Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikMengenal Kode Oli Mobil dan Cara Membacanya

    Mengenal Kode Oli Mobil dan Cara Membacanya

    Kode SAE menunjukkan viskositas oli mobil pada suhu dingin dan panas.

    News.OLX – Kode oli mobil adalah sistem penomoran atau kode yang digunakan untuk mengidentifikasi jenis, kualitas, dan spesifikasi pelumas.

    Kode oli mobil ini biasanya terdiri dari huruf dan angka yang memberikan informasi tentang berbagai karakteristik oli mesin, seperti viskositas, jenis, dan penggunaan yang direkomendasikan.

    Pemahaman kode oli mesin sangat penting, terutama jika kami memiliki kendaraan. Karena informasi kode-kode seperti SAE, API, dan JASO pada kemasan oli memberikan informasi tentang jenis, kualitas, dan penggunaan oli. 

    Kandungan pada yang tersirat pada kode-kode inilah yang mempengaruhi kinerja mesin kendaraan dan menghindari kerusakan yang mungkin terjadi jika oli yang salah digunakan. Berikut cara membaca kode oli mobil yang umum dipakai.

    oli mobil (2)

    1. Kode SAE (Society of Automotive Engineers)

    Kode SAE menunjukkan viskositas oli pada suhu dingin dan panas. Angka pertama (misalnya, 10W dalam 10W-30) menunjukkan tingkat kekentalan oli pada suhu dingin, sedangkan angka kedua (misalnya, 30) mengindikasikan tingkat kekentalan saat mesin panas. Semakin kecil angka “W,” semakin encer oli pada suhu dingin.

    2. Kode API (American Petroleum Institute)

    Kode API menunjukkan kualitas oli. Huruf pertama (S atau C) menunjukkan jenis mesin (bensin atau diesel). Huruf kedua menjelaskan kualitas oli, misalnya, API SG dan API SN. Kualitas semakin baik dengan huruf lebih baru. 

    Oli terbaru mendekati huruf Z. Kendaraan lama sebaiknya tidak menggunakan oli terbaru karena mesin mereka tidak dirancang untuk oli tertentu.

    3. Kode JASO (Japanese Automotive Standard Association)

    Kode JASO umumnya ditemukan pada oli motor. MA dan MB mengacu pada penggunaan oli yang berbeda. Oli JASO MA cocok untuk motor dengan kopling basah, sedangkan MB digunakan untuk motor matic dengan kopling kering.

    MA memberikan gesekan agar kopling tidak selip, sementara MB memiliki daya gesekan lebih rendah.

    Nah, sekarang sudah lebih paham kan arti kode oli mobil dan cara membacanya? Semoga kamu nggak keliru ya ketika memilih oli untuk mobil kesayangan!

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Kamu juga cari mobil bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait