Jumat, Mei 24, 2024
Lainnya
    Tips & TrikIni Fungsi dan Cara Menggunakan Rem Tangan Mobil

    Ini Fungsi dan Cara Menggunakan Rem Tangan Mobil

     Ini Fungsi dan Cara Menggunakan Rem Tangan Mobil

    News.OLX – Rem tangan mobil, sering disebut sebagai rem parkir, adalah salah satu komponen yang sangat penting pada mobil. Sebabnya, rem tangan memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keamanan dan menjaga kendaraan tetap dalam posisi yang aman saat berhenti. 

    Secara umum, terdapat banyak tipe rem tangan beserta jenisnya. Untuk itu, dalam artikel ini akan menguraikan dengan lebih rinci fungsi utama rem tangan mobil serta cara penggunaannya yang benar. 

    Mengenal fungsi utama rem tangan mobil

    Rem tangan mobil ternyata memiliki berbagai fungsi. Berikut di antaranya

    1. Menjaga posisi mobil

    Salah satu fungsi utama rem tangan mobil adalah menjaga posisi kendaraan saat diparkir. Ini bukan hanya saat kamu berhenti sebentar, tetapi juga saat kamu harus meninggalkan mobil dalam keadaan diam selama beberapa jam hingga berhari-hari. 

    Baca juga: Mengenal Kampas Rem Mobil, Fungsi, Penyebab Cepat Habis dan Cara Menggantinya

    Oleh karena itu, rem tangan sering kali disebut sebagai rem parkir. Ketika rem tangan diaktifkan, itu akan mengunci roda belakang atau roda pada salah satu sisi mobil, mencegah mobil bergerak saat diparkir.

    2. Membantu kontrol di tanjakan atau turunan

    Selain menjaga posisi mobil saat parkir, rem tangan juga memiliki peran penting saat kendaraan melintasi jalanan yang menanjak atau menurun. Dalam situasi ini, rem tangan membantu pengemudi untuk mengendalikan mobil saat berpindah dari posisi berhenti ke posisi bergerak. 

    Sebagai contoh, ketika berada di jalan menanjak, kamu dapat menggunakan rem tangan untuk menghindari mobil bergerak mundur saat melepaskan pedal gas. Ini sangat berguna dalam mengontrol mobil di medan yang tidak rata.

    3. Rem darurat

    Selain penggunaannya dalam parkir dan mengatasi medan yang sulit, rem tangan juga dapat menjadi alat yang sangat berguna dalam situasi darurat. 

    Ketika kamu menghadapi situasi lalu lintas yang padat atau jika pedal rem utama mengalami masalah, rem tangan dapat digunakan sebagai alternatif yang aman untuk menghentikan mobil. 

    Baca juga: 4 Penyebab Kampas Rem Mobil Cepat Aus

    Ini adalah fitur keselamatan tambahan yang dapat membantu mencegah kecelakaan. Meski demikian, kamu harus hati-hati dalam menggunakannya karena berpotensi membuat ban belakang mobil terkunci yang menyebabkan ban selip dan tergelincir.

    rem tangan mobil (1) (1)

    Cara menggunakan rem tangan mobil dengan benar

    Sekarang setelah kamu memahami fungsi utama rem tangan mobil, mari kita bahas bagaimana cara menggunakannya dengan benar. Ada beberapa jenis rem tangan yang berbeda, dan proses penggunaannya dapat sedikit berbeda tergantung pada jenis yang digunakan.

    Rem tangan elektrik

    Rem tangan elektrik, juga dikenal sebagai rem tangan tombol, adalah jenis yang cukup modern dan umumnya ditemukan pada mobil-mobil terbaru. Penggunaannya cukup sederhana. 

    Baca juga: Catat, Rem Tangan Saat Mobil Berhenti di Jalan Miring Tak Jaminan Aman

    Jika kamu ingin mengaktifkan rem tangan elektrik, kamu cukup menarik tuas yang ada pada tombol rem tangan ke atas sedikit. Ini akan mengunci roda dan menghentikan mobil. Ketika kamu ingin melepasnya, cukup tekan tombol yang sesuai pada tombol rem tangan, dan roda akan terlepas.

    Rem tangan pedal

    Jenis rem tangan pedal biasanya digunakan pada mobil dengan transmisi otomatis. Proses penggunaannya sangat mudah. Kamu hanya perlu menginjak pedal rem dalam-dalam untuk mengunci posisi parkir. 

    Ini akan mengaktifkan rem tangan dan menghentikan mobil. Saat kamu ingin melepasnya, cukup tekan pedal rem sekali lagi. Dengan begitu, mobil kamu siap untuk melaju.

    Rem tangan stik

    Rem tangan stik adalah jenis yang lebih umum digunakan, dan dapat ditemukan pada mobil manual maupun otomatis. Cara menggunakannya cukup sederhana. 

    Baca juga: Jangan Asal Parkir, Ketahui Aturan dan Sanksinya

    Untuk mengaktifkan rem tangan stik, kamu perlu menarik atau mengangkat stik ke atas. Ini akan mengunci posisi parkir dan menghentikan mobil. Untuk melepasnya, cukup tekan tombol yang ada pada stik dan turunkan stik ke posisi semula.

    Perawatan dan penggunaan yang benar

    Selain memahami cara menggunakan rem tangan mobil, perawatan yang baik juga penting. Pastikan kamu menjaga rem tangan dalam kondisi baik. Ini mencakup pemeriksaan rutin untuk memastikan rem tangan masih berfungsi dengan baik dan bebas dari keausan yang berlebihan.

    Selain itu, penting juga untuk tidak mengabaikan penggunaan rem tangan saat memarkir kendaraan. Terlalu sering pengemudi mengandalkan transmisi parkir atau mode “P” pada transmisi otomatis tanpa mengaktifkan rem tangan. Ini bisa menyebabkan masalah pada sistem transmisi dan rem tangan seiring waktu.

    Baca juga: Ini Dampak Kalau Terlalu Sering Pakai Standar Samping saat Parkir MotorSelain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Selain itu, kamu juga cari mobil dan motor bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store dan App Store.

    GIIAS 2023
    Populer
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait