Rabu, Mei 29, 2024
Lainnya
    InformasiDaftar Mobil Antik Termahal di Dunia, Harganya Capai Ratusan Miliar

    Daftar Mobil Antik Termahal di Dunia, Harganya Capai Ratusan Miliar

    JAKARTA – Di dunia otomotif, mobil antik memiliki harga yang sangat mahal. Mobil yang saat ini sudah sangat langka ini menjadi salah satu mobil yang diincar para kolektor. Mobil-mobil antik ini pun kebanyakan hanya dijual melalui sebuah perusahaan pelelangan.

    Sudah pasti, bahwa harga untuk menebus mobil antik ini pun tidak murah. Tentunya uang yang harus dikeluarkan untuk membawa pulang mobil antik ini bisa mencapai ratusan miliar.

    Karena mendapat harga selangit, mobil antik ini pun mendapat julukan termahal di dunia. Kebanyakan dari mobil-mobil antik ini merupakan mobil yang dibuat pada awal tahun 1900-an. 

    Pada masa itu memang perkembangan industri otomotif masih bisa dikatakan baru. Banyak produsen yang berlomba untuk membuat mobil paling keren, mewah dan cepat.

    Bagi para kolektor otomotif dapat memiliki mobil bersejarah ini tentu menjadi salah satu pencapaian hidupnya. Sudah pasti bila harus mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan mobil impiannya, para kolektor ini akan rela merogoh kocek dalam-dalam.

    Kala itu mobil-mobil antik yang saat ini menyandang mobil termahal di dunia ini memang sudah memiliki harga mahal. Tidak sembarang orang bisa memiliki dan mengendarai mobil antik ini pada masanya. 

    Banyak dari mobil ini hanya dimiliki oleh para orang kaya, keluarga kerajaan, hingga para petinggi negara. Tidak heran bila sampai sekarang keberadaannya pun sangat langka.

    Nah, bagi yang penasaran dengan mobil antik termahal di dunia, mari simak ulasan di bawah ini.

    Bugatti Royale Berline De Voyager 1931

    Bugatti Royale Berline de Voyager
    Bugatti Royale Berline de Voyager

    Sebuah mobil antik yang memiliki nama Bugatti type 41 atau lebih dikenal Royale. Merupakan mobil mewah besar yang dibuat pada tahun 1927 hingga tahun 1933. 

    Mobil yang memiliki panjang keseluruhan 6 meter ini memiliki berat hingga 3 ton. Kapasitas mesinnya pun mencapai 12.763 cc dengan 8 silinder segaris. 

    Rencananya Ettore Bugatti ingin membangun 25 mobil jenis ini untuk dijual kepada para bangsawan kala itu. Namun pada kenyataannya tidak ada bangsawan yang membeli karena depresi ekonomi hebat di dunia.

    Akhirnya ia hanya mampu membuat 7 namun hanya tersisa 6. 1 unit hancur namun mesinnya masih bisa diselamatkan. Dari keenamnya ini memiliki bodi yang berbeda. 

    Untuk tipe Bugatti Royale Berline De Voyage 1931 ini sendiri menjadi salah satu mobil antik termahal yang pernah dijual dengan harga USD15,161 juta atau Rp208 miliaran.

    Mercedes-Benz 540K Special Roadster 1936

    Mercedes Benz 540K Special Roadster
    Mercedes Benz 540K Special Roadster

    Sebuah mobil antik yang dibuat di Jerman oleh produsen otomotif Mercedes-Benz, 540K Special Roadster ini hanya dibuat 58 unit saja di dunia pada tahun 1936 hingga tahun 1940.

    Pertama kali diperkenalkan di Paris Motor Show pada tahun 1936. Mobil ini memiliki desain khas mobil mewah zaman dulu yang memiliki dimensi sangat panjang.

    Selain itu mobil ini di desain dengan dua tempat duduk yang tampil mewah dari segi eksterior dan interior pada masanya. Hingga sampai sekarang, mobil ini pun masih kental aura mewahnya.

    Mobil ini memiliki mesin berkapasitas 5.4L dengan 8 silinder segaris dengan supercharger. Mobil ini pun mampu melesat dengan kecepatan 170 km/jam.

    Duesenberg Model J Murphy-Bodied Coupe 1928

    Duesenberg J Murphy
    Duesenberg J Murphy

    Sebuah mobil yang diproduksi oleh perusahaan otomotif Amerika, Duesenberg yang berada di Indianapolis pada 1928. Mobil ini menjadi salah satu mobil antik termahal di dunia. 

    Mobil yang dibekali dengan teknologi tinggi pada masanya, mobil ini sudah menggunakan mesin 7000 cc dengan 8 silinder segaris DOHC ditambah dengan supercharger.

    Mobil ini dapat mengeluarkan tenaga 256 hp pada putaran 4250 rpm pada keadaan normal serta dapat mencapai 320 hp putaran 4200 rpm pada saat kondisi supercharged. 

    Saat ini mobil ini pun tidaklah murah. Apalagi produsennya pun sudah bangkrut karena depresi ekonomi yang dialami dunia waktu itu. Mobil ini sendiri dibanderol dengan harga Rp140 miliar.

    Delahaye 135 Competition Court Torpedo Roadster 1939

    Delahaye 135
    Delahaye 135

    Mobil selanjutnya adalah Delahaye 135, sebuah mobil yang diproduksi oleh perusahaan otomotif asal Prancis Delahaye pada tahun 1935 hingga 1954.

    Mobil ini di desain oleh Jean François, saat ini mobil ini menjadi salah satu mobil antik termahal di dunia. Menggunakan mesin dengan kapasitas 3.2L overhead valve dengan 6 silinder segaris mobil ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 95 hp (71 kW).

    Selain itu mobil ini dikenal sebagai mobil balap yang pernah mengikuti ajang 24 Hours of Le Mans pada tahun 1938. Kala itu mobil ini menempati urutan kedua. 

    Saat ini mobil ini disebut memiliki desain terbaik yang pernah dibuat dan harganya sendiri mencapai USD 13.719 atau Rp97,8 miliaran.

    Mercedes-Benz 38/250 SSK 1929

    Mercedes Benz 38/250 SSK
    Mercedes Benz 38/250 SSK

    Sebagai pabrikan otomotif asal Jerman, Mercedes-Benz memang sudah sejak lama memproduksi mobil mewah yang saat ini banyak mobil lawasnya menjadi mobil yang banyak dikoleksi kolektor. 

    Salah satu mobil antik dari Mercedes-Benz ini adalah Mercedes-Benz 38/250 SSK yang diproduksi pada tahun 1928 hingga tahun 1932. Keberadaan mobil ini pun sangat langka karena hanya diproduksi beberapa unit saja di dunia. 

    Mobil tipe sport ini dibekali dengan mesin 7.100 cc supercharger 290 hp dan memiliki top speed 193 km/jam.

    Terakhir kali, mobil ini terjual dengan harga USD10,075 juta, setara Rp138 miliaran.

    Rolls-Royce 10 Hp Two-Seater 1904

    Rolls-Royce 10 Hp Two-Seater 1904
    Rolls-Royce 10 Hp Two-Seater 1904

    Melihat dari tahunnya saja, mobil ini langsung diketahui bahwa merupakan mobil yang sangat tua. Sudah berusia lebih dari satu abad, dan diproduksi oleh pabrikan otomotif asal Inggris, Rolls-Royce.

    Mobil ini pun memiliki sebuah sejarah dimana menjadi mobil pertama yang diproduksi oleh Charles Rolls dan Henry Royce dari hasil kesepakatan 23 Desember 1904.

    Mobil ini pertama kali dipamerkan pada Paris Salon di bulan Desember 1904. Memiliki mesin dengan kapasitas 1800cc dengan pendingin air, mobil ini memiliki radiator yang terekspos pada bagian depannya. 

    Mobil ini pun hanya memiliki tenaga sebesar 12 hp (9 kW) pada 1000 rpm dan kecepatan tertinggi 39 mph (63 km/jam). Meski performanya bisa dibilang cukup lambat namun saat ini mobil ini sudah menjadi mobil antik yang disukai kolektor.

    Hanya diproduksi sebanyak 16 unit saja, mobil ini pun dijual dengan harga USD8,945 juta, sekitar Rp122 miliaran.

    Demikian ulasan mengenai 6 mobil antik termahal di dunia yang saat ini memiliki harga fantastis. Bahkan untuk mendapatkannya pun harus berjuang melalui pelelangan. 

    Namun kalau untuk membeli mobil bekas, jangan khawatir, karena Anda dapat membeli dengan mudah serta mendapat penawaran terbaik melalui OLX Autos

    Pilih mobil bekas berkualitas terbaik, dan harga yang paling reasonable di OLX Autos. Ada ribuan unit mobil bekas berkualitas yang bisa dipilih. Kami menjamin semua unit mobil berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Dengan harga dan biaya perawatan yang rendah, kebutuhanmu bisa terpenuhi!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait