Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikJangan Tergiur Mobil Bekas Murah, Waspada Bekas Tabrak dan Banjir!

    Jangan Tergiur Mobil Bekas Murah, Waspada Bekas Tabrak dan Banjir!

    Mobil bekas murah memang menarik, tapi cek dulu apakah mobilnya bekas tabrakan atau banjir melalui informasi ini, ya!

    News.OLX – Mobil bekas murah memang memiliki daya tarik sendiri, apalagi bagi calon pembeli yang memiliki dana terbatas. 

    Tapi, ketika kamu mendapatkan tawaran harga seperti itu, jangan langsung senang dulu, ya. Sebab, bisa saja harga murah ini diberikan karena sebelumnya telah mengalami tabrakan atau banjir!

    Lalu, kenapa mobil dengan dua kondisi tersebut terkesan kurang baik? Yuk simak alasannya, dan ciri-ciri mobil bekas murah di bawah ini!

    Alasan Mobil Bekas Tabrak dan Banjir Perlu Kamu Hindari

    Tabrakan menjadi salah satu alasan terbesar membuat kendaraan mengalami permasalahan, di mana bagian yang mendapatkan efek terbesar ialah mesin dan eksteriornya.

    Apabila pemilik sebelumnya sudah melakukan perbaikan atau servis dengan benar, maka hal ini mungkin tidak terlalu menjadi permasalahan besar. Namun, jika dilakukan dengan tidak baik, maka sudah pasti kedua bagian tersebut akan bermasalah ketika sudah sampai ke tangan pemilik baru.

    Hal ini jugalah yang membuat beberapa orang yang merasa kerusakan mobilnya sudah tidak tertolong memilih menjualnya dengan murah.

    Sementara itu, mobil bekas terkena banjir secara otomatis sudah akan memiliki kondisi berbeda daripada sebelum terkena air tersebut.

    Beberapa aspek yang terkena dampak besarnya adalah bagian eksterior, interior, dan mesinnya. Jika tidak ingin mengeluarkan uang tambahan demi servis mobil bekas murah ini, maka usahakan untuk menghindari kendaraan ini, ya.

    Ciri-Ciri Mobil Bekas Murah Mengalami Tabrakan

    Ketika melakukan survei terhadap mobil bekas murah, maka sejumlah ciri-ciri yang menunjukkan kendaraan ini pernah bertabrakan adalah:

    1. Celah Natnya Tidak Rata

    Mobil yang pernah tabrakan pada umumnya mempunyai celah nat yang kurang merata, yaitu di area nat kap mesin, nat pintu, bumper, hingga bagasi. Biasanya, ketika melihat setiap celah tersebut, kamu akan melihat bahwa kerapatannya berbeda.  

    2. Belang pada Beberapa Area

    Sebaiknya, kamu curiga ketika menemukan adanya area mobil yang mempunyai warna cat beda atau belang. Apabila menemukan belang, kemungkinan mobil pernah bertabrakan. Area yang dimaksud ialah fender atau tulangan dalam yang warnanya senada dengan bodi.

    Jika karena pemakaian, warnanya akan cenderung kecoklatan atau kotor. Perbedaan warna di ruang mesin, dek bawah, bagasi, hingga baut juga bisa mengindikasikan hal serupa.

    3. Bergelombangnya Bagian Dudukan Karet

    Kamu dapat mengeceknya dengan tarik karet mobil, seperti di pintu, bagasi, atau kap. Ketika karet ditarik dan nampak bahwa tulangan telah bergelombang, maka usahakan untuk menghindari memilih mobil ini.

    4. Komponen Lainnya

    Masih banyak komponen lainnya yang dapat kamu amati, misalnya engsel. Engsel pabrikan warnanya akan kekuningan, sementara bekas tabrakan, engsel akan diberikan cat seperti warna mobil.

    Saat mobil berdiri dengan mesin mati, posisinya pun pada umumnya akan terlihat berbeda, seperti lebih tidak seimbang.

    Ciri-Ciri Mobil Bekas Murah Pernah Terkena Banjir

    Sementara itu, mobil yang pernah terkena banjir akan memiliki ciri-ciri:

    1. Adanya Bau Tidak Sedap

    Aroma tidak sedap di kabin pada mobil yang pernah terkena banjir sulit hilang, sehingga ini akan mempermudahmu mengecek. Aromanya, biasanya apek atau terlalu menyengat akibat penggunaan zat penghilang bau.

    2. Area Interior yang Mempunyai Bekas-Bekas Banjir

    Di area yang tidak terlalu sering mendapatkan perhatian, seperti di balik karpet, kamu akan menemukan tanah, pasir, serta noda air. Jika kain pembungkus jok dan karpet diganti, coba tanyakan alasannya.

    3. Endapan Kotoran di Mesin

    Endapan kotoran dan bekas banjir di mesin juga secara otomatis menjadi tanda. Namun, kamu perlu bantuan profesional untuk mengeceknya.

    4. Karat pada Bumper dan Baut

    Jika kedua area ini berkarat, maka kemungkinan sudah pernah terkena banjir, sehingga kamu harus waspada.

    Agar bisa mengecek apakah mobil bekas murah tersebut pernah tabrakan atau terkena banjir, maka bawalah seorang profesional atau jasa inspector mobil, sehingga mereka bisa menilai dengan objektif.

    Jika tertarik mencari mobil bekas murah ini, kamu bisa cek juga di OLX. Jangan lupa unduh aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait