Minggu, Juni 16, 2024
Lainnya
    BeritaModel Facelift KIA Carnival Meluncur, Makin Mewah dan Lebih Modern

    Model Facelift KIA Carnival Meluncur, Makin Mewah dan Lebih Modern

    PT Kreta Indo Artha yang merupakan distributor kendaraan merek KIA, hari ini, Rabu tanggal 29 Mei 2024 meluncurkan The New KIA Carnival di Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan. 

    OLX News – The New KIA Carnival merupakan model refreshment dari Premium MPV generasi keempat Carnival yang pertama kali meluncur di pameran GIIAS 2021 lalu.

    “KIA dengan bangga memperkenalkan dan meluncurkan The New KIA Carnival yang merupakan penyegaran dari KIA Carnival yang kini hadir dengan tampilan eksterior dan interior baru yang membuatnya tampil semakin sporty, namun tetap memancarkan aura kemewahan dari sebuah premium MPV,” ucap Marketing & Development Division Head PT Kreta Indo Artha, Ario Soerjo di sela acara peluncuran The New KIA Carnival, Rabu (29/5/2024).

    The New KIA Carnival

    Sejarah KIA Carnival di Indonesia

    KIA sebagai produsen mobil asal Korea Selatan untuk pertama kalinya memperkenalkan Carnival di Indonesia pada tahun 1998. Sejak awal kehadirannya, mobil MPV ini cukup populer dan sukses mencuri perhatian konsumen di Tanah Air.

    Selang beberapa tahun kemudian, mobil andalan KIA ini dihadirkan kembali dan berganti nama menjadi KIA Sedona. 

    Di tahun 2004, perwakilan KIA di Indonesia kemudian memutuskan untuk tidak lagi memasarkan mobil KIA ini di Tanah Air. Menyusul tiga tahun berikutnya giliran penjualan KIA Sedona ikut dihentikan. 

    Baru pada tahun 2016, tepatnya di ajang GIIAS 2026, KIA membawa Carnival generasi ketiga atau yang disebut Grand Sedona untuk dipasarkan kembali. 

    Dan sampai saat ini, penamaan mobil MPV mewah KIA tersebut berubah kembali menjadi Carnival.

    Spesifikasi The New KIA Carnival

    Usung Konsep ‘Modern Boldness’, Tampilan Wajah Terlihat Lebih Tegas dan Modern

    Meski hanya refreshment, namun KIA Carnival baru ini hadir dengan mengusung berbagai ubahan yang menjadikannya tampil cukup berbeda dibanding versi sebelumnya. 

    The New Kia Carnival kini tampil dengan balutan eksterior yang lebih tegas, sporty, dan modern, mengusung konsep ‘Modern Boldness’ yang terinspirasi dari bahasa desain KIA global, yakni ‘Opposites United’.

    Di sektor wajah, KIA Carnival baru hadir dengan identitas Tiger Nose Grille baru yang menjadikan tampilannya lebih fresh.

    Lampu depannya membawa desain baru berbentuk vertikal dengan keseluruhan bagian lampu mengadopsi teknologi LED Proyektor berpadu DRL bergaya Star Map Lamp LED.

    Desain kaki-kakinya juga baru untuk memberikan tampilan samping yang menarik. Velg Carnival ini mengusung desain velg baru dengan kombinasi warna two-tone. Dimensi velg bergantung pada pilihan type yang diinginkan. Untuk The New KIA Carnival 11-seater mengadopsi velg berukuran 18”, sementara The New KIA Carnival 7-seater hadir dengan diameter velg 19”.

    The New KIA Carnival

    Begitu juga pada bagian sliding door kanan dan kiri yang sudah disematkan fitur Smart Power Sliding Door yang memungkin penumpang membuka sliding door cukup dengan memegang kunci tanpa memencet tombol atau melakukan gerakan tubuh tambahan.

    Bergeser ke bagian belakang, mobil ini juga mengalami ubahan dengan mengusung bahasa desain baru yang membuatnya jadi terlihat lebih kompak. 

    Sama dengan sektor pencahayaan di bagian depan, lampu belakang KIA Carnival kini mengadopsi gaya Star Map Lamp LED.

    Semakin terasa kesan modern-nya karena ada fitur Smart Power Tailgate yang memudahkan akses bagasi tanpa perlu memencet tombol atau melakukan gestur tambahan.

    “Banyak fitur-fitur kenyamanan yang dihadirkan di The New KIA Carnival, meski secara dimensi tidak ada perbedaan dengan model sebelumnya, tetap menjadi salah satu yang terbesar di kelasnya,” terang Muhammad Ikbal.

    Sektor Kabin Banyak Adopsi Desain Interior Model EV

    The New KIA Carnival

    The New KIA Carnival juga banyak menyimpan kejutan di bagian kabinnya. Interior Carnival kini banyak mendapat sentuhan ubahan yang menjadikannya terasa satu tingkat naik kelas. 

    Ubahan paling signifikan bisa dilihat dari bagian dashboard yang kini terlihat lebih mewah dan modern. Ini karena desainnya sudah mengadopsi desain interior Kia EV6 dan Kia EV9.

    Dilengkapi dengan Panoramic Curved Display yang merupakan perpaduan antara 12,3” Curved Display Premium Cluster dan 12,3” Infotainment Display with Wireless Connection Apple CarPlay & Android Auto. 

    Urusan entertainment di dalam kabin juga jadi lebih berasa premium karena dilengkapi Premium Sound System dari BOSE dengan 12 speakers pada varian/type Premiere. 

    Jok pengemudi dan penumpang depan mengadopsi fitur Electric Adjustable Seat with Memory and Lumbar Support yang akan memudahkan pengemudi dan penumpang mengatur posisi duduk sesuai kebutuhan. 

    The New KIA Carnival

    Tersedia juga fitur relaxation comfort seat pada jok baris kedua untuk varian/type 7-seater, dilengkapi fitur ventilated dan heated seat yang akan menambah kenyamanan bagi penumpang saat melakukan perjalanan jarak jauh.

    Pada bagian atap kabin masih tetap mempertahankan Dual Wide Sunroof yang semakin menambah kesan premium.

    Tersedia juga berbagai fitur lainnya seperti Wireless Charging, Digital Center Mirror, serta Side Manual Sunshade Curtain pada baris kedua dan ketiga.

    Performa Mesin Bertenaga, Kapasitas Tangki BBM Besar

    The New KIA Carnival

    Dengan dimensi yang panjangnya mencapai 5,1 m, Carnival versi terbaru ini tetap mengandalkan mesin Diesel Smartstream Engine D berkapasitas 2.200 cc CRDi.

    Mesin ini sanggup menggelontorkan tenaga 194 PS serta torsi maksimum 441 Nm. Besarnya tenaga mesin Carnival ini kemudian disalurkan ke sistem penggerak 2 roda depan melalui transmisi otomatis 8-percepatan.

    Ada 4 pilihan mode berkendara, yakni ECO, Comfort, Sport, dan Smart yang bisa menyesuaikan dengan kebutuhan berkendara.

    Dengan kapasitas tangki BBM yang bisa menampung hingga 80 liter, tentu menjadikan mobil MPV mewah ini semakin nyaman untuk diajak berpetualang bersama keluarga ke temapt-tempat yang jauh. 

    Semakin Aman dan Nyaman Berkendara dengan Fitur ADAS

    Sebagai sebuah Premium MPV, The New Kia Carnival dibekali dengan berbagai fitur keselamatan canggih, termasuk fitur Advanced Driving Assistant System atau ADAS. Pilihan fitur ADAS yang tersedia, seperti Smart Cruise Control with Auto Stop and Go, Lane Following Assist, Lane Keeping Assist, Forward Collision-avoidance Assist with Junction Turning, Blind Spot Collision-avoidance Assist, Blind Spot View Monitor, Rear Cross Collision-avoidance Assist, serta Driver Attention Warning.

    Tidak hanya itu, fitur unggulan lain seperti Rear Occupant Alert, Safe Exit Assist, dan Parking Distance Warning juga sudah tersedia. 

    Begitu juga dengan kamera parkir 360 atau Surround View Monitor pada varian Premier yang akan memudahkan pengemudi ketika memarkirkan kendaraannya di ruang yang sempit.

    Sementara untuk fitur keselamatan pasif, mobil ini dilengkapi dengan 8 titik Airbag atau bertambah satu jika dibandingkan dengan model Carnival sebelumnya yang cuma ada 7 Airbag. 

    Harga The New KIA Carnival 2024, Pilihan Varian dan Warna

    • Kia Carnival Premiere 7-seater: Rp 1.155.000.000,- 
    • Kia Carnival Premiere 11-seater: Rp 998.000.000,- 
    • Kia Carnival Dynamic 11-seater: Rp 960.000.000,- 

    (Harga tersebut merupakan harga On the Road Jakarta)

    Dimana keseluruhan harga tersebut sudah termasuk dengan garansi kendaraan selama 5 tahun atau tanpa batasan kilometer dan gratis jasa perawatan berkala hingga 4 tahun atau 50.000 kilometer.

    Sedikitnya ada 4 pilihan warna yang ditawarkan, mulai dari Snow White Pearl, Ceramic Silver, Aurora Black Pearl, dan Astra Blue.

    The New KIA Carnival bisa dilihat langsung di pameran KIA bertajuk ‘The Ultimate Comfort in Every Mile’, roadshow ‘Kia Movement to Discover’ yang berlangsung di Grand Atrium, Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, mulai tanggal 28 Mei hingga 2 Juni 2024 mendatang.

    Pastikan untuk selalu mendapatkan informasi terkini dunia otomotif melalui OLX. Download aplikasinya melalui Google Play Store dan App Store.

    Bagi yang sedang mencari mobil KIA bekas dengan kualitas terbaik, siap pakai dan harga bersahabat, langsung klik DISINI!

    GIIAS 2023
    Populer
    Berita Terkait