Kamis, Juni 13, 2024
Lainnya
    Tips & TrikMudah, Begini Cara Bawa Mobil Matic Buat yang Baru Belajar Nyetir

    Mudah, Begini Cara Bawa Mobil Matic Buat yang Baru Belajar Nyetir

    Cek tipsnya disini buat kamu yang baru mau belajar cara bawa mobil matic!

    News.OLX – Menyetir mobil adalah keterampilan yang membutuhkan konsentrasi dan koordinasi visual motorik dengan baik, konsentrasi untuk memperhatikan lalu lintas dan konsentrasi untuk mengelola pengaturan kopling dan konsentrasi saat mengatur kecepatan kendaraan.

    Jika kamu pernah sudah bisa mengendarai mobil dengan transmisi manual pasti lebih mudah membawa mobil transmisi matic. Lalu bagaimana jika belum bisa mengendarai keduanya?

    Mobil dengan transmisi matic diciptakan untuk memudahkan pengemudi saat menyetir karena tidak perlu lagi mengatur kopling. Sehingga mobil matic sangat mudah digunakan apalagi untuk perjalanan yang jauh atau sering menghadapi jalan yang macet.

    Baca juga: Kapan Usia yang Tepat untuk Belajar Mobil? Orang Tua Jangan Asal Memberi Izin

    Bagaimana cara mengendarai mobil matic? Kamu bisa menyimak cara mudah mengendarai mobil matic pada pembahasan di bawah ini.

    cara bawa mobil matic (1)

    Mengenal tuas mobil matic

    Sebelum kamu memahami bagaimana cara mengendarai mobil matic, kamu wajib mengetahui terlebih dahulu fungsi-fungsi pada tuas di mobil matic. Ternyata, mobil bertransmisi manual dengan mobil bertransmisi matic terdapat banyak perbedaan. 

    Perbedaan paling mendasar antara mobil transmisi manual dengan matic adalah pada jumlah pedalnya. Transmisi manual memiliki 3 pedal, sementara matic memiliki 2 pedal. Dibawah ini adalah penjelasan singkat dari fungsi tuas-tuas pada mobil matic.

    P (park) = untuk posisi parkir atau bisa digunakan pada jalanan macet hingga berhenti yang diperkirakan akan lama. Jadi ketika kamu ingin memarkirkan mobil, pastikan tuas persneling berada pada posisi P dalam posisi berhenti.

    R (return) = digunakan untuk mundur.

    N (neutral) = digunakan jika jalanan macet hingga berhenti sehingga pengemudi tidak capek.  Saat N perlu dibantu dengan rem tangan agar kendaraan benar-benar berhenti. Pada posisi ini kaki lepaskan dari pedal rem maupun gas.

    D (drive) = digunakan untuk maju. Drive ini terdiri dari D1, D2 dan D3.  D2 dan D1 digunakan jika kecepatan kendaraan rendah lajunya.

    L (low) = digunakan apabila kamu berkemudi pada jalan tanjakan maupun turunan

    Baca juga: Jangan Asal Parkir Mobil di Depan Rumah, Ada Aturannya!

    Cara mengendarai mobil matic yang benar

    Setelah mengetahui fungsi tuas di mobil matic, dibawah ini adalah panduan sederhana bagaimana cara mengendarai mobil matic untuk pemula :

    1. Pastikan tuas dalam posisi P

    Pertama, memastikan tuas berada di posisi yang benar. Sebelum menyalakan mobil, posisi tuas ini harus ada di posisi P, atau bisa juga pada posisi N.

    Pastikan tuas tidak sedang berada di posisi R karena posisi ini berarti mundur. Mobil matic sendiri hanya akan bisa dihidupkan jika posisi tuas berada di posisi N atau P.

    2. Jangan buru-buru hidupkan mesin

    Ketika kamu memasukan kunci pada lubangnya, sebaiknya jangan langsung menyalakan mesin. Namun, pastikan untuk menunggu sampai jarum berputar dan indikator telah aktif atau menyala. 

    3. Injak pedal rem saat starter

    Untuk beberapa mobil matic tertentu mesin mobil tidak akan berada pada posisi hidup jika kamu tidak menginjak serta menekan pedal bagian rem.

    Oleh sebab itu, sebaiknya ketika kamu menstarter mobil langsung saja menginjak rem. Namun pada beberapa mobil matic, cara ini tidak diperlukan. Jadi pastikan kamu mengetahui jenis kendaraan yang kamu gunakan.

    4. Menekan pedal rem saat memindahkan tuas

    Ketika mesin sudah dapat menyala, maka langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah memindahkan tuas yang semula berada pada posisi P atau N, dipindahkan ke posisi tuas R atau D.

    Baca juga: Ini Fungsi dan Cara Menggunakan Rem Tangan Mobil

    Saat memindahkan tuas pada persneling, lebih baik untuk dibarengi dengan menekan pedal bagian rem. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya resiko kerusakan pada mesin mobil matic.

    5. Gunakan mode berkendara

    Mode ini cocok untuk kamu sebagai pemula yang ingin berkendara dengan lebih santai menggunakan mobil matic. Jika kamu sudah mulai mahir berkendara dengan kecepatan yang lebih tinggi, kamu bisa menggunakan mode sport.

    Begitulah penjelasan singkat mengenai bagaimana cara mengendarai mobil matic untuk pemula. Jika kamu ragu untuk belajar sendiri, kamu bisa meminta tolong untuk diajarkan oleh kerabat terdekat atau bisa mengikuti les mengemudi.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Selain itu, kamu juga cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait