Senin, Mei 27, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriReview Mobil Listrik Xiaomi, Siap Ramaikan Pasar Otomotif Dunia

    Review Mobil Listrik Xiaomi, Siap Ramaikan Pasar Otomotif Dunia

    Perusahaan teknologi asal China, Xiaomi ternyata tidak hanya berkutat pada perangkat elektronik saja. Xiaomi pun kini telah meramaikan pasar otomotif dunia dengan menghadirkan mobil listrik buatannya. 

    Mobil listrik yang sudah dirilis ke publik ini ada dua macam, yaitu Xiaomi Modena atau MS11 dan Xiaomi Le Mans. Memiliki penampilan sporty layaknya mobil McLaren, sosok mobil Xiaomi ini terlihat begitu keren.

    Selain itu sebagai perusahaan teknologi, Xiaomi diketahui telah berinvestasi dengan perusahaan otomotif asal China bernama Xpeng Motors sejak tahun 2018. Dalam waktu yang tidak lama, ia akhirnya meluncurkan mobil listrik yang saat ini menarik banyak perhatian publik otomotif dunia.

    Meski dari mobil listrik buatan dari Xiaomi ini banyak mengadaptasi dari desain mobil-mobil yang sudah sukses besar di pasaran otomotif. Penampilan akhir dari mobil ini merupakan gabungan dari beberapa desain yang akhirnya menjadi sebuah mobil Xiaomi.

    Baca juga: Xiaomi Kini Punya Skuter Listrik Harganya Lebih Murah dari Smartphone 

    Mobil listrik saat ini memang tengah menjadi primadona. Pasalnya sebagai mobil yang ramah lingkungan, mobil listrik ini sangat irit bahan bakar bila dibandingkan dengan mobil dengan mesin konvensional.

    Berikut ulasan mengenai mobil listrik Xiaomi Modena dan Le Mans, dari spesifikasi hingga harganya.

    Xiaomi Modena atau MS11

    Mobil listrik Xiaomi Modena atau MS11
    Mobil listrik Xiaomi Modena atau MS11 (carscoop)

    Mobil listrik pertama yang dihadirkan oleh Xiaomi ialah mobil listrik yang diberi nama Modena atau dengan kode MS11. Secara keseluruhan desain Xiaomi MS11 ini cukup gagah.

    Mobil listrik dari Xiaomi ini memiliki siluet sportback coupe. Terlihat dari penampilannya bahwa mobil listrik ini memiliki bentuk yang aerodinamis. 

    Terdapat ventilasi belakang di fender depan dan belakang yang  memeberi kesan sporty. Selain itu terlihat pada kisi-kisi velgnya yang sudah menggunakan satu set rem Brembo kuning cerah.

    Alasan dari mobil listrik Xiaomi ini memiliki tampilan keren, karena mengadaptasi beberapa elemen dari desain mobil sport yang sudah terbukti sukses di pasar.

    Tampilan depan, terutama untuk lampu dan bumper secara keseluruhan sangat mirip dengan McLaren, dan bagian belakang berjenjang dengan palang lampu belakang lebar mengingatkan kepada Aston Martin DBS.

    Spesifikasi dan Kapasitas Baterai

    Mobil listrik ini menggunakan chip pintar Qualcomm dan Nvidia Orin X generasi baru dan memiliki dua model, termasuk model entry-level dan model lebih mahal. 

    Model entry-level diperkirakan menggunakan platform 400V dan baterai BYD LiFePO4, sementara model lebih mahal mungkin menggunakan platform 800V dan baterai CATL Kirin. Ada kabar bahwa model ini akan memiliki motor 260 kW.

    Sedangkan motor listriknya akan dibuat sendiri oleh Xiaomi. Modena atau MS11 akan bersaing dengan mobil dengan Afeela milik Honda dan Sony, sebagai kendaraan listrik yang dikembangkan sebagian oleh perusahaan teknologi.

    Baca juga: Daftar Lengkap 15 Mobil Listrik Yang Dijual di Indonesia dan Harganya!

    Xiaomi Le Mans

    Mobil listrik Xiaomi Modena atau MS11
    Mobil listrik Xiaomi Modena atau MS11 (hindustantimes)

    Untuk mobil keduanya yang dijadwalkan untuk dirilis pada tahun 2025 mendatang, saat ini belum muncul ke publik. Belum diketahui mengenai penampakan dari mobil listrik Xiaomi yang diberi nama Le Mans.

    Namun melihat dari mobil pertamanya, sepertinya mobil ini akan memiliki aura sebagai sports car. Hal ini mengacu pada pemberian nama pada mobil ini yang menggunakan sirkuit terkenal di dunia yaitu Le Mans, Prancis. 

    Hadirnya mobil listrik Xiaomi ini tentu memberikan gebrakan baru di industri otomotif dunia, dimana raksasa teknologi yang terkenal dari ponsel pintarnya akan merambah dunia otomotif seperti mobil listrik.

    Layaknya Tesla yang membuat mobil listrik, bisa jadi nantinya Xiaomi akan memimpin pasar industri otomotif di bagian Asia dengan mobil listrik buatannya. Namun hal ini tentu belum dapat dibuktikan, sebelum mobil listrik dari Xiaomi ini dirilis dan mulai dipasarkan paling awal tahun depan. 

    Spesifikasi dan Kapasitas Baterai

    Versi selanjutnya yaitu mobil listrik Xiaomi Le Mans akan memiliki daya 800-volt menggunakan baterai Qilin dari CATL. Mobil ini menggunakan chip Snapdragon 8295 dari Qualcomm. 

    Sedangkan motor listriknya akan dibuat sendiri oleh Xiaomi. Kehadiran dari mobil listrik ini pun memang menjadi salah satu mobil yang ditunggu dari penggemar raksasa teknologi dari China tersebut.

    Produsen smartphone ini telah mengumumkan rencana untuk berinvestasi $10 miliar dalam bisnis mobil listrik pada Maret 2021 dan diharapkan untuk memproduksi dan menjual model pertamanya pada tahun 2024.

    Baca juga: 7 Rekomendasi Mobil Listrik Terbaik Dilengkapi Manfaat dan Cara Perawatannya

    Harga mobil listrik Xiaomi

    Sebagai mobil listrik yang dibuat oleh raksasa teknologi yang sudah terkenal dengan ponsel pintarnya, Xiaomi belum menunjukan spesifikasi lengkap. Karena mobil listrik Xiaomi Modena atau MS11 baru akan dirilis pada tahun 2014. 

    Sedangkan untuk versi selanjutnya yang dikenal dengan nama Xiaomi Le Mans, dijadwalkan akan dirilis pada tahun 2025. Sedangkan untuk perkiraan harganya, kedua mobil listrik ini sudah ada gambaran, berikut harga mobil listrik Xiaomi:

    • Xiaomi Modena atau MS11 dijual dengan harga Rp575 hingga Rp660 jutaan.
    • Xiaomi Le Mans dijual dengan harga Rp772 jutaan.

    Itulah ulasan mengenai mobil listrik Xiaomi yang sudah diperlihatkan ke publik. Perkembangan mobil listrik yang semakin pesat, kini semakin banyak raksasa teknologi yang turut meramaikan pasar otomotif dunia.

    Kalau berbicara soal mobil bekas, jangan lupa untuk memilih di dealer terpercaya yang dapat memberikan penawaran terbaik serta garansi pada unit yang Anda beli seperti OLX Autos.

    Dapatkan mobil bekas berkualitas dengan #PilihYangPasti di OLX Autos! Kami menjamin semua mobil yang bisa anda pilih berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari Petugas berpengalaman. Pilih mobil terbaik untuk menunjang semua kebutuhan harian di OLX Autos!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait