Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    Tips & TrikKetemu Lane Hogger di Jalan Tol, Begini Cara Menghadapinya

    Ketemu Lane Hogger di Jalan Tol, Begini Cara Menghadapinya

    Jengkel dengan pengemudi lane hogger di jalan tol?

    Apakah kamu pernah mengalami situasi di jalan tol, dalam kondisi terjebak di belakang kendaraan yang berjalan lambat di lajur paling kanan tanpa memberikan jalan bagi kendaraan yang lebih cepat?

    Contoh kasus tersebut adalah perilaku yang dikenal sebagai “lane hogger” atau pengendara yang terlalu lama berada di jalur kanan tanpa alasan yang jelas. 

    Tips menghadapi lane hogger

    Perilaku tersebut bukan hanya mengganggu, tetapi juga dapat mengganggu arus lalu lintas dan menimbulkan risiko kecelakaan. Maka dari itu artikel ini akan membahas cara menghadapi lane hogger di jalan tol.

    Jangan agresif

    Pertama-tama, penting untuk tetap tenang dan tidak menghadapinya secara agresif. Marah atau berteriak pada pengemudi lain hanya akan meningkatkan risiko konflik dan kecelakaan yang merugikan banyak pihak.

    Gunakan lampu dim dan klakson dengan bijak

    Jika kamu ingin mengingatkan lane hogger agar memberi jalan, kamu bisa menggunakan lampu dim dan klakson. Namun, gunakan dengan bijak dan jangan berlebihan, karena penggunaan secara berlebihan hanyalah memancing emosi dan malah berpotensi menimbulkan konflik.

    Beri ruang dan bersabar

     Cobalah memberikan cukup ruang di antara kendaraan kamu dan lane hogger untuk menghindari risiko kecelakaan. Jika ada ruang, kemungkinan besar mereka akan pindah ke jalur lain.

    Meskipun frustrasi bisa menjadi reaksi alami, cobalah untuk bersabar. Mungkin ada alasan yang tidak kamu ketahui mengapa kendaraan tersebut tetap di jalur kanan terus menerus.

    Tips menghindari menjadi pelaku lane hogger

     

    Jalan Tol

    Selain menghadapi lane hogger, ada beberapa tips yang dapat membantu kamu menghindari perilaku ini:

    Yang pertama adalah pindah ke jalur yang sesuai, gunakan jalur paling kanan hanya jika kamu berniat untuk melewati kendaraan lain atau jika ingin mengemudi dengan kecepatan yang sesuai dengan jalur tersebut. 

    Selanjutnya lihat spion, lalu perhatikan jika ada kendaraan yang ingin melewati kamu dari belakang, berikan jalan segera.

    Baca juga:  Beli Mobil Toyota Lebih Hemat Dengan Program T-Care

    Supaya kamu juga tidak terjebak menjadi pelaku kondisi Lane Hogger, sebaiknya gunakan lajur cepat dengan bijak. Jangan gunakan jalur paling kanan atau jalur cepat jika kamu tidak akan melewati kendaraan lain dalam waktu dekat.

    Selanjutnya beri tanda jika pindah jalur. Misal ketika kamu berniat untuk pindah ke jalur lain, gunakan lampu sein dan perhatikan kondisi lalu lintas di sekitar.

    Lalu pastikan kamu memahami aturan lalu lintas di jalan tol yang digunakan dan patuhilah dengan benar.

    Baca juga:  Belum Ada Estimasi Harga, 100 Orang Sudah Pesan Chery OMODA 5 EV

    Karena memang menghadapi lane hogger di jalan tol kadang memang bisa menjadi situasi menjengkelkan. Namun, penting untuk tetap tenang, berlaku bijak, dan mengambil tindakan yang tepat untuk menghindari konflik dan risiko kecelakaan.

    Selalu patuhi aturan lalu lintas dan beri jalan kepada kendaraan yang ingin melewati kamu dengan aman. Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga cari mobil bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Fadli Arfi
    Fadli Arfi
    Penikmat dan penggiat otomotif baik roda dua, empat, enam, delapan bahkan yang bersayap
    Berita Terkait