Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    Tips & TrikIni 7 Cara Kosongkan Ruang Penyimpanan HP Tanpa Hapus Aplikasi

    Ini 7 Cara Kosongkan Ruang Penyimpanan HP Tanpa Hapus Aplikasi

    Hapus cache dari aplikasi ternyata bisa meringankan kinerja HP!

    News.OLX – Ruang penyimpanan penuh dapat menjadi masalah umum bagi pengguna ponsel pintar. Namun, mengosongkan ruang penyimpanan tidak selalu berarti kamu harus menghapus aplikasi yang penting.

    Berikut adalah 7 cara efektif untuk mengosongkan ruang penyimpanan pada ponsel kamu tanpa harus menghapus aplikasi yang dibutuhkan:

    1. Hapus cache

    Hapus file cache dari aplikasi seperti YouTube, Instagram, TikTok, browser, marketplace, dan aplikasi streaming film melalui ‘Settings’ atau ‘Pengaturan’, pilih aplikasi, dan pilih ‘Storage’.

    2. Hapus database whatsApp

    Database WhatsApp dapat memakan banyak ruang. Gunakan file manager untuk mengakses folder ‘Database’ di dalam folder ‘WhatsApp’ dan hapus beberapa atau seluruh file database yang tidak diperlukan.

    3. Hapus unduhan YouTube

    Jika kamu menggunakan fitur ‘Download’ di YouTube, pertimbangkan untuk menghapus unduhan yang tidak lagi diperlukan untuk mengosongkan ruang penyimpanan.

    4. Hapus foto dan video WhatsApp dan Telegram

    Aplikasi messenger seperti WhatsApp dan Telegram menyimpan foto dan video. Gunakan file manager untuk menghapus file yang tak terpakai.

    5. Hapus file sampah

    Manfaatkan aplikasi penghapus sampah atau file manager seperti ‘Files’ dari Google untuk membersihkan file sampah atau junk files di ponsel Anda.

    6. Hapus file besar 

    Gunakan fitur analisis ruang penyimpanan pada smartphone untuk menemukan dan menghapus file besar yang tak lagi digunakan.

    7. Bersihkan tong sampah dan restart HP

    Periksa tong sampah atau ‘trash’ untuk memastikan file yang dihapus tak tetap berada di sana. Selain itu, lakukan restart pada ponsel untuk melihat perubahan.

    aplikasi

    Cara mencegah ruang penyimpanan cepat penuh

    Agar ruang penyimpanan tidak cepat penuh, atur penyimpanan kamera di kartu memori, pindahkan file ke kartu memori, aktifkan penyimpanan otomatis ke Google Photos, simpan file di cloud storage seperti Google Drive dan Dropbox, dan gunakan aplikasi streaming untuk lagu dan film.

    Dengan menerapkan langkah-langkah ini, kamu dapat mengoptimalkan ruang penyimpanan ponsel tanpa mengorbankan aplikasi penting. Semoga tips ini membantu!

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Download aplikasinya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait