Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    Tips & TrikMacam-Macam Filter Mobil dan Fungsinya

    Macam-Macam Filter Mobil dan Fungsinya

    Selain filter oli, ternyata ada berbagai filter lainnya yang disematkan pada

    News.OLX – Filter mobil adalah salah satu komponen penting dalam sirkulasi udara pada mobil. Sehingga, dalam menjaganya kamu memerlukan pemeriksaan berkala untuk menjaga kinerja mobil agar tetap prima.

    Filter ini memiliki fungsi untuk menyaring partikel-partikel seperti udara, debu, dan kotoran sehingga tidak merusak komponen mobil. Selain itu, filter juga membantu mencegah munculnya kerak pada sparepart di dalam mobil.

    Lalu, kelebihan dari filter mobil adalah menjaga kebersihan ruang pembakaran, mencegah karatan yang sering terjadi pada mesin kendaraan dan menjaga kondisi mesin agar tetap bertenaga saat dikendarai.

    Alasan mengapa filter perlu diganti secara rutin

    Karena pentingnya filter mobil bagi kelangsungan sirkulasi yang bersih di dalam mesin, jika kamu tidak memeriksa kondisinya secara rutin, kotoran yang tersaring dalam filter akan menjadi menumpuk dan akibatnya mesin jadi tidak optimal saat bekerja.

    Dan, jika filter juga tidak diganti sesuai jadwal yang disarankan, kemampuannya untuk menyaring debu dan kotoran akan berkurang, yang dapat berdampak negatif pada komponen mobil lainnya.

    filter (2)

    Jenis filter pada mobil

    Di dalam mobil, ada beberapa jenis filter yang perlu kamu ketahui. Berikut adalah ulasan singkat berbagai jenis filter mobil dan panduan penggantian yang sesuai :

    1. Filter udara

    Filter udara biasanya memerlukan penggantian setelah mobil kamu menempuh sekitar 30.000-40.000 kilometer atau sekitar 2 hingga 3 tahun.

    Fungsinya adalah untuk menyaring partikel debu agar tidak merusak sistem injeksi dan ruang bakar mesin.

    Penting untuk secara rutin memeriksa kondisi filter ini, karena jika dibiarkan terlalu lama dalam kondisi kotor, maka dapat mempengaruhi tenaga mesin dan meningkatkan konsumsi bahan bakar.

    2. Filter oli

    Filter oli memiliki tugas penting yaitu menjaga agar oli mesin tetap bersih dari kontaminan seperti air, serbuk logam, dan kotoran lainnya. 

    Kebersihan oli mesin sangat penting karena jika terkontaminasi, dapat mengganggu pelumasan mesin dan berpotensi merusak komponen mesin.

    Sebaiknya penggantian filter oli kurang lebih setiap 10.000 kilometer atau sekitar setiap enam bulan selama servis berkala.

    3. Filter bahan bakar

    Filter bahan bakar memiliki peran penting menyaring kotoran dalam bahan bakar untuk menjaga kelancaran aliran bahan bakar.

    Kotoran tersebut harus disaring agar tidak menyumbat saluran bahan bakar, yang dapat mengakibatkan masalah akselerasi dan gangguan dalam aliran bahan bakar.

    Selain itu, filter bahan bakar juga harus dijaga agar tidak terkontaminasi air, karena air dapat menyebabkan pembentukan karat pada komponen mesin.

    Penggantian filter bahan bakar tidak perlu dilakukan terlalu sering, biasanya disarankan sekitar setiap 80.000 kilometer atau sekitar setiap 4 tahun sekali.

    4. Filter AC

    Salah satu filter mobil lainnya yang harus rutin diganti adalah filter AC. Penggantian filter AC sebaiknya dilakukan setiap enam bulan atau setiap 10.000 kilometer.

    Filter AC memiliki peran penting dalam mempengaruhi kualitas udara di dalam kabin mobil. Fungsinya adalah menyaring udara yang mungkin tidak sehat atau kurang baik.

    Ketika filter AC kotor, maka kotoran dapat menempel pada evaporator, menghambat proses pendinginan udara, dan dapat menyebabkan bau tidak sedap. Setiap filter mobil memiliki peran uniknya dalam menjaga komponen mobil lainnya.

    Penting untuk diingat bahwa filter-filter ini bisa menjadi kotor atau berkurang kinerjanya lebih cepat tergantung pada cara mobil digunakan dan kualitas udara di daerah tempuhnya.

    Oleh karena itu, pemeriksaan filter mobil saat servis berkala sangat penting untuk memastikan bahwa kondisinya tetap optimal.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX  Member of ASTRA. Download aplikasinya sekarang di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait