Rabu, Mei 29, 2024
Lainnya
    Tips & TrikIni Alasan Penempatan APAR Mobil Harus di Jok Depan

    Ini Alasan Penempatan APAR Mobil Harus di Jok Depan

    Mengapa APAR harus ditempatkan di jok depan? Berikut adalah penjelasannya!

    News.OLX – APAR atau alat pemadam api ringan adalah alat yang digunakan untuk memadamkan api pada awal kebakaran. APAR terdiri dari tabung yang berisi bahan kimia pemadam api, nozzle, dan handle untuk mengontrol aliran pemadam api.

    Fungsi APAR adalah untuk memadamkan api pada awal kebakaran sebelum api semakin membesar dan sulit dikendalikan. Bahan yang digunakan dalam APAR bervariasi tergantung pada jenis APAR, seperti karbon dioksida, serbuk kering, dan busa.

    Ada juga Isi APAR, jenis Dry Chemical Powder Fire Extinguisher mengandung kombinasi mono-amonium dan ammonium sulphate yang efektif memisahkan oksigen dengan unsur pendukung terjadinya kebakaran.

    APAR memiliki masa kadaluarsa yang berbeda-beda tergantung pada jenis bahan yang digunakan, namun umumnya berkisar antara 3 hingga 5 tahun.

    Baca Juga: Mau Touring? Ini Hal Penting yang Dipersiapkan

    Penempatan APAR pada mobil haruslah diperhatikan dengan baik, karena APAR yang ditempatkan dengan benar dapat membantu memadamkan api pada awal kebakaran. Berikut adalah alasan mengapa penempatan APAR pada jok depan mobil sangat penting:

    1. APAR di jok depan mudah dijangkau

    Dengan menempatkan APAR di jok depan mobil, kamu bisa dengan mudah mengaksesnya pada saat terjadi kebakaran. Ini sangat penting karena pada saat genting, setiap detik sangat berharga.

    Penempatan APAR di jok depan memastikan alat ini selalu dalam jangkauan tanganmu saat kamu berada di dalam mobil.

    2. Cepat dalam tindakan

    Penempatan APAR di jok depan juga memungkinkan pengemudi atau penumpang mobil untuk segera mengambil tindakan ketika terjadi kebakaran. 

    Baca juga: Ini Pentingnya Sabuk Pengaman untuk Penumpang Belakang, Anda Wajib Tahu!

    Dalam situasi darurat, ketepatan waktu sangat penting. Jika APAR terletak di tempat yang sulit dijangkau, maka reaksi cepat untuk memadamkan api bisa terhambat, dan hal ini dapat berdampak serius pada keselamatan.

    apar 2

    3. APAR mencegah kebakaran semakin membesar

    Dengan APAR yang mudah dijangkau dan cepat dalam tindakan, kamu dapat segera memadamkan api pada awal kebakaran. 

    Hal ini sangat efektif dalam mencegah kebakaran semakin membesar dan merusak mobil secara keseluruhan. Kebakaran yang diredam dengan cepat memiliki peluang lebih besar untuk tidak menyebar, sehingga kerugian bisa diminimalkan.

    4. Standar keselamatan APAR

    Penempatan APAR di jok depan juga sejalan dengan standar keselamatan di dunia. Sebagian besar peraturan keselamatan kerja mengharuskan adanya APAR yang diletakkan ditempat yang mudah dijangkau. 

    Baca Juga: Perhatikan 10 Hal Penting Ini Saat Mudik Bersama Keluarga

    Dengan meletakkannya di jok depan, kamu mematuhi regulasi keselamatan dan memastikan kendaraanmu memenuhi standar yang ditetapkan.

    5. Memudahkan pengecekan

    Penempatan APAR di jok depan membuatnya lebih mudah diperiksa secara berkala. Pengecekan rutin adalah langkah penting untuk memastikan APAR selalu dalam kondisi baik dan siap digunakan. 

    Lokasinya yang terjangkau mempermudah pemilik mobil untuk memeriksa tanggal kadaluarsa dan integritas fisik APAR secara berkala.

    6. Keselamatan kerja

    Selain melindungi penumpang, penempatan APAR di jok depan juga berkontribusi pada keselamatan kerja. Ini dapat membantu petugas pemadam kebakaran atau penyelamat saat menghadapi keadaan darurat. 

    Baca juga: Ketemu Lane Hogger di Jalan Tol, Begini Cara Menghadapinya

    APAR yang mudah dijangkau dalam kendaraan dapat memberikan dukungan awal sebelum bantuan lebih lanjut tiba di lokasi.

    Penempatan APAR di jok depan bukanlah sekadar hal yang sepele. Ini adalah langkah krusial yang dapat memberikan perlindungan tambahan pada situasi darurat demi keselamatan pengendara dan penumpang. 

    Ingatlah selalu untuk merawat APAR dengan baik dan memeriksanya secara berkala. Keselamatan adalah tanggung jawab kita bersama, dan APAR adalah salah satu alat yang dapat membantu menjaga keselamatan di jalan. 

    Dengan penempatan yang tepat, APAR menjadi alat yang lebih efektif dalam menghadapi kebakaran darurat.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga cari mobil bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Fadli Arfi
    Fadli Arfi
    Penikmat dan penggiat otomotif baik roda dua, empat, enam, delapan bahkan yang bersayap
    Berita Terkait