Rabu, Mei 29, 2024
Lainnya
    LainnyaIngin Ganti Kaca Film Mobil? Simak Tips Memilihnya yang Tepat dan Rekomendasi...

    Ingin Ganti Kaca Film Mobil? Simak Tips Memilihnya yang Tepat dan Rekomendasi Jenisnya

    Salah satu bagian terpenting dari mobil adalah kaca. Ya, kaca film mobil yang baik dan berkualitas sangatlah dibutuhkan. Fungsinya, mulai dari sebagai penghalang sinar matahari, menghindari dari adanya benda-benda keras dari luar yang tidak sengaja terkena kaca, juga menjaga privasi agar orang dari luar mobil tidak bisa melihat isi mobil secara jelas.

    Maka, sudah sangat jelas bahwa menentukan merk kaca mobil itu adalah perkara penting. Setiap merek memiliki keunggulannya masing-masing dan juga teknologinya masing-masing. Terus, bagaimana cara memilih kaca mobil yang tepat? Tentunya sesuai dengan kebutuhan Anda. 

    Sebelum kita bahas merk-merk kaca mobil, ketahui dulu beberapa cara dalam menentukan kaca film mobil terbaik.

    Baca juga: Kaca Mobil Berembun? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

    Tips Memilih Kaca Film Mobil

    Memilih kaca film mobil dapat menjadi tugas yang sulit karena ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti efek pelindungnya, gaya dan tingkat kecerahan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam memilih kaca film mobil yang tepat:

    Tentukan Jenis Kaca 

    Ada dua jenis kaca mobil yang umum: kaca laminasi dan kaca tempered. Kaca laminasi terdiri dari lapisan kaca dan bahan pengikat di antara lapisan, sehingga lebih tahan terhadap benturan dan pecahan. Sementara kaca tempered adalah kaca yang dipanaskan hingga suhu tinggi kemudian didinginkan dengan cepat, sehingga lebih tahan terhadap benturan dan kekuatan gesekan. Pilih jenis kaca yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

    Cek Ketebalan Kaca

    Semakin tebal kaca, semakin sulit pecah dan semakin tahan terhadap benturan. Kaca mobil umumnya memiliki ketebalan antara 4 hingga 6 mm.

    Pilih Warna Kaca

    Kaca mobil tersedia dalam berbagai warna, seperti biru, hijau, hitam, dan abu-abu. Warna kaca dapat mempengaruhi suhu di dalam mobil dan meningkatkan privasi Anda saat berkendara.

    Pertimbangkan Kenyamanan Pengemudi dan Penumpang 

    Pilih kaca film yang dapat memberikan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang, seperti mengurangi panas, sinar UV, dan silau.

    Pertimbangkan Tingkat Kecerahan

    Pilih kecerahan film yang sesuai dengan selera Anda, tetapi juga harus mempertimbangkan keamanan saat berkendara di malam hari. Kaca film yang terlalu gelap dapat mengurangi visibilitas saat berkendara di malam hari.

    Bahkan, aturan tentang tingkat kegelapan kaca ini sudah ditentukan berdasarkan peraturan yang tertera di dalam Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor Km. 439/U/Phb-76 mengenai Penggunaan Kaca pada Kendaraan Bermotor.

    Perhatikan Kualitas Kaca Film

    Pastikan kaca film yang dipilih memiliki kualitas yang baik, sehingga dapat bertahan lama dan memberikan perlindungan yang cukup. Film berkualitas rendah dapat cepat pudar atau mengelupas, yang dapat mengurangi efektivitasnya dalam melindungi mobil Anda.

    Perhatikan Efek Estetika

    Pilih kaca film yang dapat meningkatkan penampilan mobil Anda. Ada banyak pilihan film dengan warna dan pola yang berbeda yang dapat memperindah tampilan mobil Anda.

    Pertimbangkan Biaya

    Pertimbangkan anggaran Anda saat memilih kaca film mobil. Harga film mobil dapat bervariasi tergantung pada jenis dan kualitasnya. Pilih yang sesuai dengan anggaran Anda.

    Cari Ulasan dan Rekomendasi

    Sebelum membeli kaca film, cari ulasan dan rekomendasi dari orang yang sudah menggunakan film yang sama. Hal ini dapat membantu Anda memilih film yang tepat untuk mobil Anda.

    Dengan mempertimbangkan faktor-faktor di atas, Anda dapat memilih kaca film mobil yang tepat untuk kebutuhan Anda dan mobil Anda.

    Baca juga: 4 Tanda Bahwa Kaca Mobil Depan Perlu Diganti

    Rekomendasi Kaca Film Mobil Terbaik

    Ada banyak pilihan kaca film mobil terbaik. Dari sekian banyak pilihan ada jenis kaca film mobil yang populer di pasaran karena memiliki kualitas jempolan.

    Apa saja? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini:

    Kaca Film Mobil V-KOOL

    V-Kool adalah merek kaca film mobil yang terkenal dengan teknologi pengurangan panasnya yang sangat efektif. Mereka menawarkan berbagai pilihan kaca  film mobil yang berkualitas, termasuk film kristal yang jernih dan film nano-ceramic. Kaca film mobil yang satu ini juga sudah eksis di Indonesia selama 20 tahun lamanya.

    Kaca-kaca film produksi V-KOOL dilengkapi oleh tujuh lapisan elektrik yang juga diperkuat oleh emas, fungsinya untuk meningkatkan daya tahan dan performanya. Dengan begitu, kaca film produksi V-KOOL mampu memantulkan sinar infra merah yang sering membuat mobil terasa panas.

    Kemudian, kaca film mobil ini juga didukung oleh teknologi Spectrally Selective V-KOOL. Fungsinya untuk mengurangi panas dari matahari yang masuk ke dalam mobil, namun tetap mempertahankan tingkat pencahayaan yang masuk ke dalam kabin mobil.

    Bisa Anda bayangkan ya, kalau kaca film mobil ini berwarna bening namun bisa menolak panas yang bersumber dari luar. Sehingga setiap orang yang ada di dalam mobil merasa nyaman.

    Untuk saat ini, kaca film mobil V-KOOL hadir dengan dua varian yang sering digunakan orang, yaitu Gold Series dan Silver Series.

    Kaca Film Mobil 3M

    3M adalah salah satu merek kaca film mobil terbaik di pasaran. Mereka menawarkan berbagai macam pilihan film mobil yang berkualitas, termasuk kaca film anti-pencurian dan film anti-UV.

    3M juga punya beberapa jenis kaca film, ada 3M Autofilm Black Beauty Windshield for Car, yang dibuat khusus untuk kaca depan mobil dengan warna hitam yang cantik juga elegan. Untuk tingkat kegelapannya, kaca ini maksimal mencapai 40 persen. 

    Kemudian kaca film mobil satu ini juga dibuat dengan material poliester khusus, sehingga tidak mudah pudar. Dibekali juga dengan teknologi Nano-Layer yang membuat kaca mobil initahan dengan suhu dingin di dalam kabin sekaligus melindungi kendaraan.

    Selain itu, pembuatannya juga tidak menggunakan teknologi metal, yang membuat kaca terbebas dari karat. Sinyal gadget atau GPS pun tidak akan terganggu selama kamu di dalam mobil.

    Kaca Film Mobil Solar Gard

    Solar Gard adalah merek kaca film mobil yang terkenal dengan teknologi pengurangan panasnya yang canggih. Mereka juga menawarkan berbagai pilihan film mobil yang berkualitas tinggi.

    Untuk produk unggulannya, Solar Gard punya Black Phantom Series. Produk ini dibuat menggunakan material The Most Advanced Nano Ceramic Technology yang membuat tampilannya menjadi hitam pekat.

    Oh ya, dengan bahan material tersebut, kaca film Solar Gard ini jadi punya kemampuan dalam menangkal sinar ultraviolet dan inframerah mencapai 99 persen dan 96 persen.

    Baca juga: Mengenal Fungsi, Aturan, Cara Pemilihan dan Perawatan Kaca Film Berkualitas

    Kaca Film Mobil Llumar

    Llumar adalah merek kaca film mobil yang terkenal dengan teknologi anti-UV dan anti-pencurian. Mereka menawarkan berbagai macam pilihan film mobil, termasuk film keramik yang berkualitas tinggi. Untuk penjualan dari kaca film mobil ini bahkan mencapai 60 persen di berbagai penjuru negara lho.

    Jadi, tidak diragukan lagi bahwa kualitas dan kemampuan yang ditawarkannya, bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mobil Anda. 

    Kaca Film Mobil Huper Optik

    Huper Optik adalah merek kaca film mobil yang terkenal dengan teknologi film ceramik yang berkualitas tinggi. Teknologi film ceramik terbuat dari lapisan mikroskopis partikel keramik yang diletakkan di atas film poliester.

    Teknologi film ceramic huper optik memberikan berbagai keunggulan, seperti pengurangan panas yang sangat efektif, sehingga mampu mengurangi panas yang masuk ke dalam mobil hingga 98%. Kaca film ceramic Huper Optik mampu memblokir hingga 99,9% sinar UV berbahaya yang dapat merusak kulit dan menyebabkan kanker kulit.

    Huper Optik juga memiliki daya tahan yang baik dan dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, Huper Optik juga ramah lingkungan dan bebas dari bahan kimia berbahaya.

    Namun, perlu diingat bahwa Huper Optik merupakan merek kaca film mobil yang relatif mahal dibandingkan merek lainnya. Meskipun begitu, teknologi film ceramik yang berkualitas tinggi dan manfaatnya yang signifikan menjadikan merek ini layak dipertimbangkan bagi mereka yang mengutamakan kualitas dan kenyamanan berkendara.

    Kaca Film Mobil CP-F1

    CP-F1 adalah merek kaca film mobil yang terkenal dengan teknologi film nano-ceramiknya yang berkualitas tinggi. Film nano-ceramic CP-F1 terbuat dari bahan keramik yang ditempatkan di dalam lapisan film polyester.

    Beberapa keunggulan dari teknologi film nano-ceramic CP-F1 adalah pengurangan panas yang mampu mengurangi hingga 99% panas yang masuk ke dalam mobil. Selain itu, kaca film nano-ceramik CP-F1 mampu memblokir hingga 99,9% sinar UV berbahaya yang dapat merusak kulit dan menyebabkan kanker kulit.

    Kaca mobil CP-F1 juga termasuk yang tahan lama, kemudian kaca film nano-ceramik CP-F1 juga mudah untuk dipasang dan memiliki daya rekat yang kuat. Salah satu yang sangat direkomendasikan untuk Anda.

    Gimana, sekarang Anda sudah paham dengan keunggulan masing-masing kaca mobil tersebut kan? Nah, pilihlah yang terbaik agar mobil Anda menjadi mobil paling nyaman untuk perjalanan jauh. Ingat, mobil keluarga terbaik adalah yang memiliki tingkat kenyamanan tinggi di dalamnya, bukan hanya dari tampilan saja.

    Membeli mobil bekas yang aman digunakan di jalan tentu harus fokus pada kualitasnya. #PilihYangPasti untung di OLX Autos. Kamu bisa pilih ribuan unit mobil dengan kualitas terbaik dan sudah melalui inspeksi. Sehingga bergaransi dan dijamin aman dan nyaman untuk berkendara bersama keluarga tercinta!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait