OLX News – Berbicara modifikasi kendaraan tentunya memerlukan biaya yang besar, tapi untuk modifikasi Mio Gear sederhana hanya menghabiskan Rp 5 jutaan.
Yamaha Mio Gear Ultima 125 Hybrid telah diluncurkan di pasar Indonesia. Motor ini ditujukan untuk anak muda yang mengisi pasar entry level.
Seperti umumnya anak muda, tentunya mereka tak ingin tampil standar pabrikan. Sehingga mereka mengubah agar bisa tampil beda dengan versi pabrikan.
Menjawab kebutuhan tersebut, Katros Garage mencoba menawarkan beberapa ide modifikasi untuk skuter kecil tersebut. Dalam kesempatan kali ini, tema yang diusung adalah sederhana dan minimalis.
Untuk biaya modifikasi, dari bagian depan hingga belakang, hanya Rp 5 juta. Mengingat targetnya adalah anak muda yang belum memiliki uang banyak.
Dalam modifikasi Katros Garage, maka akan ada beberapa perubahan telah diterapkan pada Mio Gear Ultima 125 tersebut.
Pertama, bodi motor dicat ulang dengan warna silver. Selanjutnya, pelek pun tidak luput dari sentuhan kreatif sang modifikator. Atenx mengecatnya dengan warna coklat.
Untuk menambah kesan sporty. Bagian dek yang kasar dicat silver dan diberikan aksen segitiga di sisi kiri dan kanan. Kemudian, Mio Gear juga akan mendapatkan aksen biru dan emblem hybrid untuk menekankan bahwa motor ini adalah kendaraan ramah lingkungan.
Dari segi penampilan, Katros Garage juga mengganti jok standar. Mereka menggunakan bahan MBtech Carrera.
Untuk bagian setang, tidak ada banyak perubahan yang dilakukan. Katros Garage hanya mengganti spion aftermarket dan handel rem dari brand Kyta.
Turun ke bagian bawah, Mio Gear Ultima 125 Hybrid mendapatkan suspensi baru. Di bagian depan, menggunakan model teleskopik dari VND.
Sementara itu, di bagian belakang, menggunakan shockbreaker Kayaba Zeto. Hal ini untuk meningkatkan kenyamanan pemakai.
Selain itu, ban juga diganti oleh Katros Garage. Mereka memasang produk Kingland tipe dual purpose dengan ukuran 110/90 ring 12.
Untuk Shockbreaker belakang menggunakan ukuran 320 mm, sama seperti ukuran standar. Sedangkan untuk bagian depan, sedikit lebih kecil.
Untuk memberikan kenyamanan lebih bagi pemilik, juga ditambahkan box berkapasitas tujuh liter sebagai tempat penyimpanan barang.
Sementara itu, pada bagian mesin Mio Gear Katros Garage tetap mempertahankan mesin berkapasitas 125 cc dengan pendingin udara.
Diklaim dapat menghasilkan tenaga hingga 8.3 hp pada 6.500 rpm dan torsi maksimum mencapai 10.6 Nm pada 4.500 rpm.

Modifikasi Mio Gear: Ide dan Tips Modifikasi
Yamaha Mio Gear adalah skuter otomatis entry level yang menampilkan desain sporty dan berani. Kendaraan ini juga memiliki kinerja yang baik serta efisiensi bahan bakar yang tinggi.
Namun, bagi sebagian orang, desain Yamaha Gear masih bisa disempurnakan, mengingat sifat manusia yang sering kali merasa kurang puas atau memiliki daya kreativitas yang tinggi.
Mengubah Yamaha Gear adalah salah satu cara untuk mendandani dan meningkatkan kinerja skuter ini. Modifikasi dapat dilakukan dengan berbagai pendekatan, mulai dari yang sederhana hingga yang lebih rumit.
Modifikasi sederhana
Perubahan sederhana pada Mio Gear bisa dilakukan dengan mengganti beberapa aksesori standar. Beberapa aksesori yang bisa diubah antara lain:
Roda, ban, lampu depan, lampu belakang, pada bagian spion, jok, grip, hingga cover knalpot, sehingga tampilannya sudah tidak standar pabrikan lagi.
Perubahan sederhana ini mudah dilakukan dan tidak memerlukan pengeluaran yang besar. Namun, modifikasi ini bisa memberikan perbedaan yang signifikan dalam penampilan Mio Gear.
Seperti dengan penggunaan stiker khas retro Yamaha Caltex, penampilan Mio Gear ini mengalami perubahan yang mencolok.
Modifikasi rumit
Perubahan rumit pada Yamaha Gear bisa dilakukan dengan memodifikasi beberapa bagian mesin. Modifikasi ini dapat meningkatkan kinerja Yamaha Gear, tetapi juga berpotensi menambah biaya dan risiko.
Berikut adalah beberapa modifikasi rumit yang dapat dilakukan pada Mio Gear seperti, mengganti piston, mengganti knalpot, mengubah karburator, mengganti ECU.
Perubahan rumit ini sebaiknya dikerjakan oleh bengkel profesional yang berpengalaman dalam modifikasi sepeda motor.
Berikut adalah beberapa tips untuk memodifikasi Mio Gear:
- Tentukan tujuan modifikasi yang ingin dicapai. Apakah kamu ingin mengubah penampilan, kinerja, atau keduanya?
- Lakukan penelitian sebelumnya untuk memahami informasi tentang modifikasi yang ingin dilakukan.
- Pilihlah aksesori atau komponen yang berkualitas baik.
- Laksanakan permodifikasian dengan hati-hati dan pastikan untuk mengikuti petunjuk pemasangan yang ada.
Modifikasi Mio Gear bisa menjadi cara yang menarik untuk menyulap penampilan dan kinerja skuter ini. Dengan modifikasi yang tepat, Mio Gear bisa diubah menjadi kendaraan yang cocok dengan selera dan kebutuhan.
Apakah kamu lebih suka modifikasi yang rumit atau yang sederhana? Jika saya, saya lebih menyukai yang sederhana saja, yang penting fungsional. (TP/Z)