Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    LainnyaJenis-Jenis Handbrake Mobil dan Cara Tepat Menggunakannya Agar Aman

    Jenis-Jenis Handbrake Mobil dan Cara Tepat Menggunakannya Agar Aman

    Handbrake atau rem tangan adalah salah satu komponen keamanan penting pada mobil. Handbrake berfungsi sebagai alat pengereman darurat. Selain  itu handbrake juga berperan dalam mengunci roda saat parkir. 

    Ada beberapa jenis-jenis handbrake yang perlu diketahui yakni handbrake stik, pedal dan tombol. Masing-masing jenis handbrake ini memiliki beberapa fungsi untuk mengerem dan mengunci roda. 

    Adanya handbrake akan membantu pengemudi dalam memberhentikan mobil dengan praktis. Selain itu menambah sisi keamanan pada mobil saat ditinggalkan. Sehingga saat di parkir di tempat yang tidak rata, kemungkinan mobil untuk menggelinding akan kecil.

    Baca juga: Parkir Mobil, Wajibkah Posisi Ban Harus Lurus?

    Handbrake yang mudah dioperasikan ini pun biasanya ditempatkan di dekat tuas transmisi sehingga mudah di jangkau. Namun ada pula yang menempatkannya di bawah dashboard dekat dengan kemudi.

    Agar lebih mudah dipahami, berikut dijelaskan jenis-jenis handbrake mobil.

    Jenis-Jenis Handbrake

    • Handbrake stik

    Handbrake jenis stik merupakan handbrake yang seringkali dipakai di mobil manual maupun matic. Adapun bentuk dari Handbrake tangan ini menyerupai stik sehingga disebut handbrake stik. Handbrake ini pada bagian ujungnya dilengkapi dengan sebuah tombol yang bisa ditekan.

    • Handbrake pedal

    Handbrake jenis pedal merupakan handbrake yang mekanisme penggunaannya diinjak seperti gas. Handbrake jenis ini sering dipakai pada mobil matic. Agar Handbrake tangan jenis ini berfungsi dengan baik, Anda harus menginjak Handbrake dalam. Hal ini berfungsi untuk mengunci roda.

    • Handbrake tombol

    Handbrake tombol merupakan jenis handbrake model terbaru. Handbrake ini akan memudahkan pengendara mobil dengan hanya sekali sentuh tombol. Handbrake jenis ini biasanya juga dikenal dengan nama Handbrake elektrik. Sistemnya yang otomatis membuat handbrake ini benar-benar praktis digunakan.

    Baca juga: Pajero Sport VS Fortuner, Review Lengkap dan Perbandingannya!

    Fungsi Utama Handbrake

    Setelah memahami jenis handbrake, maka selanjutnya akan dibahas fungsi utama dari handbrake. Handbrake berfungsi menjaga agar kendaraan tetap diam dalam keadaan parkir khususnya ketika berada di jalanan yang tak rata baik naik maupun turun. 

    Fungsi Handbrake ini juga tidak hanya sebatas itu saja, melainkan juga bisa digunakan sebagai alternatif di kondisi darurat. Ada hal yang harus tetap perlu diperhatikan ketika Anda sedang menggunakan Handbrake, terutama di jalanan yang  menukik. 

    Perhatikan ban mobil untuk tetap harus diganjal dengan batu agar lebih aman. Terlebih jika Anda akan berhenti dalam waktu lama maka harus memperhatikan ban mobil. 

    Handbrake bakal lebih cepat aus ketika harus bekerja berat. Contohnya apabila terdapat beban pada mobil yang terlalu berat. Hal ini bisa membuat kemampuan untuk menahan mobil di area tanjakan curam semakin berkurang dan itu bisa berbahaya. 

    Intinya, handbrake berguna untuk sistem keamanan dalam menjaga kendaraan tetap diam dan roda terkunci.

    Deskripsi Model Handbrake Mobil

    Fungsi utama dari handbrake yakni untuk menjaga kendaraan tetap dalam keadaan diam. Agar lebih memahami tentang handbrake, ada beberapa deskripsi model handbrake yang dijelaskan beserta fungsinya di bawah ini.

    • Handbrake Model Tuas Tarik

    Handbrake model tuas tarik biasanya memanfaatkan sistem drum brake atau Handbrake tromol. Sesuai dengan namanya, mekanisme penggunaan tuas tarik ini yakni menarik tuas hingga terasa berat sehingga mobil tidak bisa bergerak. 

    Cara untuk melepasnya, Anda cukup perlu mengangkat sedikit tuas ke atas dibarengi dengan memutar tuas ke kanan maupun kiri. Adapun dua contoh mobil jadul yang dibekali jenis Handbrake ini yakni, Toyota Kijang dan Isuzu Panther.

    • Handbrake Model Tuas Dongkrak

    Handbrake model tuas dongkrak adalah jenis handbrake yang sering dipakai oleh banyak jenis mobil. Mekanisme model tuas dongkrak ini sama halnya dengan tuas tarik. Lebih tepatnya dengan cara menarik tuasnya ke atas hingga terasa berat. 

    Sementara cara untuk melepasnya hanya perlu mengangkat tuasnya lagi dan menurunkannya seperti semula. Contoh mobil yang pakai handbrake model tuas dongkrak yakni Toyota Avanza, Isuzu Panther, Daihatsu Terios dan lain sebagainya.

    • Handbrake Model Tuas Geser

    Handbrake model tuas geser umumnya sering digunakan pada kendaraan jenis berat. Cara mengaktifkan Handbrake tuas geser yakni Anda hanya perlu menggeser tuas ke atas sedikit lalu ditarik penuh ke arah belakang. 

    Untuk mekanisme melepasnya, Anda Cuma perlu melakukan geseran yang berlawanan. Yak hanya mobil berat, ada juga mobil biasa seperti Honda CR-V generasi ketiga dan empat yang memakai handbrake tuas geser.

    • Handbrake Model Pedal

    Handbrake pedal merupakan rem yang terletak di bagian kaki. Biasanya, handbrake mobil matic alatnya berada di bagian samping pedal Handbrake. Sementara pada mobil manual  berada di bagian samping pedal kopling. 

    Adapun cara mengaktifkannya hanya perlu menginjak secukupnya pedal Handbrake tersebut, dan lakukan hal sebaliknya saat ingin melepasnya. Model Handbrake pedal bisa Anda temukan di mobil Mercedes Benz, Toyota Camry.

    • Handbrake Model Elektrik

    Handbrake model elektrik memberi kepraktisan ketika Anda mengaktifkan Handbrake tangan. Dengan Handbrake modern ini maka Anda siap menggunakannya dengan praktis cukup menekan tombol parkir yang tersedia. 

    Cara untuk menonaktifkannya juga gampang yakni hanya perlu mengangkat tombol yang tadi ditekan.

    Baca juga: Review Toyota Hiace Luxury, Ini Spesifikasi Lengkap & Harganya 

    Ciri-Ciri Handbrake Rusak

    Handbrake bisa saja alami rusak karena penggunaan terus-menerus. Kerusakan pada handbrake bisa berbahaya bagi pengemudi karena akan susah mengontrol cara memberhentikan mobil. 

    Adapun ciri-ciri handbrake rusak yang perlu dipahami dijelaskan di bawah ini.

    • Handbrake Terasa Berat

    Jika Anda mulai merasakan handbrake terasa berat, bisa jadi itu ciri-ciri handbrake rusak. Kerusakan semacam itu bisa terjadi di bagian tuas. Ini menyebabkan sulitnya tuas bergerak dan handbrake menjadi berat.

    • Bunyi Handbrake Berisik

    Ciri kedua handbrake alami kerusakan yakni mulai muncul bunyi berisik. Jangan abaikan jika handbrake mobil anda mulai berbunyi. Bisa jadi handbrake berisik karena tuas alami kekurangan oli maupun karena adanya komponen yang macet atau alami kerusakan.

    • Handbrake Aus

    Kondisi aus bisa membuat handbrake kinerjanya menurun dan jadi tanda kerusakan ketiga. Biasanya handbrake aus karena membawa mobil dengan kapasitas berlebih. Cobalah untuk rawat handbrake sebaik mungkin dan jangan sampai dalam keadaan aus.

    Cara Merawat Handbrake

    Ada beberapa cara merawat handbrake agar berumur panjang seperti dijelaskan di bawah ini.

    • Jangan sampai handbrake aktif terlalu lama

    Handbrake memiliki fungsi untuk menstabilkan mobil ketika diparkir. Hal ini bisa membuat kondisi handbrake rusak jika digunakan terlalu lama untuk proses menahan. 

    Jadi jangan gunakan handbrake dalam waktu yang sangat lama. Contohnya, saat Anda meninggalkan mobil di parkiran umum dan meninggalkan mobil dengan Handbrake tangan yang aktif selama berhari-hari. Kondisi itu tak baik untuk handbrake.

    Jika Anda berlaku seperti itu maka itu akan akan membuat minyak dan piringan Handbrake merekat terlalu lama. Efeknya, handbrake akan menjadi rusak dan bisa saja bagian disk brake jadi terpengaruhi karena lingkungan yang lembab. 

    • Perhatikan minyak handbrake

    Jangan sepelekan minyak handbrake. Pastikan kamu terus memerikasnya dengan melihat  indikator lampu Handbrake. Apabila menyala, cobalah periksa minyak Handbrake sesegera mungkin. Hal ini dikarena untuk memastikan fungsinya berjalan dengan baik dan maksimal ketika akan digunakan.

    • Lebih memaksimalkan penggunaan rem kaki

    Biasanya, pengguna mobil lebih memilih untuk mengaktifkan Handbrake tangan saat lampu merah. Hal ini dikarenakan pegal. Hal yang patut dicermati, berganti-ganti penggunaan handbrake dalam waktu yang singkat bisa membuat beberapa bagian handbrake bekerja tak maksimal. 

    Disarankan, dalam situasi-situasi yang singkat ini untuk cobalah istirahatkan handbrake tangan dan memaksimalkan rem kaki.

    • Servis handbrake secara berkala

    Handbrake merupakan bagian dari komponen penting dalam mobil. Handbrake juga memiliki kampas yang wajib dibersihkan dari debu dan kerak. Apabila sudah waktunya dan sudah habis, maka bagian kampas dari handbrake wajib untuk diganti. 

    Disarankan untuk terus lakukan servis berkala pada handbrake. Servis handbrake bisa dilakukan juga sudah menempuh jarak dari 1000 – 2000 km.

    Nah, itulah ulasan mengenai handbrake atau rem tangan yang kerap digunakan dalam mengendarai mobil maupun dalam parkir. Kalau soal urusan mobil bekas, pastikan untuk memilih di dealer terpercaya seperti OLX Autos yang dapat memberikan penawaran terbaik dengan garansi pada unit yang Anda beli.

    Membeli mobil bekas yang aman digunakan di jalan tentu harus fokus pada kualitasnya. #PilihYangPasti untung di OLX Autos. Kamu bisa pilih ribuan unit mobil dengan kualitas terbaik dan sudah melalui inspeksi.. Sehingga bergaransi dan dijamin aman dan nyaman untuk berkendara bersama keluarga tercinta!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait