Sabtu, Juni 15, 2024
Lainnya
    MotorPerbedaan Honda PCX dan Yamaha NMax, Dari Fitur Hingga Performanya

    Perbedaan Honda PCX dan Yamaha NMax, Dari Fitur Hingga Performanya

    Honda PCX dan Yamaha NMax merupakan dua motor matik yang bisa dibilang sebagai motor kelas premium. Pasalnya motor ini memiliki fitur yang sudah mumpuni dibandingkan dengan motor matik lainnya serta memiliki harga yang jauh lebih tinggi.

    Sama-sama memiliki kapasitas mesin yang hampir sama yaitu 160cc dan 155cc, kedua motor ini menjadi rival yang tangguh di kelasnya dalam menarik minat konsumen. Sampai saat ini sudah banyak sekali peminat yang memilih untuk membeli kedua motor tersebut untuk menjadi moda transportasi sehari-hari.

    Bahkan kedua motor ini memiliki komunitas otomotif yang cukup besar di Indonesia dari berbagai kalangan usia. Sebagai motor yang bertarung di segmen yang sama, keduanya memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

    Bersaing dalam fitur hingga performa, namun perlu diingat bahwa kedua motor ini memiliki harga yang cukup jauh berbeda. Apalagi bila membandingkan motor matik Honda PCX dan NMax kelas tertingginya. Keduanya memiliki jarak harganya yang cukup jauh hingga Rp10 juta.

    Baca juga: Honda PCX Punya Warna Baru, Ini Harganya?

    Berikut ulasan perbedaan Honda PCX dan Yamaha NMax dari fitur hingga performanya. 

    Kelebihan dan kekurangan Honda PCX

    Sebagai motor matik premium yang dihadirkan oleh pabrikan otomotif dengan logo sayap ini Honda PCX memiliki kelebihan dan kekurangan sebagai berikut.

    Kelebihan:

    • Honda PCX terbaru saat ini sudah disematkan dengan mesin berkapasitas 160 cc.
    • Konsumsi bahan bakar irit di kelasnya yang mencapai 45km/liter.
    • Kapasitas bagasi besar.
    • Terdapat juga Honda Selectable Torque Control (HSTC) yang menambah kenyamanan ketika berkendara pada PCX.

    Kekurangan:

    • Belum terkoneksi dengan ponsel pintar.
    • Gejala timbul suara kasar pada CVT.
    • Diameter ban belang yang cukup sulit menemukan pengganti di pasaran.
    • Suspensi belakang belum tabung.

    Kelebihan dan kekurangan Yamaha NMax

    Yamaha Nmax 155
    Yamaha Nmax 155 hadir dengan dua warna baru Matte Green dan Metallic Red.

    Sebagai motor matik premium yang dihadirkan oleh pabrikan otomotif dengan logo garpu tala dari Jepang ini, Yamaha NMax memiliki kelebihan dan kekurangan sebagai berikut.

    Kelebihan:

    • Sudah dapat terkoneksi dengan ponsel pintar melalui Y-Connect.
    • Menggunakan Smart Key System.
    • Mesin VVA yang bertenaga.
    • Kapasitas bagasi yang luas.
    • Suspensi belakang sudah tabung.
    • Kaki-kaki kokoh.
    • Konsumsi bahan bakar diklaim mencapai 39,5km/l.

    Kekurangan:

    • Tampilan instrumen speedometer kurang atraktif.
    • Suspensi belakang masih belum bisa disetel tingkat kekerasannya.
    • Lampu sein belum menggunakan LED.

    Baca juga: Yamaha Nmax Varian Paling Tinggi Sekarang Dapat Warna Prestige Silver

    Perbandingan harga

    Bersaing di segmen yang sama, kedua motor matik premium ini memiliki perbandingan harga yang cukup signifikan. Apabila dibandingkan pada kelas tertinggi motor matik ini ada perbedaan Rp10 juta untuk bandrol harga unit barunya.

    Untuk Honda PCX 160, harganya adalah sebagai berikut: 

    • PCX CBS Rp.32,079,000
    • PCX ABS Rp.35,510,000
    • PCX e:HEV Rp.45,045,000 

    Sementara Yamaha Nmax harganya sebagai berikut: 

    • Nmax 155 Standard Version Rp.31.115.000
    • Nmax 155 Connected Version Rp.32.375.000
    • Nmax 155 Connected/ABS Version Rp.35.250.000

    Perbandingan fitur

    Fitur Yamaha NMax

    Ada banyak perbedaan fitur antara kedua skuter premium ini. Yamaha Nmax semua variannya menggunakan Start Stop System (SSS), sudah terhubung dengan Y-Connect dari Yamaha untuk menyambungkan motor matiknya ke smartphone. Fitur ini menjadi salah satu fitur unggulan dari Yamaha untuk motor matik premiumnya ini.

    Panel clusternya sudah memiliki tampilan full digital. Selain itu sudah menggunakan Smart Key System, Electric Power Socket, dan Traction Control System membuat motor matik ini semakin canggih.

    Fitur Honda PCX

    Sedangkan fitur yang ada di Honda PCX adalah Idling Stop System (ISS), Honda Selectable Torque Control (HSTC), dan sudah menggunakan Honda SMART Key. Panel clusternya sudah full digital yang menampilkan informasi lengkap mulai dari idling stop indicator, oil change indicator, HSTC indicator, battery indicator hingga trip meter. 

    Dibekali suspensi teleskopik di bagian depan dan suspensi ganda pada bagian belakang. Selain itu turut hadir sistem pengereman menggunakan cakram hidrolik TriplePots Hydraulic dan Combined Brake System.

    Fitur yang melengkapi keduanya memang hampir sama, tapi hingga kini Yamaha NMax memang lebih lengkap fiturnya.

    Baca juga: 5 Alasan Yamaha NMax Kini Semakin Banyak Dipakai Touring

    Perbandingan performa

    Pada bagian performanya kedua motor matik premium ini  memiliki kubikasi yang berbeda. Keduanya pun memiliki tenaga hasil pembakaran yang berbeda pula.

    Performa Honda PCX

    Honda PCX 160 menggunakan mesin berkubikasi 160cc empat langkah, yaitu 4-valve dan e-SP+. Dengan mesin tersebut, motor mampu menghasilkan tenaga hingga 11,8 KW pada putaran 8.500 rpm dan torsi 14,7 Nm pada putaran 6.500 rpm. 

    Kecepatan tertinggi yang bisa diraih mencapai 115 km/jam. Di atas kertas, motor ini juga disebut mampu berakselerasi dari diam menuju 60 km/jam hanya dalam waktu 5,92 detik. 

    Performa Yamaha NMax

    Yamaha Nmax menggunakan mesin berkapasitas 155cc. Mesinnya mampu menghasilkan tenaga maksimum 11,3 KW pada putaran 8.000 rpm dan torsi maksimum mencapai 13,9 Nm pada putaran 6.500 rpm. Meskipun cc-nya lebih kecil, Yamaha Nmax memiliki kecepatan mencapai angka 117 km/jam. 

    Tapi akselerasinya masih kalah, Yamaha NMax 155 butuh waktu 20 detik untuk mencapai kecepatan 100km/jam dari kondisi diam.

    Itulah ulasan mengenai perbedaan Honda PCX dan Yamaha NMax mulai dari kelebihan dan kekurangan hingga performanya. Skuter matik Honda dan Yamaha ini memang memiliki peminat masing-masing yang saat ini banyak menjadi komunitas otomotif.

    Kalau soal membeli mobil bekas, pastikan untuk memilih di dealer terpercaya yang dapat memberikan penawaran terbaik serta garansi pada unit yang Anda beli seperti di OLX Autos. 

    Pilih mobil bekas berkualitas terbaik, dan harga yang paling reasonable di OLX Autos. Ada ribuan unit mobil bekas berkualitas yang bisa dipilih. Kami menjamin semua unit mobil berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Dengan harga dan biaya perawatan yang rendah, kebutuhanmu bisa terpenuhi!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait