Rabu, Mei 29, 2024
Lainnya
    Tips & TrikAki Maintenance Free Tetap Harus Dirawat, Kenapa?

    Aki Maintenance Free Tetap Harus Dirawat, Kenapa?

    Ini yang harus kamu lakukan untuk merawat aki MF!

    News.OLX – Aki merupakan sebuah perangkat vital yang ada pada kendaraan baik roda dua maupun empat. Tanpa aki, kendaraan tidak akan bisa dihidupkan secara normal.

    Sebab itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan aki agar kendaraan bisa digunakan secara optimal. Hal ini juga termasuk untuk aki kering atau yang kerap disebut dengan aki Maintenance Free (MF). 

    Mungkin kamu sudah sering mendengar istilah ini, tetapi tahukah kamu mengapa aki MF juga perlu perawatan? Ini alasannya.

    Kenyamanan aki Maintenance Free

    Aki Maintenance Free, yang kadang-kadang disebut sebagai aki kering, adalah pilihan yang lebih nyaman daripada aki konvensional. Namun, walau namanya “Maintenance Free,” bukan berarti kamu bisa melupakan perawatan sama sekali. 

    Baca juga: Begini Bentuk Wuling Air ev Konsep Modifikasi Raffi Ahmad, Bakal Jadi Milik Orang Paling Beruntung

    Meskipun prosesnya lebih sederhana dibandingkan dengan aki konvensional, kamu masih perlu melakukan beberapa langkah untuk menjaga performanya. Berikut adalah jenis perawatan yang bisa dilakukan agar usia aki menjadi panjang.

    Perawatan yang dibutuhkan

    Syahrudin, Battery Technical Advisor dari PT Astra Otoparts, menyoroti beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan. Pertama, penting untuk menjaga bagian-bagian yang ada pada terminal aki. 

    “Untuk perawatan aki kering atau aki Maintenance Free hanya perlu merawat beberapa bagian saja seperti terminal aki dan kekencangan terminal aki,” ucap Syahrudin yang menjabat sebagai Battery Technical Advisor PT Astra Otoparts, seperti dikutip Grid.oto.

    Baca juga: Mitsubishi XForce Punya Dua Varian, Apa Perbedaannya?

    Selain itu, dia melanjutkan, meskipun aki MF tidak rentan terhadap jamur yang menempel akibat oksidasi, kotoran lain masih bisa menghinggapinya. Kebersihan terminal aki sangat penting agar arus listrik dari aki ke komponen kelistrikan lainnya tetap baik.

    “Jika kamu tidak menjaga kebersihan terminal aki, ada kemungkinan arus listrik yang diberikan oleh aki tidak akan maksimal karena adanya kotoran di sana. Oleh karena itu, rutin membersihkan terminal aki adalah salah satu langkah perawatan yang wajib kamu lakukan,” terang dia.

    Kekencangan klem terminal aki

    Selanjutnya, kamu juga perlu memeriksa kekencangan klem di terminal aki. Kekencangan yang baik sangat penting agar arus listrik tersalurkan dengan sempurna ke komponen kelistrikan mobil. Jika klemnya kendur, itu bisa menyebabkan masalah dengan aliran listrik yang akan berdampak pada kinerja mobilmu.

    Pemasangan aksesoris kelistrikan yang tepat

    Selain itu, hindari memasang aksesoris kelistrikan berlebihan pada mobilmu. Pemasangan aksesori yang tidak sesuai atau berlebihan dapat membuat aki menjadi cepat terkuras atau drop. Ini adalah salah satu kesalahan umum yang sering terjadi.

    Baca juga: Mobil Hybrid di Indonesia Semakin Banyak, Apa Saja Keunggulannya?

    “Akan lebih baik jika kamu tidak memasang aksesori terlalu berlebihan agar beban kerja dari aki juga tidak berlebihan. Jadi, pertimbangkan dengan baik sebelum menambahkan aksesori tambahan pada kendaraanmu,” tambah dia.

    aki 2

    Pengecasan ulang aki dan perhatikan kondisi alternator

    Syahrudin melanjutkan, jika kamu merasa daya baterai berkurang, lakukan pengecasan ulang. Ini adalah tindakan sederhana yang dapat memperpanjang umur aki MF. Pastikan kamu menggunakan alat pengecas yang sesuai dan mengikuti petunjuk penggunaannya dengan benar.

    Terakhir, kamu juga harus memeriksa kondisi alternator dalam mobilmu. Alternator adalah komponen yang bertanggung jawab untuk mengisi ulang aki saat mobil berjalan. Pastikan alternator berfungsi dengan baik dan mampu menyuplai arus listrik yang sesuai untuk pengisian aki.

    Baca juga: 8 Kiat Mengemudi Ini Bisa Bikin Mobil Irit BBM

    Itu adalah alasan mengapa aki Maintenance Free perlu dirawat. Meskipun lebih nyaman daripada aki konvensional, aki MF tetap memerlukan perawatan agar performanya tetap optimal. 

    Dengan melakukan perawatan yang tepat, kamu dapat memperpanjang umur aki dan menghindari masalah listrik yang dapat mengganggu perjalananmu. 

    Sebagai pemilik kendaraan, tugas kita adalah menjaga agar semua komponen mobil berfungsi dengan baik, termasuk aki MF yang seringkali terlupakan ini.

    Ada banyak ragam tips, trik, news, info produk, dan hal lain seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Selain itu, kamu juga bisa cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait