Rabu, Juni 19, 2024
Lainnya
    InformasiiOS 18 Segera Rilis, Bakal Lebih Fokus ke AI

    iOS 18 Segera Rilis, Bakal Lebih Fokus ke AI

    Sumber foto: detik.com

    iOS 18 membawa update fitur besar-besaran yang terfokus pada AI yang canggih untuk memanjakan pengguna.

    News.OLX – Apple bersiap untuk merilis sistem operasi terbarunya, iOS 18 pada acara Worldwide Developers Conference (WWDC) pada Juni 2024 mendatang.

    Setelah sukses dengan iOS 17 pada tahun 2023, ekspektasi melambung tinggi atas peningkatan yang akan sistem operasi iPhone 18 bawa, terutama dengan adopsi teknologi kecerdasan buatan yang semakin canggih.

    Transformasi kecerdasan buatan di iOS 18

    Dengan serangkaian transformasi signifikan yang terjadi, harapannya OS terbaru ini bisa meningkatkan pengalaman pengguna dengan kuatnya kemampuan kecerdasan buatan di seluruh sistem operasi.

    Beberapa prediksi terkait penguatan kecerdasan buatan ini, yaitu.

    1. Generative AI

    Salah satu hal yang paling menarik dari iOS 18 adalah fokusnya pada generative AI. Kecerdasan buatan generatif adalah cabang kecerdasan buatan yang mampu menghasilkan konten baru, seperti gambar, teks, atau musik.

    Dalam konteks iOS 18, artificial intelligence generative bisa sangat berguna untuk berbagai tujuan, seperti:

    • Meningkatkan kualitas foto dan video secara otomatis
    • Menerjemahkan bahasa secara real-time
    • Menghasilkan teks kreatif, seperti puisi, cerita, atau kode (Xcode)
    • Membuat musik atau karya seni

    Melalui fitur kecerdasan buatan generatif Xcode memungkinkan pengembang menghasilkan aplikasi baru dengan lebih cepat.

    Selain itu, ada juga fitur kecerdasan buatan lain yang turut hadir, yaitu layanan navigasi yang lebih baik berkat dukungan dari Apple Maps.

    2. Asisten pintar yang lebih canggih

    Asisten virtual Siri juga mengalami pembaruan besar dalam hal pemahaman bahasa alami dan respons yang lebih cerdas. Hal ini karena LLM atau large language model akan menyokong kinerja Siri.

    Dengan menggunakan teknologi kecerdasan buatan terkini, Siri akan menjadi teman digital yang lebih responsif juga bisa memahami konteks pembicaraan dengan lebih baik.

    3. Pengoptimalan prosesor neural

    iOS 18 juga akan meningkatkan penggunaan prosesor neural untuk aplikasi dan layanan tertentu. Tujuannya untuk memberikan kinerja yang lebih cepat dan efisien dalam menjalankan tugas-tugas yang membutuhkan pemrosesan kecerdasan buatan, seperti pengenalan gambar dan suara.

    4. Peningkatan keamanan berbasis AI

    Keamanannya juga meningkat melalui integrasi kecerdasan buatan dalam deteksi ancaman dan pemantauan aktivitas yang mencurigakan. Peningkatan ini tujuannya untuk memberikan perlindungan tambahan terhadap serangan siber dan privasi pengguna. Di sisi lain, pemindaian Face ID yang juga mengalami peningkatan: lebih akurat.

    iOS 18 (1)
    Sumber foto: blackxperience.com

    Pengalaman pengguna iPhone yang lebih personal

    Selain fitur kecerdasan buatan, iOS 18 juga akan menghadirkan peningkatan lain yang tujuannya untuk meningkatkan pengalaman pengguna iPhone.

    Salah satu peningkatan yang paling ditunggu-tunggu adalah dukungan untuk sideload aplikasi di Uni Eropa. Fitur ini akan memungkinkan pengguna untuk menginstal aplikasi dari App Marketplace.

    Selain itu, terdapat fitur rekomendasi aplikasi yang sudah dikustomisasi secara otomatis. Adanya fitur ini diharapkan mampu membuat pengalaman pengguna semakin intuitif.

    Contohnya integrasi AI dalam aplikasi Pesan yang bisa secara otomatis menjawab pertanyaan dan menyelesaikan kalimat. Kemudian ada fitur AI baru di aplikasi Music yang memungkinkan terbentuknya playlist otomatis.

    Peningkatan lain yang juga diprediksi akan hadir di iOS 18 adalah

    • Desain yang lebih segar dan modern, juga
    • Kinerja yang lebih cepat dan lancar.

    Tanggal rilis

    Bulan September umumnya menjadi waktu perilisan sistem operasi baru. Namun, iOS 18 berbeda. Sistem operasi ini kemungkinan akan rilis lebih awal, yaitu bulan Juni bersamaan dengan acara WWDC.

    iOS 18 menandai langkah besar Apple dalam memanfaatkan kecerdasan buatan untuk meningkatkan fungsionalitas dan pengalaman pengguna.

    Dengan mengusung berbagai pembaruan fitur besar-besaran, pengguna dapat mengantisipasi penggunaan perangkat iOS yang lebih cerdas dan terkoneksi dengan dunia sekitarnya. Tanggal rilis iOS 18 juga akan menjadi momen paling dinanti oleh penggemar teknologi di seluruh dunia. Apakah kamu juga menantikannya?

    Dapatkan informasi terbaru lainnya seputar handphone dan gadget melalui OLX! Selain itu, ada aplikasi OLX yang bisa kamu unduh melalui Play Store atau App Store untuk mencari dan mendapatkan barang impianmu.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait