Rabu, Juli 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikJangan Sampai Kena Tipu QR Code, Ini Cara Menghindarinya

    Jangan Sampai Kena Tipu QR Code, Ini Cara Menghindarinya

    QR code kerap disalahgunakan oleh para penjahat siber. Supaya tidak jadi korban penipuan, terapkan cara-cara berikut.

    News.OLX – Belakangan ini, modus penipuan berkedok QR code kian menjadi-jadi. Faktanya, para penjahat siber bisa mengakses data sensitif kamu cukup dengan meminta kamu meng-scan QR code palsu. Dengan cara ini, korban pun bisa kehilangan uang dalam jumlah besar.

    Inilah sebabnya kenapa kamu harus membekali diri dengan informasi lengkap seputar kejahatan siber yang satu ini.

    4 Cara Menghindari Penipuan Berbasis QR Code

    Kunci menghindari penipuan kode QR yaitu jangan pernah sembarangan meng-scan kode yang tidak jelas asal-usulnya. Selain itu, berikut adalah beberapa kiat lainnya untuk menghindari scam bermodus QR code:

    QR code (1)

    1. Pastikan Keabsahan Kode

    Apabila kamu tiba-tiba menerima pesan dengan kode QR, apalagi jika pesan tersebut mengaku berasal dari institusi penting seperti bank, sebaiknya jangan buru-buru scan.

    Sebaliknya, luangkan waktu sejenak untuk memverifikasi keasliannya. Hubungi langsung perusahaan atau institusi tersebut melalui kontak resmi customer service.

    Ingat, penipu umumnya menggunakan SMS atau chat palsu untuk mengelabui korbannya supaya membeberkan informasi sensitif. Dengan mengecek ulang ke pihak yang bersangkutan, maka kamu bisa menghindari risiko jadi korban penipuan online.

    2. Waspadai Modus Penipuan dengan Iming-Iming Hadiah

    Selalu berhati-hati saat seseorang meminta kamu untuk meng-scan QR code agar bisa dikirimi uang, karena ini biasanya merupakan trik penipu. Alih-alih menerima uang, kamu malah bisa kehilangan seluruh saldo di rekeningmu.

    Dalam beberapa kasus, secara tidak sadar kamu bisa saja memberikan akses kepada oknum kriminal ke rekening bank, dan akhirnya mengakibatkan risiko bagi keuanganmu. Penipu menggunakan taktik ini untuk memperdaya orang dan memanfaatkan kepercayaan mereka.

    Agar tetap aman, selalu periksa kembali permintaan pembayaran apapun dan hanya gunakan platform tepercaya serta aman untuk transaksi keuangan. Apabila ada sesuatu yang tampak janggal atau kelewat muluk-muluk, coba periksa kembali kebenarannya.

    3. Instal Software Antivirus

    Perkuat keamanan gadget dengan menginstal software antivirus yang teruji. Tindakan penting ini bertujuan untuk mencegah risiko perangkat terinfeksi malware meskipun kamu secara tidak sengaja meng-scan QR code berbahaya.

    Software antivirus senantiasa memantau dan melindungi perangkat dari virus, spyware, dan program jahat lainnya.

    Aplikasi ini memberikan lapisan perlindungan ekstra, sehingga dapat mengidentifikasi dan menetralisir ancaman apapun yang mencoba menyelinap masuk ke sistem perangkat melalui kode QR atau cara lainnya.

    4. Tolak Permintaan Orang Tidak Dikenal

    Sah-sah saja untuk menolak permintaan orang asing yang tiba-tiba menyuruh kamu untuk meng-scan suatu QR code, lebih-lebih jika kamu merasa ragu atau tidak nyaman. Keamanan dan privasi kamu adalah yang terpenting, jadi kamu harus selalu memprioritaskannya.

    Kalau kamu merasa sulit untuk menolak, cara yang sederhana dan efektif adalah dengan mengatakan bahwa kamu sedang terburu-buru. Dengan begini, kamu bisa pergi dengan sopan tanpa merasa berkewajiban untuk memenuhi permintaan tersebut.

    Ingat, itu sudah jadi hak kamu untuk melindungi informasi pribadi. Ikuti nalurimu, dan jangan ragu untuk mendahulukan keselamatanmu dengan menolak permintaan yang membuatmu risau.

    Kesimpulannya, ada banyak penipuan bermodus QR code yang harus diwaspadai. Jadi, kamu wajib curiga saat menerima pesan berisikan QR code, apalagi dari sumber yang tidak kamu kenal. Tetaplah berhati-hati, ya, kapan pun dan di mana pun.

    Wujudkan impian memiliki rumah idaman dengan OLX yang terjamin keamanannya! Temukan beragam properti dengan harga terbaik. Nikmati kemudahan berbelanja dengan download aplikasinya sekarang di Google Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait