Selasa, Juli 16, 2024
Lainnya
    Tak Berkategori5 Rekomendasi Mobil dengan Emisi Bahan Bakar Rendah

    5 Rekomendasi Mobil dengan Emisi Bahan Bakar Rendah

    Jumlah kendaraan bermotor yang terus meningkat akan berpengaruh besar terhadap polusi udara. Gas buang sisa kendaraan melalui knalpot berperan besar pada pencemaran udara. Hal ini dikarenakan banyaknya kandungan zat berbahaya dalam gas buang atau emisi tersebut.

    Emisi atau gas buang merupakan hasil pembakaran bahan bakar yang berasal dari fosil, Seperti minyak, gas alam atau batu bara yang terbuang ke udara. Hal yang mempengaruhi tingkat emisi adalah komposisi, jenis, dan ukuran boiler dari bahan bakar yang digunakan.

    Mengantisipasi dampak berbahaya dari emisi kendaraan ini menjadi hal penting yang harus dilakukan oleh Agen Pemegang Merek (APM) dan pemerintah. Berbagai langkah telah dilakukan untuk menekan emisi gas buang kendaraan.

    Salah satu langkah yang sudah dilakukan adalah meningkatkan kualitas bahan bakar dan pengetatan standar uji emisi. Sementara Agen Pemegang Merek meningkatkan standar EURO 2 supaya mobil yang diproduksi dapat memenuhi standar uji emisi.

    Langkah yang dilakukan kedua pihak ini tidak akan bisa berjalan dengan baik apabila tidak ada kesadaran dari pemilik mobil untuk mengurangi emisi gas buang. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan mobil dengan emisi bahan bakar paling rendah.

    Baca juga: Bagaimana Kerja Hybrid Toyota Mengurangi Emisi Gas Buang

    Saat ini, sudah banyak mobil dengan emisi bahan bakar yang rendah. Berikut adalah daftar mobil dengan emisi bahan bakar rendah yang bisa Anda pilih.

    1. Toyota Prius

    Toyota Prius
    Toyota Prius (olx.co.id)

    Toyota Prius merupakan mobil hybrid yang dikembangkan oleh Toyota dengan teknologi Hybrid Synergy Drive. Mobil ini dapat berjalan dengan menggunakan baterai atau bahan bakar bensin, sehingga dapat mengurangi emisi gas buang.

    Generasi ketiga Toyota Prius yang dipasarkan di Indonesia menggunakan mesin 2ZR-FXE yang berkapasitas 1.8 liter dengan 4 silinder serta dual VVT-i. Mesin tersebut memberikan daya mencapai 99.3 Ps pada putaran mesin 5200 RPM dengan torsi mencapai 14.4 Kgm pada putaran mesin 4000 RPM. 

    Sedangkan untuk konsumsi bahan bakarnya diklaim dapat mencapai 26,3 Km/liter membuat Toyota Prius tergolong mobil yang sangat irit untuk ukuran mobil sedan maupun kelas lainnya di Indonesia.

    Harga Toyota Prius di Indonesia sekitar Rp 635.900.000,-

    2. Mitsubishi Outlander PHEV

    Mitsubishi Outlander PHEV
    Mitsubishi Outlander PHEV

    Mitsubishi Outlander PHEV adalah listrik plug-in hybrid yang dikembangkan oleh Mitsubishi. Mobil ini dapat berjalan dengan menggunakan baterai atau bahan bakar bensin, sehingga dapat mengurangi emisi gas buang.

    Mobil ini dibekali mesin bertenaga listrik dengan tipe mesin Twin-AC yang disokong teknologi EV Drive Mode bersistem Plug-in Hybrid EV sehingga memberikan tenaga yang sangat efisien.  Mesin mobil ini diklaim sangat ramah lingkungan dengan tenaga baterai Li-Ion 12 kWh yang akan memberikan tenaga pada motor listrik.

    Mesin mobil ini mampu menyemburkan power hingga 60 kW dan torsi 137-195 Nm. Besaran tenaga dan torsi dihasilkan mesin tak lepas dari baterai Li-Ion (Lithium Ion) tipe S46B24L(S) dengan kapasitas 12 kWh. Oleh karena itu, untuk urusan irit bahan bakar, Mitsubishi Outlander tidak perlu diragukan.

    Harga Mitsubishi Outlander PHEV 2.4L di Indonesia sekitar Rp 1.300.000.000,-

    Baca juga: Standar BBM Euro 4 Untuk Bensin Minimal 91

    3. Nissan Leaf

    Nissan Leaf
    Nissan Leaf (olx.co.id)

    Mobil Nissan Leaf tidak menggunakan bahan bakar bensin, sehingga dapat mengurangi emisi gas buang. Seluruh mobil tipe ini dibekali motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 110 kW atau setara 150 PS dan torsi maksimum 320 Nm. 

    Motor listrik tersebut ditenagai baterai lithium-ion 40 kWh yang dapat menempuh jarak sejauh 311 km dalam sekali pengisian daya. Hal ini setara dengan penggunaan rata-rata harian 40 km selama satu minggu dengan hanya satu kali pengisian penuh.

    Pengisian daya menggunakan charger portable (3,3 kw) dapat mengisi penuh dalam waktu 12 hingga 15 jam. Sementara untuk pengisian daya Home Charger (AC 7,4 kW) yang dapat mengisi penuh baterai dalam waktu 5 hingga 7 jam.

    Harga Nissan Leaf di Indonesia sekitar Rp 649.000.000,- sampai Rp 651.000.000.-

    4. BMW i3

    BMW i3
    BMW i3 (olx.co.id)

    BMW i3 merupakan mobil dengan motor listrik yang mampu menampilkan 170 tenaga kuda (125 kW) dengan torsi 184 lb-ft (250 Nm). Motor listrik yang hanya memiliki berat 50 kg ini diklaim mampu membuat i3 berakselerasi dari diam sampai 60 km/jam dalam waktu 3,7 detik saja dengan akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 7,2 detik.

    Baterai lithium-ion yang menyimpan tenaga untuk sang mobil Jerman dipercaya mampu membuat BMW i3 menjelajah antara 130-160 km sebelum harus diisi kembali tenaganya. Di sisi lain, BMW i3 juga memiliki mesin dua silinder berkapasitas 650 cc yang membuat mobil ini mampu menjelajah hingga 300 km.

    Harga BMW i3 di Indonesia sekitar Rp 1.319.000.000,- 

    5. Hyundai Kona Electric

    Hyundai Kona Electric
    Hyundai Kona Electric (olx.co.id)

    Hyundai Kona Electric merupakan mobil listrik murni (BEV) bergaya SUV yang inovatif dan canggih sebagai kendaraan masa depan nan ramah lingkungan. Mobil ini mengandalkan motor listrik sinkron bermagnet permanen dengan baterai Lithium-Ion Polymer yang memiliki daya maksimal sebesar 39.2 kWh.

    Berbekal motor listrik tersebut, mobil ini diklaim mampu menempuh jarak hingga 345 km (berdasarkan NEDC3 ) dan 289 km (berdasarkan WLTP4 ) dalam sekali pengisian daya, sehingga dapat memenuhi berbagai kebutuhan aktivitas pengguna.

    Baca juga: Memahami Perbedaan dan Keunggulan Mobil Mesin Diesel Dibanding Bensin

    Sementara itu, untuk waktu pengisian daya sampai penuh kabarnya sanggup dicapai dalam waktu yang cukup singkat, yakni 54 menit dengan pengisian cepat (pengisian nol hingga 80 persen @ 100 kW).

    Namun, perlu diingat bahwa meskipun mobil-mobil di atas memiliki emisi bahan bakar rendah, mereka masih memerlukan sumber listrik yang bersih dan ramah lingkungan untuk mengisi daya baterai mereka. 

    Oleh karena itu, peran energi terbarukan seperti tenaga surya atau tenaga angin sangat penting dalam menjaga lingkungan yang bersih dan sehat.

    Kalau soal urusan beli mobil bekas, pastikan untuk memilih di OLX Autos yang dapat memberikan penawaran terbaik dan garansi pada unit yang Anda beli. 

    Pilih mobil bekas berkualitas terbaik, dan harga yang paling reasonable di OLX Autos. Ada ribuan unit mobil bekas berkualitas yang bisa dipilih. Kami menjamin semua unit mobil berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Dengan harga dan biaya perawatan yang rendah, kebutuhanmu bisa terpenuhi!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait