobil dengan tambahan pengaturan AC, radio, 360 camera, hingga Tire Pressure Monitoring System (TPMS). 

    Membuat Almaz menjadi pilihan menarik bagi mereka yang mencari sesuatu yang berbeda dan inovatif. Di lain pihak, kokpit CR-V terlihat lebih ramai dan dipenuhi sederet tombol dengan fungsinya masing-masing. 

    Baca juga: Awas Salah Hitung! Segini Ukuran Untuk Garasi Mobil

    CR-V memiliki head unit yang sedikit lebih kecil, yakni sebesar 9 inci. Namun, panel indikator CR-V lebih luas dan Almaz sama-sama menarik perhatian tergantung selera masing-masing. 

    Sementara itu, panel indikator Almaz terlihat serba digital dan memanjang. Namun sayangnya, interior nya tidak menambahkan fitur terbaru baik dari segi pencahayaan dan juga audio. 

    Untuk Honda CR-V panel mereka sudah ditambahkan dengan Interior Ambient Light sehingga terasa seperti mengendarai mobil Eropa. Juga ditambah dengan BOSE 12 Speakers Audio System.

    CR-V kembali unggul dalam hal ini dengan penggunaan pengaturan elektrik untuk kedua kursi depan, baik untuk pengemudi maupun penumpang. Dengan menekan tombol yang mudah dijangkau, posisi dudukan dapat disesuaikan dengan mudah dan nyaman. 

    Sementara itu, pada Wuling Almaz, fitur pengaturan elektrik hanya diterapkan pada bangku sopir, sedangkan sisanya masih menggunakan pengaturan manual. 

    Meskipun demikian, kualitas kulit dan desain ergonomis pada jok Almaz tetap memberikan kenyamanan yang tidak kalah pentingnya bagi pengguna kendaraan. Jadi, untuk pemenang dari Eksterior dan Interior adalah Honda CR-V

    Baca juga: Fungsi dan Cara Kerja Shock Absorber Mobil

    Kesimpulannya, mengingat keduanya memiliki keunggulan yang sama-sama ciamik, jika budget bukan masalah, maka Honda CR-V bisa jadi pilihan dikarenakan nama besar Honda dan mobil yang memiliki performa dan pengendalian yang sangat mantap. 

    Sebaliknya, jika budget adalah pertimbangan terbesar kamu, maka kamu bisa menjatuhkan pilihan kepada Wuling Almaz.

    Dapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Kamu bisa cari mobil Wuling Almaz seken atau Honda CR-V seken dengan mendownload aplikasi OLX di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait