Selasa, Mei 28, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriCara Merawat Interior Mobil Warna Beige Agar Tidak Kusam

    Cara Merawat Interior Mobil Warna Beige Agar Tidak Kusam

    Menghindari paparan sinar matahari langsung bisa bikin interior mobil warna beige lebih terawat!

    News.OLX – Untuk kamu yang ingin memberikan kesan mewah pada mobil, warna beige merupakan salah satu pilihan yang paling banyak disenangi. Selain memberikan kesan mewah, warna beige juga memberikan kesan kenyamanan pada mobil. Apalagi bila kondisi interior senantiasa bersih dan tidak kusam. 

    Namun kelemahannya, interior mobil dengan warna terang seperti warna beige sangat rentan terhadap noda yang dapat menyebabkan kusam. Dalam artikel ini kami akan membahas tips cara merawat interior mobil dengan warna beige agar tidak kusam.

    Tips merawat interior mobil warna beige

    Walaupun susah-susah gampang, tapi kamu juga harus mengetahui dengan baik dan benar seperti apa merawat interior mobil warna beige.

    • Hindari paparan langsung sinar matahari

    Sinar UV dari matahari tidak hanya buruk untuk kulit kita. Namun ternyata memiliki dampak buruk terhadap mobil khususnya bagian interior seperti bagian dashboard, trim dan kursi. 

    Baca juga: Cegah Goresan di Interior Mobil, Lindungi Pakai V-KOOL PPF Interior Protection

    Paparan sinar matahari yang terlalu lama dapat menyebabkan bahan interior mobil menjadi kering dan retak. Pada mobil dengan interior warna beige, paparan sinar matahari dapat menyebabkan lapisan kulit pada jok menjadi kuning dan menyebabkan bahan kain dan kulit menjadi luntur. 

    Maka itu usahakan untuk tidak memarkir mobil di tempat terbuka yang langsung terkena paparan matahari, gunakan sun shield bila perlu.

    Warna Beige (1)

    • Lakukan pembersihan dengan tepat dan rutin

    Untuk perawatan harian interior mobil dirumah, kamu dapat menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel di bagian interior mulai dari jok mobil hingga karpet. 

    Baca juga: Cari Tahu Penyebab Bau Tidak Sedap di Dalam Interior Mobil

    Jangan lupa untuk membersihkan bagian sela-sela yang sulit untuk dijangkau dengan menggunakan sikat halus dan lap microfiber. Kamu juga tidak bisa sembarang menggunakan cairan pembersih untuk membersihkan interior mobil. 

    Gunakanlah cairan khusus untuk interior mobil atau gunakan cairan dari campuran sabun bayi dan air bersih. Karena pH sabun bayi memiliki pH yang netral sehingga aman untuk digunakan sebagai cairan pembersih interior. 

    Hal ini sangat penting dilakukan karena interior mobil dengan warna terang seperti warna beige, yang sangat rentan terkena noda. Usahakan untuk tidak makan dan minum di dalam mobil yang dapat meninggalkan noda pada interior mobil. 

    Baca juga: 5 Tips Merawat Interior Mobil Menggunakan Peralatan Rumah Tangga

    Lakukan juga pembersihan secara berkala pada bagian-bagian ini:

    • Plafon

    Bila plafon mobil terbuat dari lapisan vinyl, gunakanlah sikat halus dan kain lap majun. Semprotkan cairan pembersih interior dan gosok secara perlahan dengan sikat. Lalu keringkan dengan lap.

    Bila plafon merupakan plafon cetak, usahakan untuk tidak terlalu membasahi plafon agar tidak merusak lem plafon. Bila bahan plafon terbuat dari beludru, hindari sikat untuk membersihkannya. Kamu cukup membersihkannya dengan lap kering.

    • Jok mobil

    Bahan pada jok mobil umumnya mudah menyerap kotoran. Untuk itu lakukan lah pembersihan secara rutin. Bila bahan pelapis jok mobil terbuat dari bahan vinyl, untuk membersihkannya dapat kamu lakukan dengan cara yang sama pada plafon berbahan vinyl.

    Baca juga: Keren, Karya Anak Bangsa Bisa Bikin Interior Mobil dari Bahan Kelapa

    Bila pelapis jok menggunakan bahan kulit, membersihkannya cukup mudah hanya dengan cairan khusus bahan kulit dan menggunakan lap kering. Lakukan secara rutin agar jok yang berwarna beige senantiasa terlihat cerah dan tidak kusam.

    • Dashboard

    Membersihkan dashboard cukup mudah. Kamu hanya memerlukan cairan khusus untuk vinyl dan seka bagian-bagian dashboard dengan lap kering.

    • Lakukan pelapisan ulang bila perlu

    Apabila bagian interior sudah terlihat cukup kusam secara signifikan dan tidak bisa dibersihkan, kami sarankan untuk melapisi ulang bagian yang kusam tersebut. Contohnya pada setir mobil agar tidak licin dan tuas transmisi pada interior mobil dengan warna beige.

    • Pertimbangkan untuk menggunakan layanan profesional

    Selain melakukan pembersihan dengan rutin secara mandiri dirumah, pertimbangkan untuk membersihkan interior mobil dengan warna beige ke layanan atau bengkel khusus untuk melakukan pembersihan secara profesional di bagian interior.

    Baca juga: Ini Jenis-jenis Perawatan di Salon Mobil yang Bikin Makin Kinclong

    Bengkel khusus interior memiliki teknisi yang sudah terlatih dan menggunakan metode serta cairan khusus untuk merawat interior kamu demi hasil yang lebih signifikan. 

    Frekuensinya dapat kamu konsultasikan dengan bengkel interior pilihanmu. Lalu jadwalkan pembersihan di bengkel secara teratur agar interior mobil dengan warna beige senantiasa terlihat bersih dan tidak kusam.

    Inilah tips untuk membersihkan interior mobil dengan warna beige yang dapat kamu lakukan untuk mencegah kusam sehingga tetap menjaga estetika mobil kamu. 

    Bila kamu senantiasa merawat interior mobil kamu dengan baik, harga jual mobilmu juga akan tetap stabil jika suatu hari kamu berniat untuk menjual mobil kamu. Kamu juga bisa mendapatkan informasi dan tips-tips bermanfaat lainnya seputar otomotif di OLX.

    Yuk kunjungi website OLX atau kamu dapat mengunduh aplikasinya di Play Store atau di App Store

    (Rek/Z)

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait