Minggu, Mei 26, 2024
Lainnya
    InformasiMicrosoft Setop Dukungan Aplikasi dan Game Android untuk Windows 11

    Microsoft Setop Dukungan Aplikasi dan Game Android untuk Windows 11

    Alasan Microsoft setop dukungan aplikasi WSA Android dan Amazon AppStore di Windows 11

    News.OLX – Kabar mengejutkan datang dari Microsoft pada tanggal 5 Maret 2024 kemarin, yang mengabarkan penghentian dukungan untuk Windows Subsystem for Android (WSA) dan Amazon Appstore di Windows 11.

    WSA adalah layanan dasar agar Windows 11 bisa menjalankan aplikasi berbasis mobile operating system yang berasal dari Amazon AppStore. Layanan ini akan terus berfungsi hingga tahun depan, pada tanggal 5 Maret 2025.

    Hal ini berarti, sejak tanggal 5 Maret 2024, user Windows 11 tidak lagi bisa mencari, melakukan instalasi, dan mengoperasikan aplikasi juga game basis mobile operating system di PC. Setelah tanggal 5 Maret 2025, semua aplikasi dan toko aplikasi tidak akan berfungsi lagi.

    Bagi pengguna yang sudah melakukan instalasi aplikasi sebelum 5 Maret 2024, masih mempunyai akses ke aplikasi hingga tanggal penghentian 5 Maret 2025. Dalam rentang waktu ini, pelanggan bisa menghubungi tim dukungan teknis support.microsoft.com guna memperoleh informasi lebih lanjut.

    Di sisi lain, developer tidak lagi bisa mengirimkan software ke toko aplikasi Amazon di Windows sejak Rabu kemarin. Namun, aplikasi milik developer yang sudah ada bisa terus pengembang perbaharui hingga tahun depan.

    Keputusan ini tentu menimbulkan berbagai pertanyaan dan kekhawatiran dari pengguna Windows 11. Banyak yang bertanya-tanya apa alasan penghentian dukungan dan apa alternatif yang tersedia bagi pengguna yang ingin menjalankan aplikasi di PC.

    Alasan Microsoft Menghentikan Dukungan

    Hingga saat ini belum ada penjelasan resmi mengenai alasan di balik penghentian dukungan WSA di Windows 11. Namun, beberapa spekulasi beredar mengenai alasan tersebut.

    Mengutip Engadget, perusahaan mengambil keputusan ini guna menanggapi kebutuhan pengguna yang terus berkembang dengan penawaran produk terbaru secara berkala.

    Di sisi lain, perusahaan juga fokus pada AI. Dengan kefokusan ini, perusahaan mungkin menganggap upaya masa lalu mereka dalam menjadikan Windows sebagai platform yang berfokus pada sentuhan jauh lebih baik tidak lagi selaras dengan sumber daya.

    Spekulasi lain dari The Verge, orang-orang yang menginginkan software di Windows lebih berminat untuk memperoleh pengalaman Google Play Store sepenuhnya—bukan varian Amazon yang pilihannya tidak lengkap.

    windows 2 (1)

    Alternatif untuk Menjalankan Aplikasi Android di Windows 11

    Meskipun Windows 11 sudah tidak mendapat dukungan WSA,  pengguna bisa menggunakan tiga alternatif berikut untuk mengoperasikan aplikasi di PC.

    1. Emulator

    User Windows 11 bisa memanfaatkan emulator seperti BlueStacks atau NoxPlayer untuk mengoperasi aplikasi di PC. Emulator ini mensimulasikan lingkungan Android di PC, sehingga pelanggan dapat mengoperasikan aplikasi seperti di smartphone.

    2. Sideload APK

    Pelanggan Windows 11 juga bisa mengoperasikan aplikasi tertentu dengan sideload APK file ke PC. Sideload APK adalah proses instalasi manual aplikasi di luar Google Play Store alias memanfaatkan adanya pihak ketiga untuk mendapatkan file apk aplikasi.

    3. Dual Boot

    Terakhir, pelanggan Windows 11 yang ingin menjalankan aplikasi secara native bisa melakukan dual boot sistem operasi. Dual boot artinya pengguna bisa menginstal dua sistem operasi di PC dan pengguna bisa memilih sistem operasi mana yang ingin mereka gunakan saat booting PC.

    Penghentian WSA sebagai salah satu kebijakan Microsoft untuk Windows 11, tentu mengecewakan banyak pengguna. Namun, masih ada beberapa alternatif yang tersedia bagi pengguna yang ingin mengoperasikan aplikasi di PC.

    Pengguna Windows 11 bisa memilih alternatif yang paling sesuai dengan kebutuhan. Emulator adalah pilihan yang mudah dan nyaman, sideload APK bisa menjadi pilihan fleksibel, dan dual boot merupakan pilihan ideal bagi pengguna yang ingin menjalankan aplikasi secara native.

    Ingin mendapatkan info terbaru tentang gadget dan teknologi? Cek OLX, yuk! Tersedia banyak berita baru yang menarik untuk kamu baca. Kamu juga bisa cari gadget terbaru di aplikasi OLX. Download dan instal melalui Google Play Store atau App Store untuk pencarian item lebih mudah.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait