Selasa, Juli 16, 2024
Lainnya
    LainnyaJenis-Jenis Airbag Mobil dan Mana yang Paling Aman?

    Jenis-Jenis Airbag Mobil dan Mana yang Paling Aman?

    Airbag mobil merupakan salah satu fitur keselamatan yang penting pada kendaraan modern saat ini. Airbag mobil berfungsi untuk memberikan perlindungan tambahan pada pengemudi dan penumpang di dalam mobil dalam kecelakaan.

    Prinsip kerja airbag mobil sangat sederhana, ketika mobil terlibat dalam kecelakaan, sensor yang terpasang pada mobil akan mendeteksi kecepatan dan arah tabrakan. Sensor tersebut akan mengirimkan sinyal ke unit kontrol, yang kemudian akan memutuskan apakah airbag perlu diaktifkan atau tidak. 

    Jika airbag diaktifkan, maka unit kontrol akan mengirimkan sinyal ke bagian airbag untuk mengembang.

    Airbag terbuat dari bahan yang tahan lama dan dapat menahan tekanan yang tinggi. Saat terjadi kecelakaan dan airbag diaktifkan, maka udara akan dipompa ke dalam airbag dalam waktu kurang dari satu detik. 

    Saat udara terkumpul dalam airbag, maka airbag akan mengembang dan memberikan perlindungan pada pengemudi atau penumpang yang terlibat dalam kecelakaan.

    Agar lebih mudah memahami tentang airbag berikut dijelaskan secara detail jenis-jenis airbag mobil dan mana yang paling aman.

    Baca juga: Mengenal Airbag Mobil: Pengertian, Fungsi hingga Cara Kerjanya

    Jenis-jenis Airbag Mobil

    Ilustrasi Airbag
    Ilustrasi Airbag (Freepik)

    Airbag mobil adalah salah satu fitur keamanan pasif pada mobil yang dirancang untuk melindungi penumpang dari cedera dalam kecelakaan mobil. Berikut ini adalah beberapa jenis airbag mobil.

    • Airbag depan

    Jenis airbag ini terletak di bagian depan mobil dan dirancang untuk melindungi kepala dan dada pengemudi dan penumpang depan saat terjadi tabrakan depan. Airbag depan biasanya dilengkapi dengan sensor yang mendeteksi kecepatan mobil, sudut tabrakan, dan kekuatan benturan untuk menentukan kapan harus melepaskan airbag.

    • Airbag samping

    Airbag samping biasanya terletak di samping kursi dan dirancang untuk melindungi kepala, bahu, dan dada pengemudi dan penumpang saat terjadi tabrakan samping. Ada dua jenis airbag samping: airbag samping yang melindungi tubuh bagian atas dan airbag samping yang melindungi tubuh bagian bawah.

    • Airbag kantung udara tirai

    Airbag kantung udara tirai terletak di sepanjang atap mobil dan dirancang untuk melindungi kepala dan leher pengemudi dan penumpang dari cedera saat terjadi tabrakan samping atau rollover.

    • Airbag lutut

    Airbag lutut biasanya terletak di bawah dashboard dan dirancang untuk melindungi kaki dan lutut pengemudi saat terjadi tabrakan depan.

    • Airbag belakang

    Airbag belakang terletak di belakang kursi dan dirancang untuk melindungi kepala dan leher penumpang belakang saat terjadi tabrakan samping atau rollover.

    Baca juga: Pengembangan Teknologi Airbag, Sekarang Bisa Memeluk Tubuh Penumpang

    Fungsi Utama dan Deskripsi Model Airbag Mobil

    Fungsi utama dari airbag mobil adalah untuk memberikan perlindungan tambahan bagi pengemudi dan penumpang dalam kecelakaan mobil. Airbag bekerja dengan cepat untuk mengisi kantung udara yang terbuat dari bahan yang sangat kuat dan tahan aus, kemudian membuang udara dengan cepat saat tabrakan terjadi.

    Deskripsi model airbag mobil bervariasi tergantung pada jenisnya, tetapi umumnya memiliki desain yang kompak dan tidak mengganggu penampilan mobil. Bahan yang digunakan untuk membuat airbag ini sangat kuat dan tahan aus sehingga dapat menahan benturan keras saat terjadi tabrakan mobil. 

    Airbag biasanya dirancang untuk melepaskan gas inert seperti nitrogen untuk mengembang dengan cepat dan mengisi kantung udara dengan tekanan yang cukup untuk melindungi penumpang.

    Sensor yang terletak di sekitar mobil mendeteksi tanda-tanda kecelakaan, seperti benturan atau percepatan yang tajam. Setelah mendeteksi kecelakaan, sensor ini mengirimkan sinyal ke sistem kontrol airbag mobil untuk memicu airbag. 

    Setelah airbag melepaskan gas, kantung udara di dalamnya cepat mengembang dan melindungi pengemudi dan penumpang dari benturan keras. 

    Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini beberapa model airbag mobil juga dilengkapi dengan fitur tambahan seperti sensor berbasis kamera dan radar, yang membantu dalam mendeteksi kecelakaan dan menentukan kapan harus melepaskan airbag untuk memberikan perlindungan yang lebih baik. 

    Dalam banyak kasus, sistem airbag mobil bekerja sama dengan sabuk pengaman untuk memberikan perlindungan maksimal bagi penumpang dalam kecelakaan mobil.

    Baca juga: Alasan Toyota Tawarkan Varian New Yaris Cuma Pasang 3 Airbag

    Kelebihan dan Kekurangan Airbag Mobil

    Airbag mobil memiliki kelebihan dan kekurangan terkait fungsinya untuk fitur keamanan dan keselamatan pengemudi dan penumpang. Berikut penjelasan kelebihan dan kekurangan dari airbag mobil.

    Kelebihan Air Bag Mobil:

    • Airbag melindungi pengemudi dan penumpang dari cedera

    Airbag mobil dapat memberikan perlindungan tambahan bagi pengemudi dan penumpang saat terjadi tabrakan mobil, terutama tabrakan depan. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko cedera serius dan bahkan menyelamatkan nyawa.

    • Airbag akan menjaga posisi duduk

    Airbag membantu menjaga posisi duduk pengemudi dan penumpang selama kecelakaan. Dalam beberapa kasus, airbag dapat membantu mencegah pengemudi dan penumpang dari terlempar keluar dari kendaraan.

    • Airbag bakal mengurangi risiko cedera kepala

    Airbag mobil terutama dirancang untuk melindungi kepala pengemudi dan penumpang. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko cedera kepala seperti lecet, memar, hingga luka serius pada otak.

    • Airbag mudah digunakan

    Airbag mobil bekerja secara otomatis dan tidak memerlukan tindakan dari pengemudi atau penumpang. Ketika terjadi tabrakan mobil, airbag akan melepaskan kantung udara dengan sendirinya, dan memberikan perlindungan tambahan dengan cepat.

    Kekurangan Airbag Mobil:

    • Penggunaan yang Salah Bisa Menyebabkan Cedera

    Airbag mobil dapat menyebabkan cedera jika tidak digunakan dengan benar. Jika pengemudi atau penumpang tidak menggunakan sabuk pengaman dengan benar, airbag dapat menyebabkan cedera pada leher, tulang belakang, dan dada.

    • Biaya Perawatan Mahal

    Airbag mobil adalah salah satu fitur keamanan mobil yang paling mahal, dan membutuhkan biaya tambahan untuk perawatan dan perbaikan.

    • Airbag Bisa Rusak

    Airbag mobil bisa rusak atau bocor, terutama jika terkena kerusakan pada bagian kendaraan. Jika airbag rusak, maka akan memerlukan biaya perbaikan yang cukup besar.

    • Airbag Bisa Saja Tidak Berfungsi dalam Semua Kondisi

    Airbag mobil mungkin tidak berfungsi dengan baik dalam semua jenis kecelakaan. Airbag biasanya dirancang untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari tabrakan depan, dan mungkin tidak bekerja dengan baik dalam kecelakaan samping atau rollover.

    Cara Kerja Airbag Mobil

    Cara kerja airbag mobil terjadi dalam hitungan detik saat terjadi tabrakan mobil. Cara pertama yakni aka nada deteksi kecelakaan. Sensor yang terletak di sekitar mobil mendeteksi tanda-tanda kecelakaan seperti percepatan tajam atau benturan keras. 

    Lalu setelah itu sinyal ke sistem kontrol. Setelah mendeteksi kecelakaan, sensor mengirimkan sinyal ke sistem kontrol airbag mobil untuk memicu airbag. Kemudian pemicu melepaskan gas. 

    Ketika sistem kontrol menerima sinyal, pemicu melepaskan gas inert seperti nitrogen yang di dalam tabung. Gas ini bertindak untuk mengembangkan kantung udara dalam airbag dengan cepat. Cara kerja selanjutnya yakni, kantung udara mengembang. 

    Kantung udara dalam airbag mobil mengembang dengan sangat cepat, hingga mencapai ukuran yang cukup besar untuk menutupi jarak antara pengemudi atau penumpang dengan bagian dalam kendaraan.

    Lalu akan ada perlindungan tambahan. Airbag melindungi pengemudi dan penumpang dari benturan dengan memperluas jangkauannya pada daerah yang rentan, seperti kepala, dada dan leher. Output akhirnya yakni, udara keluar. 

    Setelah memberikan perlindungan, kantung udara airbag mengempis dan udara keluar dengan cepat. Setelah itu, airbag dapat dilepas dari sistem kontrol dan kendaraan dapat dibawa ke bengkel untuk perbaikan.

    Cara Cek Airbag Mobil

    Cek airbag mobil adalah suatu prosedur penting yang harus dilakukan secara rutin untuk memastikan bahwa sistem airbag kendaraan masih berfungsi dengan baik. Berikut adalah beberapa cara cek airbag mobil.

    • Periksa lampu indikator airbag

    Sebagian besar mobil dilengkapi dengan lampu indikator airbag yang akan menyala saat terjadi kerusakan pada sistem airbag. Saat menyalakan kendaraan, periksa apakah lampu indikator airbag di dashboard mobil menyala, dan pastikan lampu tersebut mati setelah beberapa detik.

    • Periksa modul airbag

    Modul airbag adalah komponen penting dalam sistem airbag. Untuk memeriksa modul airbag, Anda dapat membuka bagian roda kemudi atau bagian dashboard mobil dan mencari modul tersebut. Periksa apakah kabel dan konektor modul terhubung dengan baik.

    • Perhatikan suara dan gejala tidak wajar

    Jika Anda mengalami suara atau gejala tidak wajar pada sistem airbag, seperti suara mendengung atau kantung udara yang tampak rusak, segera bawa kendaraan ke bengkel untuk diperiksa.

    Komponen Airbag Mobil

    Sistem airbag mobil terdiri dari beberapa komponen yang bekerja bersama-sama untuk memberikan perlindungan tambahan saat terjadi kecelakaan. Berikut adalah beberapa komponen airbag mobil:

    • Sensor

    Sensor adalah komponen penting dalam sistem airbag yang mendeteksi tanda-tanda kecelakaan seperti percepatan tajam atau benturan keras. Sensor biasanya terletak di beberapa lokasi strategis di mobil, seperti di depan dan belakang kendaraan.

    • Modul airbag

    Modul airbag adalah pusat kontrol sistem airbag yang berfungsi untuk mengumpulkan data dari sensor dan memutuskan kapan airbag harus dikeluarkan. Modul airbag biasanya terletak di bawah dashboard mobil atau di bagian roda kemudi.

    • Tabung gas

    Tabung gas berisi gas inert seperti nitrogen yang digunakan untuk mengembangkan kantung udara dalam airbag dengan cepat saat terjadi kecelakaan.

    • Kantung udara

    Kantung udara adalah kantong yang terbuat dari bahan yang sangat kuat dan dirancang untuk mengembang dengan cepat saat terjadi kecelakaan. Kantung udara biasanya terletak di roda kemudi untuk melindungi pengemudi, dan di dashboard atau di jok untuk melindungi penumpang.

    • Sabuk pengaman

    Sabuk pengaman adalah komponen penting dalam sistem keselamatan kendaraan yang bekerja sama dengan airbag. Sabuk pengaman membantu menahan tubuh pengemudi dan penumpang agar tidak terlempar saat terjadi tabrakan, dan juga membantu mengurangi tekanan pada kantung udara saat terjadi tabrakan.

    • Kabel dan konektor

    Kabel dan konektor adalah komponen yang terhubung dengan sensor, modul airbag, dan kantung udara. Kabel dan konektor memastikan komponen-komponen tersebut bekerja dengan baik dan terhubung dengan sistem listrik mobil.

    Nah, itulah penjelasan mengenai airbag mobil, pastikan bahwa selalu tertib dalam berlalu lintas agar aman dalam berkendara. Kalau soal membeli mobil bekas, selalu percayakan pada yang pasti aja. 

    Yaitu dengan memilih dealer terpercaya yang dapat memberikan penawaran terbaik serta garansi pada unit yang Anda beli seperti OLX Autos.

    Membeli mobil bekas yang aman digunakan di jalan tentu harus fokus pada Kualitasnya. #PilihYangPasti untung di OLX Autos. Kamu bisa pilih ribuan unit mobil dengan kualitas terbaik dan sudah melalui inspeksi.. Sehingga bergaransi dan dijamin aman dan nyaman untuk berkendara bersama keluarga tercinta!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait