Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    MobilDitantang Adu Irit, Segini Angka Konsumsi BBM Honda CR-V Hybrid

    Ditantang Adu Irit, Segini Angka Konsumsi BBM Honda CR-V Hybrid

    “Kemarin sebelum teman-teman datang kesini, kita sudah mencobanya lebih dulu, dan kita bisa dapat konsumsi BBM Honda CR-V hybrid rata-rata per kilometer itu hingga 25,6 km/liter. Kami tantang teman-teman media untuk membuktikan seberapa irit All New Honda CR-V 2.0-L RS e:HEV,” tantang Yusak Billy.  

    News.OLXTantangan irit All New Honda CR-V RS e:HEV dari bos Honda ini diterima oleh peserta test drive di Bali. Kali ini bukan sekadar jalur pantai atau jalan menanjak ke daerah pegunungan saja, jalur dalam kota yang macet sana sini, menjadi pelengkap tantangan.

    Tentu saja angka konsumsi 25,6 km/liter tersebut menjadi benchmark seluruh peserta untuk dicapai. News.OLX bersama dua jurnalis lainnya berada di All New Honda RS e:HEV bernomor lambung 5 memulai tantangan ini dari Pantai Pandawa menuju Tlaga Singha, dan finish di Tanjung Benoa sebelum rombongan media test drive naik ke kapal pesiar Bali Hai 2 untuk menikmati sunset dan makan malam.

    Kali ini peserta melakukan free driving tanpa pengawalan, artinya media bebas untuk memilih jalur mana pun untuk sampai di titik akhir. Tentu saja teknologi konektivitas Honda CONNECT yang sekarang hadir di All New Honda CR-V sangat membantu mengarahkan peserta menuju setiap titik pemberhentian. 

    Jarak yang ditempuh berdasarkan map digital sejauh kurang lebih 60 kilometer dengan kondisi jalanan beragam dengan rata-rata melintasi jalan aspal halus. Namun tantangannya adalah kemacetan di beberapa titik wilayah Bali dan sekitarnya membuat seluruh peserta harus benar-benar berhitung untuk rute yang dipilih serta mengeluarkan skill eco driving untuk mencapai hasil maksimal. 

    Hasil Tantangan Irit Honda CR-V Hybrid, Capai Angka 22,6 km/liter

    Konsumsi BBM Honda CR-V Hybrid

    Baca Juga : Total 2.261 Unit All New Honda CR-V Terpesan, 72% Didominasi Varian Hybrid Berbanderol Rp804,9 Juta

    Jujur, secara klaim dari pihak HPM memang tidak berlebihan. All New Honda CR-V RS e:HEV memang terbukti irit dalam urusan konsumsi bahan bakar. Kombinasi antara mesin bensin 2.0-liter direct-injected 4-Cylinder Atkinson cycle DOHC dengan Electric Continuously Variable Transmission (E-CVT), baterai lithium-ion dengan kapasitas 1,06 kWh bekerja secara bergantian menggerakkan roda Honda CR-V hybrid. 

    “Dari tantangan irit ini, teman-teman media berhasil membuktikan kalau All New Honda CR-V RS e:HEV memang benar-benar irit. Dari catatan MID di masing-masing mobil, konsumsi BBM terburuk tercatat di angka 14 km/liter. Mayoritas mencatat jumlah konsumsi BBM di angka 18-19 km/liter. Namun ada 4 mobil yang mencatat hasil konsumsi BBM di atas 20 km/liter, selamat buat teman-teman!” beber Yulian Karfili saat mengumumkan hasil tantangan irit.

    Di team A yang menempuh jarak 62,1 km, konsumsi BBM di MID tercatat 22,6 km/liter. Sedangkan untuk team B yang menempuh jarak 60,6 km, konsumsi BBM di MID tercatat 19,7 km/liter. Dua catatan ini adalah yang terbaik untuk masing-masing rute.

    Konsumsi BBM Honda CR-V Hybrid
    Pemenang tantangan irit All New Honda CR-V Hybrid

    Kunci utamanya ada di pengaturan speed. Saat mobil bergerak dengan kecepatan di bawah 60 km/jam, motor listrik yang bekerja dominan. Dengan kondisi jalan macet, kecepatan mobil juga terbatas, hal ini menjadikan konsumsi bensin di mesin konvensional tidak terlalu boros. 

    Tenaga mesin baru benar-benar terpakai saat kami melintasi jalur tol dengan kecepatan tinggi. Tapi speed ini juga masih bisa dikontrol dengan mengaktifkan fitur pengatur kecepatan. Kami membatasi kecepatan unit Honda CR-V yang kami gunakan maksimal hingga 100 km/jam. 

    Jika kecepatan mobil melebihi batasan tersebut, akan ada notifikasi di smartphone, sehingga pengemudi bisa kembali mengendorkan pijakan dari pedal gas untuk mengurangi kecepatan mobil.  

    Usai pengumuman tantangan irit, seluruh rombongan test drive All New Honda CR-V RS e:HEV menikmati suasana malam di atas kapal pesiar Bali Hai 2, sebelum akhirnya kembali ke Hotel Renaissance, Nusa Dua, Bali, tempat rombongan menginap.

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait