Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    InformasiIni Deretan Rest Area di Tol Trans-Jawa yang Dilengkapi SPKLU

    Ini Deretan Rest Area di Tol Trans-Jawa yang Dilengkapi SPKLU

    Mau mudik pakai mobil listrik? Tenang, deretan rest area ini menyediakan SPKLU!

    News.OLX – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengumumkan bahwa sejumlah rest area di Tol Trans-Jawa telah dilengkapi dengan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Hal ini merupakan informasi menarik buat pengguna kendaraan listrik.

    “Data charging station terus mengalami peningkatan,” kata Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan M.P. Dwinugroho Nugroho, mengutip Kompas.com.

    Meningkatnya jumlah SPKLU tentu akan memberikan kenyamanan kepada para pemudik yang menggunakan mobil listrik. Ini memungkinkan mereka untuk mengisi daya kendaraan mereka tanpa kesulitan selama perjalanan mudik atau pulang.

    Apalagi, menurut informasi dari Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, terdapat 842 stasiun pengisian listrik yang tersebar di 488 lokasi di seluruh Indonesia. SPKLU ini dikelola oleh PLN, dengan tambahan instalasi privat di lokasi umum, serta stasiun pengisian khusus untuk kendaraan umum.

    “Selain PLN, beberapa produsen mobil listrik dan badan usaha lain membangun SPKLU di beberapa lokasi seperti rest area, hotel, pusat perbelanjaan dan kantor-kantor pemerintah,” sambung Nugroho.

    Rest area (1) (1)

    Tersedia 21 titik

    Sementara itu, Nugroho menyebutkan saat ini terdapat 21 titik SPKLU di Tol Trans Jawa. Keberadaannya mulai dari Merak hingga Probolinggo.

    “Penambahan ini bertujuan untuk memudahkan pengguna mobil listrik, terutama saat liburan Lebaran tahun 2023,” terang dia.

    Nugroho menegaskan komitmen pemerintah dalam memperluas infrastruktur untuk kendaraan listrik di jalur mudik. Hal ini bertujuan agar pemudik yang menggunakan mobil listrik dapat mengisi daya dengan mudah selama perjalanan mereka.

    “Bagi pemudik yang menaiki kendaraan listrik saat mudik ke kampung halaman, dapat memperhatikan kecukupan baterai dan melakukan pengecasan di titik-titik strategis jalur mudik,” tandas dia.

    Nah, bagi kamu yang berencana menggunakan mobil listrik saat melintasi Tol Trans-Jawa, disarankan untuk memastikan bahwa baterai kendaraan mencukupi dan merencanakan pengisian daya di titik-titik strategis di jalur mudik. Kamu juga bisa menggunakan SPKLU yang berada di 21 rest area Tol Trans-Jawa. Berikut daftar lokasinya:

    1. Km 13,5 Pinang Tangerang
    2. Km 10,6 Jagorawi
    3. Km 57 A Cikampek
    4. Km 88 A Cipularang
    5. Km 130 A Cipali
    6. Km 207 A Palikanci
    7. Km 228 A Kanci-Pejagan
    8. Km 379 A Batang
    9. Km 519 A Sragen
    10. Km 626 A Madiun
    11. Km 626 B Madiun
    12. Km 519 B Sragen
    13. Km 389 B Batang
    14. Km 229 B Kanci-Pejagan
    15. Km 207 B Palikanci
    16. Km 130 B Cipali
    17. Km 101 B Cipali
    18. Km 88 B Cipularang
    19. Km 62 B Karawang
    20. Km 21 B Jagorawi
    21. Km 6 Jakarta

    Jadi, buat kamu yang mau berpergian jarak jauh dengan mobil listrik dan hendak melalui Tol Trans-Jawa, nggak perlu khawatir lagi, ya! Cukup mampir ke rest area saja untuk mengisi daya mobil listrik kamu!

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Download aplikasinya di Play Store dan App Store!

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait