Jumat, Mei 31, 2024
Lainnya
    ReviewJenis Subwoofer Mobil Ternyata Ada Banyak, Bagaimana Cara Memilihnya?

    Jenis Subwoofer Mobil Ternyata Ada Banyak, Bagaimana Cara Memilihnya?

    News.OLX – Subwoofer merupakan salah satu komponen yang terdapat pada speaker mobil. Di antara kompleksnya sistem audio dalam mobil, komponen ini berfungsi untuk menghasilkan suara bass dengan frekuensi yang rendah.

    Umumya, subwoofer diletakkan di bagasi mobil. Namun, beberapa jenis mobil ada yang disimpan di bawah jok dalam mobil. Banyak orang yang menggunakan subwoofer agar suasana audio menjadi lebih hidup, dan terdengar jelas oleh para penumpang.

    Jenis Subwoofer

    Jika berdasarkan komponennya sendiri, subwoofer terdiri dari 2 jenis, yakni subwoofer pasif dan aktif. Apa saja perbedaannya?

    1. Subwoofer Pasif

    Subwoofer jenis ini masih membutuhkan tambahan box dan amplifier baru akhirnya bisa digunakan. Tentunya ini memerlukan usaha lebih untuk bisa menikmati audio yang sesuai dengan anda inginkan.

    Pada umumnya subwoofer jenis ini dipasang di bagasi mobil agar suaranya dapat dinikmati dengan optimal namun pemasangannya cukup mudah karena memerlukan box dan amplifier.

    2. Subwoofer Aktif

    Berbeda dengan subwoofer pasif, tipe aktif tidak lagi memerlukan tambahan box dan power amplifier. Jadi, anda bisa langsung memakainya saja. Biasanya bentuk subwoofer aktif ini sudah di-bundle.

    Anda tinggal letakkan di tempat yang sahabat suka dan kemudian bisa sambungkan ke sumber listrik mobil. Subwoofer ini ukurannya cukup ringkas yani sekitar 6 sampai 8 inci. Posisinya pun diletakkan di kolong tempat duduk anda di mobil.

    Sedikit berbeda dengan yang didasari pada komponen, subwoofer pada mobil bisa dibagi berdasarkan jenis boxnya. Berikut ini jenis dari box subwoofer pada mobil.

    1. Sealed Box

    Sealed box merupakan box subwoofer yang tidak memiliki lubang sehingga suara noise bass yang dihasilkan tidak teredam dengan bagus dan halus. Bentuk box ini terbilang cukup kecil jika dibandingkan box subwoofer lainnya.

    Meskipun sangat disukai oleh para audio kosmetik, sealed box ini membutuhkan efisiensi power yang besar, akan tetapi suara yang dihasilkan terbatas.

    2. Reflex Bandpass

    Bentuk ini merupakan gabungan antara box sealed dan ported yang digunakan untuk melewati frekuensi suara tertentu sesuai dengan keinginan. Box bandpass ini memiliki suara bass yang cukup keras.

    Biasanya orang yang menggunakan reflex bandpass ingin menghilangkan suara bass yang frekuensinya sangat rendah. Berdasarkan lubang keluaran suaranya, ada yang double dan single. Letak lubang sangat mempengaruhi suara yang dihasilkan.

    3. Acoustic Couple

    Jenis ini menggabungkan dua subwoofer dalam satu box. Masing-masingnya memiliki data output yang berbeda di setiap drivernya. Suara bass yang dihasilkan pada kotak ini lebih keras dari yang lainnya.

    4. Vented Ported

    Box ini serupa dengan sealed box, vented ported memiliki lubang yang berfungsi menambah efisiensi power ke suara. Sehingga suara yang dihasilkan pun menjadi lebih besar.

    5. Infinite Baffle

    Infinite baffle box biasanya digunakan pada mobil sedan karena hemat tempat dan resonansi yang dihasilkan lebih kecil. Hal ini dikarenakan box ini memisahkan suara untuk di bagian depan dan belakang.

    Banyaknya jenis yang dimiliki oleh subwoofer ini tentu membuat anda menjadi semakin bingung untuk memilihnya. Lalu bagaimana cara memilihnya?

    Tips memilih subwoofer mobil

    Sebenarnya memilih subwoofer terbilang cukup mudah untuk dilakukan. Namun, jangan sampai anda salah memilih subwoofer untuk mobilmu. Berikut ini kami informasikan tips memilih subwoofer mobil.

    1. Ketahui spesifikasi dari subwoofer agar pemilik mobil bisa mengetahui kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan.

    2. Sesuaikan dengan kebutuhan audio mengingat semua orang memiliki kecenderungan atau kebutuhan yang berbeda. Jenis suara apa yang ingin didengarkan tentu cukup berpengaruh.

    3. Perhatikan ukuran subwoofer agar bisa sesuai dengan kapasitas ukuran mobil.

    4. Cek spesifikasinya dan pastikan daya listrik yang digunakan sesuai dengan kapasitas yang ada pada mobil. Hal ini agar sistem kelistrikan mobil tidak terganggu.

    5. Cek harga merupakan hal yang paling krusial kemudian. Jangan sampai harga subwoofer ini overbudget dan mengganggu cash flow keuangan mu.

    Setelah memahami informasi ini, tentu kamu bisa memilih subwoofer dengan tepat sesuai kebutuhan dan budget untuk memberikan kenyamanan yang luar biasa bagi mobilmu, ya! Jangan khawatir, selain informasi di atas, kamu bisa dapatkan informasi lainnya di mobbi.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait