Minggu, Juni 16, 2024
Lainnya
    Tips & TrikJangan Panik, Begini Cara Mengusir Tikus di Rumah

    Jangan Panik, Begini Cara Mengusir Tikus di Rumah

    5 cara mengusir tikus di rumah ampuh dan mudah menggunakan bahan alami, racun, atau perangkap.

    News.OLX – Tikus adalah hewan pengerat yang kehadirannya sangat mengganggu kenyamanan. Bukan hanya merusak makanan dan barang-barang, tikus juga membahayakan kesehatan. 

    Dalam air liur dan kencingnya mengandung virus dan bakteri seperti leptospirosis, hantavirus, dan salmonellosis. Lalu, bagaimana cara mengusir tikus di rumah?

    Memang, bagi yang sudah mengetahui caranya, mengusir tikus dari rumah bisa menjadi hal yang mudah. Namun, bagaimana jika belum tahu? Yuk simak dulu 5 cara mengusir tikus di rumah berikut.

    1. Minyak Esensial

    Minyak esensial biasanya kamu gunakan untuk apa? Pewangi, ya? Ternyata, minyak esensial dari varian peppermint dan cengkeh, bisa kamu manfaatkan untuk mengusir tikus.

    Cara mengusir tikus di rumah menggunakan minyak esensial tergolong mudah. Kamu bisa pakai bersama diffuser atau ambil bola kapas, celupkan ke minyak esensial, kemudian letakkan di area-area yang biasa menjadi jalur tikus masuk.

    2. Jebakan Tikus

    Ini adalah cara mengusir tikus di rumah paling umum. Jebakannya pun ada berbagai model. Mulai dari massal, joni cat, black cat, walk plank, jepretan, hingga setrum.

    Kamu bisa memposisikan jebakan tikus di depan lubang atau jalur tikus di saat menjelang malam hingga pagi. Untuk penarik atensi tikus, beri umpan makanan yang sekiranya tikus doyan, seperti daging atau marshmallow.

    3. Lada atau Cabai Bubuk

    Buat kamu yang sedang mencari cara ampuh mengusir tikus di rumah tanpa racun, cabai atau lada bubuk, baik lada putih maupun hitam bisa menjadi alternatif. Hal ini karena tikus membenci aroma pedas, sehingga ia akan menjauh saat mendapati aroma ini.

    Untuk pemanfaatannya sama, yaitu menaburkan bubuk lada di titik-titik yang kerap tikus lalui sebagai jalan masuk.

    4. Cuka

    Cara mengusir tikus di rumah selanjutnya, memakai cuka, baik cuka putih atau apel. Tikus memiliki indera penciuman yang tajam. Namun, ada sejumlah bau yang tidak ia sukai. Salah satunya aroma menyengat dari cuka. 

    Di sini, kamu bisa membuat larutan cuka dengan mencampur 60% cuka dengan 40% air ke botol spray. Selanjutnya, semprotkan di area-area yang menjadi jalur tikus.

    5. Racun Tikus

    Jika keempatnya masih belum sempurna mengusir tikus dari rumah dan tikus masih kembali lagi. Beli racun tikus! Bentuknya macam-macam, ada yang bubuk hingga snack kecil-kecil. Untuk itu, simpan dan gunakan dengan baik-baik. Jangan sampai termakan anak kecil atau orang lain.

    Selain menerapkan 5 cara mengusir tikus di rumah di atas, pastikan untuk membersihkan dan merapikan rumah juga memastikan tidak ada makanan berserakan karena memicu datangnya tikus.

    Buat kamu yang sedang mencari berbagai perlengkapan di atas, yuk cek dulu OLX. Atau download aplikasi OLX melalui Google Play Store atau App Store untuk akses praktis dan mudah.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait