Rabu, Juli 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikMenghadapi Rem Mobil Blong Nggak Boleh Panik, Ini Tipsnya

    Menghadapi Rem Mobil Blong Nggak Boleh Panik, Ini Tipsnya

    Jangan panik! Ini dia cara menghadapi rem mobil blong dengan tenang.

    News.OLX – Rem pada mobil adalah salah satu komponen yang paling penting perannya saat kamu sedang mengemudikan kendaraan. Karena krusial nya peran rem ini pada kendaraan, sehingga banyak yang takut jika mendapati masalah ini yaitu rem blong.

    Rem blong bisa terjadi kapan saja dengan berbagai penyebabnya. Posisi ini adalah ketika rem mengalami disfungsi yang menyebabkan sistem pengereman pada kendaraan tidak bekerja dengan baik, bahkan tidak berfungsi sama sekali.

    Kondisi ini bisa diantisipasi dan dihindari dengan melakukan pengecekan dan perawatan kendaraan dengan benar dan tepat. Namun, jika kamu sedang menghadapinya usahakan yang pertama untuk jangan panik dan tetap tenang.

    Berikut ini tips ketika kamu menghadapi posisi rem blong yang terjadi pada mobil:

    rem (1)

    1. Mengurangi kecepatan secara bertahap

    Jika kamu membawa mobil dengan transmisi manual, hal pertama yang kamu lakukan adalah turunkan gigi secara bertahap hingga yang paling rendah. Untuk mobil dengan transmisi matic, kamu dapat mengurangi kecepatan dan lepaskan gas secara perlahan.

    Karena sebagian besar kejadian rem blong yang sering terjadi di jalanan adalah akibat dari mengendarai kendaraan dengan kecepatan tinggi. Sehingga disarankan untuk kamu lebih menggunakan kecepatan yang normal saja dalam gaya berkendara.

    2. Menggunakan rem tangan

    Selain mengurangi kecepatan secara bertahap, lakukan juga mengimbanginya dengan rem tangan. Menggunakan rem tangan sangat efektif menurunkan kecepatan dan dapat menahan kendaraan karena bisa menghentikan ban secara tiba-tiba.

    Namun, yang perlu digaris bawahi adalah gunakan rem tangan dengan perlahan dan jangan dipaksa untuk menghindari ban menjadi selip sehingga mobil bisa terbalik. Oleh karena itu, turunkan dulu kecepatan mobil lalu tarik rem tangan secara perlahan.

    3. Hindari mematikan mesin

    Jika kamu saat posisi rem blong, tetap usahakan jangan panik dan hindari langsung mematikan mesin. Jika kamu mematikan mesin secara mendadak akan membuat mobil sulit mengendalikan laju kendaraan, sehingga power steering akan kaku dan tidak bisa diatur.

    Sebaiknya untuk pertahankan mesin untuk tetap menyala, kemudian lihat sisi samping kiri dan kanan untuk menepi. Ketika mobil berhasil menepi, pastikan juga untuk menyalakan lampu darurat.

    4. Benturkan kendaraan ke medan yang halus

    Jika mobil yang kamu kendarai tetap tidak bisa berhenti, kamu bisa coba menabrakkannya ke medan yang halus atau lunak seperti pasir, tanah berlumpur, tanah yang memiliki banyak semak, atau hal lain yang aman untuk berbenturan.

    Pastikan ketika kamu sudah berhasil melakukan pengamanan, segera menyalakan lampu hazard dan menyuarakan klakson mobil sekencang-kencangnya agar lingkungan sekitar mengetahui bahwa mobil dalam situasi darurat.

    Jika sudah dirasa posisi sudah terkendali, segera hubungi pihak berwajib untuk mendapatkan pertolongan dan kamu bisa membawa kendaraan ke bengkel untuk diperbaiki agar mobil bisa ditangani secepatnya.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga bisa cari mobil dan motor bekas impianmu dengan download aplikasi OLX di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait