Rabu, Mei 29, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriSeberapa Irit Konsumsi BBM All New Toyota Agya?

    Seberapa Irit Konsumsi BBM All New Toyota Agya?

    Toyota Agya bisa seirit ini!

    News.OLX – Kamu pasti penasaran dengan seberapa irit konsumsi bahan bakar (BBM) dari All New Toyota Agya, terutama varian sporty GR Sport, bukan? 

    Nah, berdasarkan uji coba yang kami lakukan sepanjang 74 kilometer, kamu akan mendapatkan gambaran yang cukup jelas tentang seberapa hemat mobil ini dalam menghabiskan bensin.

    Namun perlu diingat, pengentasan ini kami lakukan pada kondisi lalu lintas yang cukup padat. Mobil ini juga diajak mengangkat beban yang cukup berat, sehingga performa mobil benar-benar diuji pada pengetesan kali ini.

    Baca juga: CEK FAKTA! Ban Eco Bisa Bikin Irit BBM?

    Lantas, seberapa irit sporty Agya generasi terbaru ini? Untuk mengetahuinya yuk simak perjalanan kami berikut.

    Uji coba Agya

    Kami berkesempatan untuk menguji konsumsi BBM Agya Gen-2 dengan jarak tempuh sekitar 74 kilometer. Dalam hal ini Agya GR Sport yang kami gunakan menggunakan bensin Pertamax (RON 92).

    Selain itu, penting pula dicatat bahwa kami tidak menghemat penggunaan AC atau mematikannya selama perjalanan. Meski jalanan cukup padat, namun terkadang kami memacu kecepatan hingga 80 km/jam ketika kondisi lalu lintas memungkinkan.

    Pada uji coba kami, mobil diisi dengan empat penumpang dewasa dan barang bawaan yang digunakan. Jika ditotal berat yang dibebankan dalam mobil ini mencapai sekitar 380 kilogram.

    Hasil

    Dalam uji coba ini, Agya GR Sport yang kami gunakan berhasil mencapai angka 9,2 kilometer per liter pada kondisi yang padat. Namun mobil ini memang dirancang untuk memberikan pengalaman berkendara yang istimewa. 

    Baca juga: 8 Kiat Mengemudi Ini Bisa Bikin Mobil Irit BBM

    Dengan spesifikasi yang mumpuni, seperti kemudi yang lebih langsung, suspensi yang lebih kaku, dan ban Dunlop SP Sport Maxx yang mantap, Agya GR Sport memang mengundang untuk diberi “kecepatan lebih.” Namun, ini bukan berarti mobil ini tidak bisa irit BBM.

    Pada kondisi lalu lintas yang lebih lengang, kami bahkan berhasil mencapai konsumsi BBM sekitar 12,3 kilometer per liter. 

    Tentu saja, untuk mencapai klaim dari Toyota bahwa Agya Gen-2 bisa mencapai konsumsi hingga 21 kilometer per liter, perlu mengaktifkan mode berkendara ekonomis (eco driving) dan memastikan kondisi jalan mendukung, jangan sampai terjebak dalam kemacetan berkepanjangan.

    Irit

    Jadi, All New Toyota Agya, khususnya varian GR Sport, memiliki potensi untuk menjadi pilihan yang irit dalam penggunaan BBM jika kamu mengemudi dengan bijak dan mengaktifkan mode eco saat diperlukan. 

    Dengan mesin baru yang lebih efisien dan teknologi transmisi yang ditingkatkan, Agya Gen-2 adalah salah satu pilihan yang menarik bagi mereka yang menginginkan kendaraan hemat BBM tanpa mengorbankan performa.

    Baca juga: Mobil Hybrid vs Turbo, Mana yang Lebih Irit BBM?

    Namun, apa sebenarnya yang membuat All New Toyota Agya menjadi begitu efisien dalam mengonsumsi BBM? Kuncinya terletak pada sejumlah faktor penting yang telah diadopsi oleh mobil ini.

    Pertama-tama, Agya Gen-2 hadir dengan mesin baru berkapasitas 1.200 cc tiga silinder yang dilengkapi dengan teknologi Dual VVT-i. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sekitar 88 PS dan torsi sebesar 113 Nm. 

    Keunggulan utama mesin ini terletak pada performanya di putaran mesin rendah, yang sangat berguna saat menghadapi lalu lintas perkotaan yang seringkali memerlukan akselerasi yang baik saat berhenti dan mulai berjalan kembali.

    Selain itu, All New Toyota Agya telah dibekali dengan transmisi CVT terbaru yang memiliki fixed gear ratio. Hal ini membuat mobil mampu memberikan akselerasi yang lebih cepat dan responsif. Teknologi Active D Control juga membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar, terutama dalam kondisi normal.

    Baca juga: Melirik Toyota Agya Berbagai Tipe, Ini Perbedaan Spesifikasi dan Fiturnya

    Namun, untuk mencapai konsumsi BBM hingga 21 kilometer per liter seperti yang diumumkan oleh Toyota, kamu perlu menerapkan mode berkendara eco. Mode ini mengoptimalkan penggunaan bahan bakar dan mengurangi konsumsi energi saat berkendara.

    Selain itu, kondisi jalan juga memainkan peran penting dalam seberapa irit konsumsi BBM Agya Gen-2 ini. Lalu lintas yang padat, seringkali berhenti dan bergerak (stop-and-go), dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar. Oleh karena itu, saat berada di lalu lintas yang lebih lengang, kamu memiliki kesempatan lebih besar untuk mencapai konsumsi yang lebih baik.

    Jadi, All New Toyota Agya adalah mobil yang memiliki potensi besar untuk menjadi kendaraan hemat BBM jika kamu mengikuti pedoman penggunaan yang tepat. 

    Dengan mesin yang efisien, transmisi yang responsif, dan mode eco yang disempurnakan, Agya Gen-2 adalah pilihan yang menarik bagi pengemudi yang ingin menghemat bahan bakar tanpa mengorbankan kenyamanan dan performa. 

    Tetap berhati-hati dalam mengemudi dan memilih kondisi berkendara yang tepat dapat membantu kamu memaksimalkan efisiensi bahan bakar di setiap perjalanan.

    agya 2

    Tidak hanya irit, tapi juga canggih

    Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa All New Toyota Agya tidak hanya hemat BBM, tetapi juga memiliki gaya dan fitur yang modern. 

    Desain eksteriornya yang segar, khususnya pada varian GR Sport, menawarkan tampilan yang sporty dan atraktif. Di dalam, kamu akan menemukan panel instrumen yang sudah mengadopsi layar TFT warna-warni, memberikan nuansa modern yang menyenangkan.

    Baca juga: Tidak Bikin Kantong Bolong, Ini 7 Mobil Bekas Irit Bahan Bakar dan Harga Terjangkau

    Selain itu, Agya Gen-2 juga menawarkan berbagai fitur keselamatan dan kenyamanan, seperti sistem pengereman anti-lock (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC), dan Hill Start Assist (HSA). 

    Semua ini dirancang untuk memberikan pengemudi dan penumpang pengalaman berkendara yang aman dan nyaman. Selain fitur keselamatan, Agya juga memiliki sistem hiburan yang canggih, termasuk layar sentuh dengan konektivitas smartphone melalui Android Auto dan Apple CarPlay. 

    Dengan fitur ini, kamu dapat terhubung dengan aplikasi favoritmu dan mengakses berbagai informasi dan hiburan saat dalam perjalanan

    Ketika kamu mempertimbangkan All New Toyota Agya sebagai pilihan kendaraan, kamu mendapatkan lebih dari sekadar kendaraan hemat BBM. Kamu mendapatkan mobil yang menggabungkan efisiensi bahan bakar, gaya, kenyamanan, dan teknologi canggih dalam satu paket.

    Baca juga: Seberapa Iritkah Konsumsi BBM Avanza? Ini Faktanya!

    Jadi, jika kamu mencari kendaraan yang irit BBM dan tetap ingin menikmati gaya dan kenyamanan, pertimbangkanlah All New Toyota Agya sebagai pilihanmu. 

    Dengan perawatan yang tepat dan penggunaan yang bijaksana, kamu dapat memaksimalkan manfaat efisiensi bahan bakar dari mobil ini, sambil tetap tampil gaya di jalan raya.Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga cari motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait