Jumat, April 25, 2025
Lainnya
    MotorIntip Cara Kerja Dan Komponen YECVT Nmax Turbo

    Intip Cara Kerja Dan Komponen YECVT Nmax Turbo

    Nmax Turbo hadir dengan gebrakan ‘Turbo’ yang membawa teknologi baru dalam sistem transmisi otomatis di kendaraan roda dua, sehingga memberikan akselerasi yang lebih responsif.

    OLX News – Banyak pencinta motor di Indonesia dibuat terkejut dengan fitur unggulan Turbo tersebut. untuk mesin, Yamaha Nmax Turbo  dilengkapi dengan mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru.

    - Advertisement -

    Selain itu, motor ini juga menggunakan teknologi Yamaha Electric Continuous Variable Transmission (YECVT), yang memberikan pengalaman berkendara dengan sensasi Turbo.

    Lantas, bagaimana sih sebenarnya cara kerja YECVT yang katanya bisa menghadirkan sensasi dorongan tambahan lebih saat dibutuhkan, layaknya sebuah turbo? Mari kita bahas!

    - Advertisement -

    Cara Kerja YECVT

    Test Ride Yamaha NMAX Turbo

    Teknologi YECVT menggantikan sistem CVT yang biasa digunakan. Sistem ini beroperasi menggunakan roller melalui gerakan sentrifugal.

    - Advertisement -

    YECVT bekerja berdasarkan instruksi dari Transmission Control Unit (TCU), yang mengatur pergerakan ECVT Motor ke Smart Generator Control Unit (SGCU).

    Ada juga Sensor Motor Position (Primary) yang mendeteksi gerakan Pulley Primary dan mengirimkan data ke Transmission Control Unit (TCU).

    Selain itu, Speed Sensor (Secondary) akan merespons pergerakan Pulley Secondary dan mengirimkan informasi kembali ke TCU.

    Komponen YECVT NMax Turbo

    Test Ride Yamaha NMAX Turbo

    Komponen penggerak YECVT terdiri dari Primary Sheave Assy (tanpa perlu perawatan), Fixed Screw Assy, Sliding Screw Assy, ECVT Motor, dan Gear Reduction Driven. Semua komponen ini mendapatkan garansi selama tiga tahun.

    Pully kini memiliki diameter yang lebih besar sebesar 10 mm, sedangkan V-belt lebih lebar 0,8 mm. Sekarang Spring Secondary juga memiliki ukuran yang lebih panjang, yaitu 48,7 mm, dengan kekerasan 163N di bagian CVT. Semua perubahan ini bertujuan untuk meningkatkan responsivitas akselerasi.

    Dengan kemunculan teknologi YECVT, Yamaha Nmax kini memiliki Riding Mode yang terdiri dari dua pilihan berkendara, yaitu S-Mode dan T-Mode. Selain itu, ada teknologi Y-Shift yang tersedia dalam tiga level: Low (1), Medium (2), dan High (3).

    Body Cylinder

    Mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru pada Nmax Turbo kini memiliki dinding silinder yang disempurnakan (Mirror Bore Cylinder) untuk mengurangi gesekan serta mengurangi kehilangan minyak. Akibatnya, suara mesin menjadi lebih halus dan tingkat vibrasi berkurang.

    Crankshaft & Rotor Assy

    Perubahan lainnya terlihat pada ukuran crankshaft yang kini lebih panjang, yaitu 301,4 mm dibandingkan dengan 283,8 mm pada Nmax sebelumnya.

    Perubahan ini bertujuan untuk mengakomodasi komponen Gear YECVT yang dipasang di area CVT motor.

    Tak hanya crankshaft, Rotor Assy motor juga lebih kompak dalam hal dimensi, kini berukuran 43,75 mm (Nmax sebelumnya 44,2 mm). Beratnya pun berkurang menjadi 1.130 gram, sementara Nmax sebelumnya memiliki bobot 1.250 gram.

    Camshaft

    Bagian Camshaft pada Nmax Turbo kini dilengkapi dengan pin dowel yang terintegrasi (built in) dengan Camshaft. Hal ini meningkatkan kekakuan dan mengurangi gesekan.

    Hydraulic Tensioner

    Salah satu perubahan yang terdapat pada mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru adalah pada tensioner.

    Generasi sebelumnya menggunakan gate stopper (bantalan untuk menekan rantai keteng) yang hanya didorong oleh per dan tuas.

    Sekarang, proses penekanan dilakukan dengan menggabungkan per dan oli, yang dikenal dengan istilah Hydraulic Tensioner.

    Sekali lagi, hal ini berkontribusi pada pengurangan vibrasi mesin, menjadikannya lebih halus saat beroperasi.

    Jalur Oli yang Baru

    Karena sistem tensioner memerlukan oli, mesin Nmax Turbo kini dilengkapi dengan jalur oli tambahan. Ini tidak hanya berfungsi untuk memberikan pelumasan pada komponen Cylinder Head dan Cylinder Body, tetapi juga memastikan bahwa bagian YECVT Gear mendapatkan pelumasan yang memadai.

    Dengan adanya jalur oli yang baru, desain crankcase mengalami perbedaan dibandingkan dengan mesin Blue Core 155cc yang digunakan oleh skuter MAXi Yamaha lainnya.

    Tentu saja, inovasi terbaru dari Yamaha ini menggantikan komponen roller, mirip dengan cara kerja mobil yang dilengkapi CVT dengan kemampuan untuk mensimulasikan perpindahan gigi.

    Nah, semoga penjelasan di ats bisa menjawab rasa penasaran kalian tentang bagaimana sih cara kerja YECVT Nmax Turbo? (TP/Z)


     

    Populer
    Tony Prasetyo
    Tony Prasetyo
    Producing, analyzing and publishing original and high quality SEO articles.
    Berita Terkait