Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    ReviewIni 8 Kelebihan Alat Masak Berbahan Granit

    Ini 8 Kelebihan Alat Masak Berbahan Granit

    Granit kini jadi material andalan untuk berbagai alat masak di dapur. Lihat apa saja kelebihannya di sini!

    News.OLX – Zaman sekarang, sudah banyak alat masak yang terbuat dari berbagai macam material selain logam. Salah satunya material granit yang kini memiliki banyak peminat.

    Hal ini lantaran ada sejumlah kelebihan alat masak granit yang lebih memudahkan kamu saat memasak. Lantas, apa saja kelebihannya? Simak selengkapnya dalam rangkuman berikut ini.

    1. Granit Bahan Anti Lengket

    Alasan pertama mengapa banyak orang menyukai alat masak berbahan granite ini adalah karena permukaannya yang anti lengket. 

    Sehingga, ini memudahkan kamu ketika memasak bahan masakan tertentu yang memang cenderung akan lengket. Misalnya seperti menggoreng tahu, ikan atau ayam.

    2. Lebih Mudah Dibersihkan

    Karena permukaannya yang anti lengket, membuat material ini jadi lebih mudah untuk kamu bersihkan. Hal ini karena tidak ada residu masakan yang menempel pada permukaan alat masak.

    Meski begitu, cara membersihkannya perlu berhati-hati. Agar kamu tidak merusaknya, sebaiknya bersihkan dengan sponge yang lembut.

    3. Dapat Mendistribusikan Panas dengan Baik

    Kelebihan alat masak granit lainnya adalah kemampuan distribusi panasnya yang sangat baik. Hal ini berkat lapisan bawah dari alat masak berbahan granite yang cukup tebal dan lebar. Masakan pun bisa lebih matang secara merata. 

    Selain itu, material granite ini juga sangat tahan panas. Sehingga, kamu tidak perlu menunggunya untuk dingin lebih dulu sebelum mencucinya.

    4. Aman untuk Masuk ke Oven

    Terkadang, ada beberapa masakan yang mengharuskan kamu untuk memasukkan panci atau wajan ke dalam oven. Sayangnya, beberapa material cookware justru tidak sanggup menahan panas dari oven.

    Namun, ini tidak berlaku pada material granit. Hal ini karena ketahanannya terhadap panas membuat material ini tidak akan pecah atau rusak saat kamu masukkan ke dalam oven.

    granit (1)

    5. Bahan Granit Tidak akan Berkarat

    Seperti yang kamu ketahui, granite sendiri sebetulnya merupakan material batu. Artinya, cookware dengan material ini tidak mengandung besi sama sekali di permukaannya.

    Karena itu, kamu bisa pastikan bahwa cookware berbahan dasar batu ini tidak akan berkarat seperti halnya cookware dengan material lain.

    6. Bahannya Lebih Aman dari Cookware Teflon

    Seperti yang kamu ketahui, selain granite ada juga teflon yang memiliki banyak peminat berkat sifatnya yang anti lengket. Namun, teflon nyatanya mengandung material yang tidak baik untuk kesehatan seperti PTFE dan PFOA. 

    Sedangkan, granite berbahan dasar batu dan menggunakan aluminum, sehingga ini jelas lebih aman untuk kesehatan. Hal ini karena lapisannya tidak akan mengelupas dan menyebabkan kanker.

    7. Bahan Granite Lebih Tahan Lama

    Kelebihan alat masak granit yang lainnya adalah materialnya yang lebih tahan lama dari material lainnya. 

    Hal ini karena material granite membuat permukaan cookware tidak akan mengelupas seperti halnya teflon. Namun, tentunya ini hanya berlaku pada cookware yang menggunakan pure granite.

    8. Tampilannya Lebih Estetik

    Alasan terakhir mengapa banyak orang memilih cookware dengan material yang satu ini adalah karena tampilannya yang lebih estetik.

    Sehingga, dapur di rumah akan tampak lebih cantik. Apalagi material ini memiliki corak natural pada permukaannya.

    Nah, itu dia beberapa kelebihan dari cookware berbahan granit yang membuatnya memiliki banyak peminat. 

    Bila kamu ingin mencari yang asli atau cookware lainnya, kamu bisa temukan di OLX, ya. Download juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store untuk pengalaman belanja yang lebih nyaman!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait