Sabtu, Mei 25, 2024
Lainnya
    MotorHonda Giorno, Skuter Matik Irit yang Bisa Tembus 80 Km/Liter

    Honda Giorno, Skuter Matik Irit yang Bisa Tembus 80 Km/Liter

    JAKARTA – Produsen otomotif asal Jepang, Honda belum lama ini merilis skuter matik terbaru. Skuter matik ini diberi nama Honda Giorno yang memiliki penampilan seperti Honda Scoopy.

    Skuter matik sampai saat ini masih menjadi kendaraan primadona yang sangat banyak disukai masyarakat Indonesia. Selain praktis dan mudah dikendarai, saat ini sudah cukup banyak skuter matik yang memiliki berbagai fitur menarik.

    Bahkan tidak hanya fiturnya yang semakin menarik, konsumsi bahan bakar minyak dari skuter matik saat ini sangatlah irit. Bahkan Honda Giorno diklaim mampu menempuh jarak 80 Km dengan konsumsi 1 liter BBM. 

    Sebuah angka yang cukup fantastis dan sangat irit. Tentunya pilihan kendaraan bermotor yang irit ini akan menarik banyak minat konsumen. Apalagi kendaraan yang ditawarkan tersebut bertipe skuter matik yang memang banyak disukai masyarakat.

    Memiliki penampilan menarik seperti Honda Scoopy. Penampilan dari Honda Giorno ini pun cukup mungil dan ditawarkan dengan beberapa warna.

    Untuk warna yang ditawarkan sendiri ada beberapa pilihan yaitu, Summer Pink, Pearl Deep Mud Grey, Matte Armored Green Metallic dam Virgin Beige.

    Nah, bagi Anda yang berminat untuk meminang skuter matik irit ini, bisa menyimak ulasan spesifikasi dan harga di bawah ini.

    Spesifikasi Honda Giorno

    Spesifikasi Honda Giorno
    Honda Giorno

    Honda Giorno yang memiliki penampilan mungil ini memiliki kapasitas mesin yang kecil, yaitu 49cc. Menggunakan mesin AF74E / Silinder tunggal OHC 4-tak berpendingin air.

    Mesin ini memiliki tenaga maksimum 3,3 Kw setara dengan 4,425 HP pada 8.000 Rpm dan torsi maksimum 4,1 Nm pada 6.000 Rpm. Skuter ini juga sudah menggunakan perangkat injeksi untuk kontrol bahan bakarnya.

    Memiliki kapasitas kecil membuat skuter matik ini diklaim mampu menempuh jarak 80 Km dengan konsumsi bahan bakar 1 liter saja.

    Sebuah hasil yang cukup fantastis dan sangat cocok digunakan untuk aktivitas anak sekolah maupun mahasiswa untuk kegiatannya sehari-hari. 

    Memiliki kapasitas tangki bahan bakar dengan 4,5 liter bensin, tentunya motor ini bisa menempuh lebih dari 300 km dalam satu kali pengisian penuh bahan bakar.

    Bila dibandingkan dengan skuter matik lainnya, penggunaan oli mesin dari Honda Giorno ini pun cukup berbeda. Saat skuter matik lainnya membutuhkan 800ml oli, Honda Giorno ini hanya membutuhkan 600ml oli saja.

    Hal ini dikarenakan kapasitas mesin yang lebih kecil bila dibandingkan dengan mesin skuter matik merek Honda lainnya. Namun kapasitas yang kecil ini malah menjadi daya tarik tersendiri bagi Honda Giorno.

    Karena dengan meningkatnya harga bahan bakar minyak, saat ini banyak orang ingin beralih ke kendaraan yang lebih irit bahan bakar. Bahkan tidak sedikit yang melirik kendaraan listrik sebagai kendaraan penunjang kegiatan sehari-hari.

    Hadirnya Honda Giorno ini tentu akan memberikan warna baru, sebagai pilihan yang fresh bagi pecinta motor matik sebagai penunjangnya dalam aktivitas sehari-hari. 

    Desain Honda Giorno

    Dimensi motor matik ini adalah anjangnya 1650 mm, lebarnya 670 mm, dan tingginya 1035 mm. Jarak sumbu rodanya 1180 mm dan jarak terendahnya ke tanah 105 mm. Tinggi joknya 720 mm.

    Bila dibandingkan dengan skuter matik dari lainnya, Honda Giorno ini lebih mungil, seperti saat dibandingkan dengan Honda Beat. 

    Dari kesan pertama melihat skuter matik ini langsung teringat dengan model Honda Scoopy. Namun Honda Giorno yang tampil lebih mungil terasa memiliki beberapa perbedaan.

    Dalam warna yang ditawarkan oleh Honda terlihat bahwa skuter matik ini memiliki warna-warna cerah seperti pastel. Pilihan warna tersebut ada Virgin Beige, Pearl Deep Mud Grey, Matte Armored Green Metallic dam Summer Pink. Kesan retro pun sedikit terasa dari desain dan bentuk skuter matik ini. 

    Desain yang cukup simpel dengan satu warna yang diberi aksen chrome atau silver pada beberapa bagian. Pada bagian sampingnya terdapat tulisan Giorno seperti nama skuter matik ini.

    Fitur Honda Giorno

    Fitur yang disematkan pada skuter matik mungil ini cukup standar seperti skuter matik pada umumnya dari pabrikan Jepang lainnya. Namun ada sedikit perbedaan pada Honda Giorno yang memiliki bentuk mungil ini.

    Pada bagian pengeremannya, Honda menggunakan pengereman tromol pada bagian depan dan belakang. Padahal setiap skuter matik yang dirilis saat ini sudah menggunakan pengereman dengan cakram.

    Meski malah terlihat seperti ketinggalan, namun dengan kapasitas mesin yang kecil dan dimensi skuter matik yang mungil pula, tentu sudah diperhitungkan bahwa rem menggunakan tromol ini tetap nyaman.

    Untuk memudahkan aktivitas dalam membawa barang, meski skuter matik ini cukup mungil namun memiliki kapasitas bagasi hingga 20 liter.  Kapasitas sebesar ini tentu sudah muat untuk menampung helm half face Anda di dalam bagasi motor agar aman dari terik matahari maupun hujan.

    Seperti halnya skuter matik lainnya, selain bagasi yang berada di bawah jok, motor ini juga dilengkapi dengan kompartemen untuk menaruh barang bawaan kecil Anda.

    Harga Honda Giorno

    Memiliki tampilan mungil dengan kapasitas mesin kecil dan hemat bahan bakar, membuat Honda Giorno diminati banyak konsumen. Namun, sayangnya motor ini tidak direncanakan untuk dijual di pasar ASEAN oleh Honda dalam waktu dekat ini. 

    Padahal motor ini sendiri sudah dirilis sejak tahun 2022 kemarin yang langsung banyak menarik minat pecinta otomotif, terutama skuter matik. 

    Namun tentu bagi yang menginginkan skuter matik sejenis dan mirip dengan Honda Giorno sudah ada Honda Scoopy maupun Honda Genio yang saat ini sudah banyak dipasarkan ke konsumen.

    Memang untuk masalah kapasitas mesin yang kecil dan konsumsi bahan bakar yang irit ini masih menjadi salah satu dambaan banyak orang. Bisa jadi Honda akan merilis skuter matik irit ini dalam beberapa tahun mendatang untuk masuk ke pasar otomotif di Indonesia.

    Motor dengan desain yang mirip dengan Honda Scoopy maupun Genio ini dibanderol dengan harga Rp25 jutaan.

    Nah, setelah menyimak pembahasan mengenai Honda Giorno, tentu sedikit banyak Anda sudah paham mengenai kehebatan skuter matik baru dari Honda tersebut. 

    Kalau untuk urusan mobil, jangan lupa untuk membeli mobil bekas di dealer dan showroom terpercaya seperti OLX Autos yang memberikan penawaran terbaik dan garansi pada unit yang Anda beli.

    Dapatkan mobil bekas berkualitas dengan #PilihYangPasti di OLX Autos! Kami menjamin semua mobil yang bisa anda pilih berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari Petugas berpengalaman. Pilih mobil terbaik untuk menunjang semua kebutuhan harian di OLX Autos!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait